Picon

Re: TIONGKOK MEMBAYAR KEDELAI BRAZIL DENGAN AMPASNYA



Luar biasa yah... mudah2an kita tidak menjadi penonton aja Kang :(.

Memang harus ada keberanian untuk bener2 menghentikan korupsi di negeri inu dgn cara menembak mati atau memenjarakan seumur hidup + menyita semua asetnya sehingga menimbulkan efek jera. kebangkitan China itu dimulai ketika Korupsi benar2 diberantas.

Dari KRL Comutter Alhamdulillah dapat duduk xixixi mau ngamen ka Batawi jualan NPV sama IRR Mamang menyampaikan... dgn menggunakan transportasi umum maka minimal tidak menuh2in Jakarta dgn mubil wkkkk.

nuhuuuns,
mang asep kabayan
www.dkabayan.com

On Aug 31, 2014 9:45 PM, "'Odjat Sujatnika' odjat_sujatnika <at> yahoo.com [ALUMNI-IPB]" <ALUMNI-IPB <at> yahoogroups.com> wrote:
 

Teman2 dan senioren,

Saya nemu tulisan yg membuka wawasan, mencerahkan, sekaligus mengajak kita refleksi negeri sendiri. China memang luar biasa. Pada saat bersamaan, muncul kekuatiran yg amat sangat. Nampak benar negara kita masih amat jauh dari siap. Jangankan berkompetisi, sekadar untuk menahan libasan China pun amat meragukan.

Masihkan adakah yg bisa kita lakukan? Bila ada, menyangkut apa saja? Bagaimana kongkritnya?

Wass,
OS

***

TIONGKOK MEMBAYAR KEDELAI BRAZIL DENGAN AMPASNYA

Tahun 2013 adalah sejarah pertamakalinya Brazil menjadi penghasil kedelai terbesar di dunia mengalahkan USA, Argentina, China dan Paraguay dengan jumlah produksi kedelai sebanyak 85 juta ton/tahun. Faktor yg menjadi penyebabnya adalah import kedelai China yg mencapai 1,4 juta ton kedelai perminggu, keberhasilan Brazil menemukan varietas kedelai baru yg bisa menghasilkan 4,3 ton/Ha, dukungan system mekanisasi pertanian dan dukungan pemerintah mapping tanah pertanian menggunakan satelit dengan akurasi 100 m2. Mapping satelite ini membantu petani kedelai untuk berproduksi kedelai dgn memberikan informasi tanah mana yg paling cocok untuk bertani kedelai sekaligus memberikan informasi unsur hara dan kadar air suatu lokasi. Informasi ini sempat disalah gunakan petani kedelai dengan membuka kawasan hutan lindung yg akhirnya bisa dikendalikan dengan baik. Dengan semua faktor pendukung seperti ini petani kedelai grlap mata mabuk kepayang sangat bernafsu untuk menanam kedelai.

Ada apa dengan China?

China sendiri berhasil memproduksi 22 juta ton kedelai pertahun, tapi china malah meningkatkan import kedelai mebjadi menjadi 1,4 juta ton kedelai setiap minggu. Jawabannya adalah China mengkonversi kedelai menjadi produk bernilai tambah.

Kedelai yg datang langsung masuk mesin triple roll hot mill, dipisahkan crude soy oil dengan bagian padatnya. Crude soy oil diambil terlebih dahulu bagian yg berharganya, yaitu: phytosterol stanol ester, lesitin, plavonoid, nutracetical function dan turunan berharga lain dari crude soy oil. Sisanya yg berupa olein dijadikan sebagai minyak goreng rendah kolesterol. Kecuali minyak goreng, semua yg disebutkan tadi adalah bernilai sangat tinggi dan sangat dibutuhkan industri pangan, kosnetik, farmasi, nutraceutical, kimia dll.

Bagian padatan mendapatkan perlakuan yg sama. Dari 23 asam amino kedelai terdapat 5 asam amino yg menonjol. Triftopan, lysin, isolesin dipisahkan terlebih dahulu, sisanya kemudian dijadikan soy isolate protein dgn kandungan protein 91%, sisanya lagi digunakan untuk industri textil premium berkualitas 5x sutra, sisanya lagi kemudian dijadikan textured soy protein, sisanya lagi dijadikan konsentrate protein, sisanya lagi difermentasi menjadi ribonukleatide dan peptida lain penyedap rasa, sisanya lagi dijadikan media pembiakan japang fusarium fenenatum kaya protein dan memiliki hypa yg mirip seperti myofibril daging sapi yg bisa digunakan untuk memproduksi olahan daging murah tapi memilki texture seperti serat atau myofibril daging sapi. (Campuran isolate soy protein dan fusarium fenenatum ini hampir sempurna mengganrikan daging tapi belum memiliki rasa daging).

Sisanya lagi digunakan untuk memproduksi kecap dan bumbu master menyerupai kecap. Sisa yg terakhir diperuntukan mebjadi bungkil kedelai. Bungkil ini ditingkatkan proteinnya dg fermentasi protein sel tunggal kemudian dikeringkan untuk menjadi campuran pakan sapi, babi, ikan, bebek dan udang.

Harga bungkil kedelai ini U$ 700/ton, beda sedikit harganya dari kedelai yg diimport dari Brazil
---------------------------------

Sebentar lagi semua produk yg sy sebutkan akan masuk ke indonesia dalam rangka pasar bebas ACFTA 2015. Bohong kalau ada pemimpin yg bilang siap bersaing tapi tdk memiliki pengetahuan apa-apa dan tidak melakukan apa-apa.



__._,_.___
Posted by: Mang Aska <dkabayan <at> gmail.com>


http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]




__,_._,___
Picon

Re: Ahok - he is just really inspiring



Nambahin Kang, Walikota Bogor Bima Arya lumayan pergerakannya cukup positif (y).

Menurut Kasepuhan mah ketika Budak Angon sudah datang memang akan menginspirasi banyak orang/ pemimpin :).

Tadi pagi di Balong ngobrol bareng Kang Rahman Wirajaya dari IndoSingJak (Alumni Singapur yg sekarang tinggal di Jakarta) ternyata temennya Senior Mamang juga Mang Das Albantani yg telah berhasil membangun komunitas bambu di Banten. Sempet membahas mengenai Budak Angon :). Pada Prinsipnya Nilai2 Spiritual yg universal dari Budak Angon ini harus dimiliki oleh setiap manusia Indonesia... bahkan tadi diobrolan tercetus biarlah pada awalnya mungkin para pemimpin yg lain itu hanya melakukannya untuk sekedar "pencitraan" tetapi ketika rakyat menyukai dan ternyata enak mungkin saja pemimpin itu akan benar2 melakukannya bukan sekedar melakukan pencitraan saja. Tentunya kita harus selalu berfikir optimis.

Selain membahas Budak Angon juga mengulas Buku berjudul Back To Basic :) http://www.amazon.com/Back-Basics-Complete-Traditional-Skills/dp/1602392331/ref=sr_1_23?s=books&ie=UTF8&qid=1409458969&sr=1-23&keywords=back+to+nature

Luar biasa buku itu mengajarkan cara2 tentang hidup yg sederhana tapi bermakna back to nature :). Mamang kemudian berfikir kok mirip dengan nilai2 kearifan Kabuyutan ya? Kampung yg Self Suficiency.

Tadi juga di Balong ada Senior Alumni IPB angkatan 14, Kang Sudirman jurusan Teknologi Hasil Pertanian, sekolah di SMA Islam Bogor yg mengadakan Halal Bil Halal di Balong :). Ternyata beliau seorang Gusdurian, ngobrolin tentang perilaku Gusdur dulu pernah jalan bareng ke Bogor katanya ketika di kawal Gusdur malah meninggalkan diri asik makan duren di pinggir jalan xixixi beliau menceritakan tersebut karena melihat pohon duren segede gaban di Balong :). Nanya pernah berbuah ngak? Mamang bilang pernah biasanya sekali berbuah itu pohon bisa 250 butir dan biasannya kita bagikan ke tetangga :). Wah jangan lupa nanti kalau pas panen kabari ya katanya :). Kang Sudirman juga menyarankan utk menanam Nangka Walanda, katanya bagus utk kesehatan.

Nah sampe pada akhirnya berfikir mungkin kalau Manusia Indonesia memilki lahan masing2 sekitar 5Ha saja bisa membuat masing2 Keluarga yg SelfSuficient. Dengan cara mengoptimalkan biodiversity-nyah menanam aneka ragam jenis tanaman dan buah2an, energi hijau, organik, dll.

nuhuuuns,
mang asep kabayan
www.dkabayan.com

On Aug 31, 2014 4:27 PM, "'Odjat Sujatnika' odjat_sujatnika <at> yahoo.com [ALUMNI-IPB]" <ALUMNI-IPB <at> yahoogroups.com> wrote:
 

Barusan nonton Ahok di Kick Andi Metrotv. Luar biasa. Very inspiring. Ga percaya kalo semua itu pencitraan atau ada manuver apapun di belakangnya. He is really genuine.

Tukang sapu DKI, sekian puluh tahun mengabdi dg gaji amat rendah. Gaji terakhir 600 ribu/bulan. Pasca Jokowi-Ahok mimpin DKI, gaji langsung setara UMR, 2,4 juta. Kongkrit!

Sungguh ringan dan sontoloyo pemerintah dan pemda di negeri ini. Petugas kebersihan digaji 600 ribu/bulan. Itu di DKI. Bgmn di daerah? Pasti lebih parah. Guru sukwan pun hanya bergaji 200-350 ribu/bulan. Berani2nya mempekerjakan orang dg gaji di bawah UMR yg mereka tetapkan sendiri.

Semoga ikhtiar2 genuine dari para pemimpin wilayah seperti Jokowi-Ahok menjadi inspirasi, koreksi, dan motivasi bagi para pemimpin wilayah lainnya, dan para pemimpin di kabinet nanti, juga para legislator, untuk mengikuti tauladan dan jejaknya. Sudah bermunculan: Kang Emil di Kota Bandung, Mbak Risma di Kota Surabaya, Daeng Nurdin Abdullah di Bantaeng. Semoga akan bermunculan lebih banyak lagi.

OS



__._,_.___
Posted by: Mang Aska <dkabayan <at> gmail.com>


http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]




__,_._,___
Picon

Civilization/ Peradaban?



Berkali- kali Mamang nonton Video ini dan masih tetap terharu... pagi ini pun di Balong Kabayan Mamang nonton video ini masih terharu... Untuk rekan-2 yang Jagoan Bahasa Inggris mungkin bisa bantu menterjemahkan ini kedalam Bahasa Indonesia dan seharusnya setiap Pelajar, Mahasiswa, Guru harus menonton Video ini agar lebih paham tentang kehidupan dan peradaban sesungguhnya :).

http://www.youtube.com/watch?v=21j_OCNLuYg

Life is easy? Why do we make it so hard?



__._,_.___
Posted by: Mang Aska <dkabayan <at> gmail.com>


http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]




__,_._,___
Picon

Re: [Urang Sunda] Kedah kamana laporna .. ?



nyaeta pokok/ inti masalah na teh kusabab loba anu neangan panghirupan anu "leuwih" tibatan di lembur na sorangan :(.

Ieu aya LINK alus ti Agan Jon Jandai Urang Thailand anu boga pamikiran mahiwal ngeunaan kahirupan...

http://www.youtube.com/watch?v=21j_OCNLuYg

Life is easy, why do we make it so hard? ... hirup teh gampang... kunaon atuh bet ngaririweuh diri sorangan hehehe.

Perlu pisan edukasi ka masyarakat oge ka pamarentah supaya boga pamikiran sosialis hehehe... ulah nepika pamarentah teh pagawean nana ngan ngamiskinkeun wae :(.

Contoh weh Kabuyutan Cipaku anu sakitu endahna... SELF SUSTAINED Kampung Buhun, Sawah Subur, Hutan Rimbun, Cagar Budaya, jeung Masyarakat Berbudi Luhur... anu tatanan sosio kultural na bakal dirusak... yg tadinya masyarakat hidup makmur punya sawah, punya kebun, punya kolam, punya rumah panggung tradisional nan organik yg luas, punya ternak, punya segalanya... tiba-2 dimiskinkeun dipindahkeun diGANTI RUGI untuk dimiskinkeun dipindahkeun ka rumah Tipe 36 RSSSS... yang mana buat nyimpen carangka/ tempat nyabit rumput sajah sudah penuh... jadi yaaah riweuuuh lah.... Satu kata weh KACIDA pisan...

Save Kabuyutan, Save The World!... Lemah Sagandu Diganggu Balai Sadunya...Amanah Galunggung, "Pemimpin Yang Tidak Dapat Menjaga Kabuyutannya Bakal Lebih Hina Dari Kulit Musang Yang Dibuang Ketempat Sampah!"


2014-08-25 14:42 GMT+07:00 Siddik Wiradireja cikundul3 <at> yahoo.com [urangsunda] <urangsunda <at> yahoogroups.com>:
 

Cing para wargi anu uninga kedah kamana abdi laporna, margi akhir-akhirna ieu
seueur pisan kajantenan WNI anu katalangsara di Korea Kidul, anu dongkapna
ka Korkid rupi-rupi, aya anu dijantenkeun PRT, jajap bapana WN Korkid, sareng
ngiring kasalakina urang Korkid.

1. PRT; numutkeun undang-undang perburuhan Korkid warga Korea, teu tiasa ngagawekeun
urang asing kanggo PRT.
Sedengkeun gaji PRT urang Korkid minimum Won 1,000,000.- (Rp. 10 juta), sedengkeun
WNI mung digajih Won 250,000.-(Rp. 2.5 juta).

2. Jajap Bapana; ieu budak ti isteri kadua WNI, dongkap ka Korkid ngajajapkeun Bapana
anu tos tiktikbrek, ma'lum tos 65 taun umurna.
Mung bae, kumargi ieu budak ti istri kadua kalayan nikahna rerencepan, atuh ku
kulawargi eta si Bapa anu di Korea teu diaku, karunya kabudakna, mondok dirumah
sakit sareng dipenginapan, artos kanggo mayarna penginepan sareng dahar dipasihan
ku para perawat di rumah-sakit waktos bapana diopname.

3. Dicandak kusalakina, nembe pisan aya telepon tijalmi urang Korkid, manehna mendakan
istri keur ceurik sisi jalan, mana huhujanan, barang di parios tetela WNI.
Numutkeun cariosna dina telepon dongkap ka Korkid 14 Juli 2014, diusir ku salakina,
margi sering pasea sareng mitohana, ari salakina pasti mang meunangkeun indungan,
anu akhirna diusir tirorompokna.

Anu janten masalah kedah kamana ngalaporkeunana kanggo nyegah WNI anu ka Korkid,
atanpi tiasa nyaring ulah sagawayah istri-istri WNI ka Korkid.

ssw
Tong nyaliksik naon nu bisa dicokot ti kiSunda
Tapi talungtik naon nu bisa dibikeun ka kiSunda




__._,_.___
Posted by: Mang Aska <dkabayan <at> gmail.com>


http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]




__,_._,___
Picon

Kesaksian Merdeka!



Itung-itung nyegerkeun deui ingetan kana peristiwa 17 Agustus 1945. Aya postingan di group 'Pustaka Sunda" nu menarik. Lalakon sabudereun 17 Agustus numutkeun saksi sajarah. Ieu tokoh, wanoja Sunda nu geus sepuh, tapi masih aktif komunikasi di media sosial, dumuk di Rotterdam.
===

Kesaksian Merdeka!

Tah, leres kitu. Ari kanggo orang Walanda di nagara urang mah, pembebasanana teh kaping 14 agustus wartosna. Buat mereka itu berarti kembali lagi menjajah. Yang saya masih ingat mulai lagi melihat orang Belanda berjalan di Bandung. Kasian sekali, kurus-kurus, kotor dsb. Mereka baru keluar dari kamp-kamp tawanan Jepang. Waktu itu saya berusia 17 tahun. Termasuk `pemuda, harapan bangsa`. Kelas 1 SMT di Jalan Citarum. Teringat hari-hari itu banyak rapat. Di Kumico-kumico dsb. Saya sendiri punya sobat Dien Wangsadinata. Rakana Dien, Wartini adalah mahasiswa Ikadai Gakko (Kedokteran), jadi kepaksa memimpin. Demikian juga mahasiswa-mahasiswa yg lain Kogyo Daigako, ITB sekarang, 'automatisch' menjadi pemimpin. Yg dirapatkan adalah apa yg harus dibuat kalau Belanda kembali. Didirikan dapur umum di toko Ciyoda untuk yg ikut ber`joang`. Mengumpulkan dan membagikan pakaian kepada rakyat yang sudah kutud-kutud, misalnya di Bojongloa yang saya ikuti. Memboikot orang Belanda dengan membeli, mengumpulkan telor dari pedagang-pedagang di Banndung Timur dsb. Saya waktu itu sebetulnya sudah merasa `merdeka` beneran. Tapi waktu tanggal 17 Agustus di radio HOSOKYOKU dibacakan proclamasi Bung Karno oleh Sakti Alamsyah, kami di rumah semuanya diam.... untuk kemudian bersorak sambil menangis. Merdeka! 

Murid SMT seueur anu ngiring berjuang. Sekolah-sekolah ditutup. Dengar Pak Duyeh, guru sejarah yg sangat saya kagumi, jadi Dai Danco di PETA. Orang Indonesia yg merasa Republikein nyarungsi ke Bandung Selatan. Yang tinggal di Utara, banyak lho ya, itu pro Blanda. Ada teman Indo masuk sekolah SMP bernama... Sunario. Empat Tahun kemudian ketemu dengan dia sudah makai nama Blandanya lagi, van Adel. Demikian juga dengan teman Menado-Ambon-Cina-Christian... Juga orang Sunda. Ada yg milih jadi Nica ada yg fanatik Republikein.

Dien dan saya diberi tugas untuk memborong telor. Entah dari mana uangnya, [tami] kami bayar. Bersepeda ke kampong-kampong sebelah Barat dan Utara Bandung. Maksudnya supaya telor jangan dibelikan kepada Belanda. Memboikot cenah. Sambil memberi penerangan tentang keadaan waktu itu. Dari subuh sampai hampir magrib. Pulang berjalan dengan sepeda ditangan penuh dengan telur. Di rumah ibu Asiah Wangsadinata di Jln. Lengkong Kecil numpuk telor. Planningnya mau diasin oleh ibu Otto Iskandar di Nata kanggo pejoang-pejoang kita. Waktu itu Walikota Bandung, Atmadinata, rakana Otto, digentos ku (hilap naminna) orang Jawa ayahnya teman saya juga (lupa namanya). Kumico-kumico (ERTE) actief juga. Dialajar EHBO, Memadamkan pembakaran, jaga malam bergatian. Ngawitan seueur nu nyarungsi. Keluarga ibu pun nyungsi. Mula-mula dekat saja, ke Citepus, bisa bulak-balik ke Bandung. Makin lama makin jauh. Ke Dayeuh Kolot, ka Soreang, ka Ciwidey. Barang-barang mah cul wae di mana. Asal ada pakaian dalam `berenuk`. Tidak tahu apa yg terjadi di Bandung Utara. Anak-anak laki-laki masuk kelompok-kelompok. Dengar Orang Inggris, Gurkha datang. Mulai tembak menembak. Rumah kami di Pasundan kena pelopor mortir juga. Di Ciwidey dengar Cikapundung banjir. Sasak gantung roboh. Teman sekolah yang pertama gugur adalah tetangga. Bieu mah emut namina, ayeuna ... plengngng ... hilang. Tos, ah. Sekali Merdeka, tetap merdeka. (Bi Etty, Rotterdam, 2014)

  


__._,_.___
Posted by: Ki Hasan <khs579 <at> gmail.com>


http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]




__,_._,___
Picon

Ujian Awal Jokowi si Budak Angon? [6 Attachments]

[Attachment(s) from Mang Aska included below]

Liburan lebaran kemarin Mamang mudik ke Kabuyutan Cipaku Sumedang yg tahun lalu terancam akan ditenggelamkan oleh Waduk Jatigede di September 2013 lalu alhamdulillah kemudian tidak jadi dan infonya SBY beserta pemerintah menyerahkan keputusan kelanjutannya melalui persetujuan dari Gubernur Jabar Aher dan yg membuat Mamang sedih adalah Aher ternyata malah bersemangat ingin menenggelamkan Kabuyutan di bulan Desember 2014, sangat disayangkan yah tidak ada sedikitpun Empaty dari Gubernur yg dilahirkan di Tatar Sunda tersebut, malah justru sebaliknya ingin menenggelamkan peninggalan2 bersejarah yg menjadi Cagar Budaya Pusaka Bangsa Indonesia.

Pilpres kemarin para Kasepuhan Kabuyutan Cipaku ternyata memilih Jokowi, terasa aneh ya pan Jabar yg menang Prahara dimana Black Campaign terhadap Jokowi sangat tinggi. Kalo menurut Kasepuhan Cipaku mah dari sisi spiritual mah ada kesalahan Fatal yg dilakukan oleh Prabowo Hatta yaitu melakukan Kampanye di Jatigede dengan niat ingin mempercepat Penenggelaman Jatigede dan tidak ada sedikitpun kepedulian kepada Kawasan Lemah Sagandu Kabuyutan Cipaku dimana ada 25 Situs Cagar Budaya, kampung buhun, hutan rimbun, dan sawah subur. Kalo kata kasepuhan mah Katulah/ kena Karmanya yg telah mensengsarakan Masyarakat dan ingin merusak Kabuyutan yg sudah ada jauuuh sebelum Indonesia berdiri. Jadi ya begitulah kalah Pilpres dan sedikit menyandang malu dicemooh karena salah nyebut Adipura menjadi Kalpataru. Seperti kejadian sebelumnya Gubernur Jabar Dani Setiawan pun yg menandatangani persetujuan Jatigede dibangun kembali hasilnya selaku Incumbent kalah pilgub dan tidak lama kemudian setelah kalah ditangkap KPK. Mudah2an Aher tidak melakukan kesalahan yg sama dengan Dani Setiawan menandatangani persetujuan Jatigede.

Alhamdulillah ternyata http://www.facebook.com/savejatigede/ semakin banyak yg peduli dari awalnya hanya beberapa orang yg peduli sekarang ada lebih dari 400 orang yg like Subhanalloh yah ternyata masih banyak yg peduli akan kelestarian Pusaka Warisan Budaya Nusantara :).

Waktu mudik lebaran kemarin Mamang ngobrol dengan kasepuhan dan komentar mereka sederhana "Budak Angon geus datang", Budak Angon sudah tiba :). Dalam carita Wangsit Siliwangi disebutkan tentang munculnya Budak Angon yg mana merupakan seorang calon pemimpin yg bisa membawa perubahan yg berasal dari rakyat kecil banyak mendapatkan pengalaman hidup sehingga menjadi bijaksana, cerdas, dekat dengan rakyat, punya empathy thd masyarakat/ berjiwa sosial yg tinggi, tegas, jujur, amanah, dll.

Menurut Kasepuhan kemenangan Jokowi sudah tercatat dalam Uga malah mereka menyampaikan bahwa pemimpin sebelumnya itu pun sudah ada Uganya contohnya mereka menyampaikan Habibie itu sebagai CIUNG WANARA yg menjadi Raja sebentar karena senang berkelana juga nyabung ayam sampai kehilangan sebagian wilayahnya, kejadian timor timur yg lepas dari Indonesia ya begitulah Ciung Wanara yg mana harus membagi wilayah negaranya dengan saudaranya. Ciung Wanara juga tidak begitu ambisius jadi Raja karena senang berkelana keliling daerah untuk menyabung ayam. begitulah Habibie katanya tidak begitu ambisius utk lanjut memimpin Indonesia lebih senang keliling dunia dan menjadi peneliti mengasah kemampuannya.

Nah Jokowi si Budak Angon ini kata kasepuhan akan menginspirasi pemimpin2 lainnya untuk berubah tapi hati2 katanya karena negara kadung sudah rusak / riweuh jadi perlu kerja keras dan Istikomah utk menatanya kembali. Dari hasil ngobrol ngaler ngidul salah satunya adalah mengenai Ujian Awal Bagi Jokowi si Budak Angon ini adalah dalam memilih para pembantunya yaitu Para Menteri di Kabinetnya dimana Jokowi harus pandai memilih orang yg sevisi dan sekarakter degan dia agar jangan sampai justru nanti menjadi beban yg memberatkan. Salah satunya adalah harus jelas bibit, bobot, bebetnya atau dalam konteks modern harus professional, berkarakter, integritasnya baik, kompeten, kompetitif, Kapable, tidak haus uang, dan mau mendidikasikan diri untuk Indonesia. Dalam carita Wangsit Siliwangi Budak Angon selalu ditemani/ dibantu oleh Orang Tua Berjubah Putih artinya menurut kasepuhan mah Budak Angon/ Jokowi harus dibantu oleh orang2 yg putih bersih bukan orang2 yg punya agenda kotor dibaju yg dipakainya. Disinilah ujiannya kalau Jokowi pada saat memilih pembantu di Kabinetnya itu orang2 yg berjubah putih maka Jokowi adalah Budak Angon seperti yg diceritakan oleh kasepuhan.

Saat ini tentunya banyak pihak yg merasa berjasa dengan kemenangan Jokowi dan tentunya ada juga yg punya agenda2 tersembunyi yg mungkin tidak sejalan dengan kepentingan nasional kemajuan bangsa dan negara ini. Oleh karenanya Jokowi harus cerdas dan pandai dalam bermanuver agar tentunya mengedepankan kepentingan masyarakat Indonesia diatas kepentingan2 lainnya.

Semoga Jokowi Si Budak Angon ini bisa meresapi dan melaksanakan kearifan lokal Budak Angon ala Wangsit Siliwangi :), dan Insya Alloh Indonesia akan semakin maju dan sejahtera :).

Menurut Kasepuhan Cipaku tahun ini adalah Tahun Alif, dimana tahun2 yg sulit dan berat bagi semuanya katanya banyak yg mendapatkan Kararaan/ musibah,  kemarin Mamang ngobrol dengan pegusaha etnis tionghoa ternyata mirip juga tahun ini menurut kajian nya mah tahun yang riweuh malah katanya jangan melakukan investasi yg besar2an. Hal ini juga dapat dilihat dari sisi perekonomian negara Indonesia dimana kondisi keuangannya lagi memble salah satunya akibat subsidi BBM yg sangat berat sehingga menjebol keuangan negara, konon duit negara sudah menipis piiis. Nah menurut Kasepuhan mah Tahun Alif ini akan berakhir dalam 2 bulan kedepan, tepatnya bulan Muharram merupakan awal tahun baru dan tentunya Presiden Baru dimana Jokowi si Budak Angon akan dilantik. Dengan berakhirnya tahun Alif maka pelan2 Zaman akan berubah dan mudah2an akan pelan2 semakin baik.

Wallohualam bishawab... pun sapun kaluluhuran :).

Untuk yg peduli kelestarian Pusaka Warisan Budaya Nusantara yaitu Kabuyutan Cipaku jangan lupa klik Like, http://www.facebook.com/savejatigede

"Lemah Sagandu Diganggu Balai Sadunya", Kabuyutan Dirusak Bencana Bagi Dunia!!! Kenapa karena disana ada 25 Situs Cagar Budaya Arkeologi Batu Tunggal Simbol Monotheismeu Nusantara Purba yg sudah ada sejak jaman pra sejarah. Ada Simbol Spiritual Ketuhanan Yang Maha Esa yg menjadi dasar negara Pancasila sila ke-1.

Semoga Jokowi cukup Bijak utk menyelamatkan Cagar Budaya Pusaka Nusantara tersebut :). Amiiin ya Alloh ya robbal alamin.

nuhuuuns,
mang asep kabayan
www.dkabayan.com



__._,_.___

Attachment(s) from Mang Aska | View attachments on the web

6 of 6 Photo(s)


__,_._,___
Picon

Sakola Alam Almanar, Garut?



Sakola Alam Almanar, Garut?

Usum liburan Lebaran, keur barudak kota mah resep ulin ka Ciater, Pangandaran, Cipanas Tarogong, jeung tempat rekreasi sejenna. Tinggujubar ngojay, babaseuhan, ulin cai. Eak-eakan galumbira. Sakitu ngongkos, mayar ge daraek we. Ari keur barudak Madrasah Tsanawiyah Almanar mah ulin cai teh gratis. Bisa unggal poe, iraha wae. Unggal poe ka sakola tinggujubar meuntas walungan.

Memang prestasi hebat ieu teh, keur Bupati Garut jeung Gubernur Jabar mah. Geus bisa nyiptakeun sakola alam, calon atlet meuntas walungan. Sugan we eta barudak teh bakal jadi juara dina olimpiade meuntas walungan sadunya.

http://news.detik.com/read/2014/01/15/131847/2467636/10/lihat-bocah-madrasah-di-garut-ini-harus-nyebur-ke-sungai-untuk-bisa-sekolah 




__._,_.___
Posted by: Ki Hasan <khs579 <at> gmail.com>


http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]




__,_._,___
Picon

BBC - Gosip Wagub Tembus ka BBC



Nepi oge ka BBC ieu gosip Wagub teh.
===

Indonesia: Moonlighting politician told to stop acting

An actor-turned-politician has been told to stop appearing in soap operas and concentrate on his job, it appears.

Deddy Mizwar was one of Indonesia's most recognisable actors before trying his hand at politics and becoming deputy governor of West Java representing the Islamist Prosperous Justice Party. However, the country's Corruption Eradication Commission (KPK) has told him to stop appearing in a soap opera and "concentrate on serving his constituents",Indonesian news website Kompas reports.

http://www.bbc.com/news/blogs-news-from-elsewhere-28308270



__._,_.___
Posted by: Ki Hasan <khs579 <at> gmail.com>


http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]




__,_._,___
Picon

Re: Sikep Urang Sunda



Hade Mang Febi tapi loba jelema ngarahkeun urusan israel palestina teh leuwih ti perebutan wilayah tapi ngasupkeun ka na akidah, jadi asupna teh kana perang ageman.

Kamari TVOne sempet ancur2an sahamna gara2 beda hehehe kitu oge piala dunya kamari teu nutup modal, gara2 beda eta loba anu arembungeun iklan nepika sahamna jeblok, piala dunya oge rugi jabaning keur mayar lisensina tina hutang, tah ayeuna urusan Gaza dipake keur narik simpati masyarakat hehehe mayan keur naekeun rating hehehe.

nuhuuuns,
mang asep kabayan
www.dkabayan.com

On Jul 15, 2014 9:39 AM, "Ahmad Hazairin don_febi <at> yahoo.de [urangsunda]" <urangsunda <at> yahoogroups.com> wrote:
 

Baraya sadaya,

Dina kampanye pilpres kamari, masing-masing cawapres hayang ningalikeun kaperduliana ka masalah Palestina.  Masing-masing cawapres janji mun kapilih rek merjuangkeun kamerdekaan Palestina.  Eta hade pisan, kulantaran kamerdekaan teh hak sagala bangsa (Pembukaan UUD 1945).

Tapi anu sok ngajadikeun sim kuring prihatin, umat Islam ayeuna sok kalahka ngomporan perang Palestina-Israel.  Dina PP BBM eta loba umat islam masang tulisan misalna: "Palestine will never die, but Israel will be deleted".  Ieu sajalan jeung pamingpin Iran Ahmadinejad anu oge pas dina forum resmi PBB nyebutkeun Israel kudu dihapuskeun ti muka bumi.

Hayu urang tingali kana ajaran anu bener.  Sakabeh makhluk teh boga hak hirup.  Palestina boga hak hirup, Israel boga hak hirup.  Komo atuh Israel jeung Arab Palestina teh pan adi lanceuk sarua katurunan Ibrahim.  Ari urang mah urang Sunda pan teu dulur-dulur acan.  Jadi sikep urang mah kudu ngadamaikeun.

Sok geura lamun pamingpin Islam pidato jiga kieu: "Korban perang boh urang Palestina boh urang Israel teh mangrupa kaleungitan anu pohara gedena pikeun kamanusaan.  Geus sapantesna Palestina jeung Israel hirup damai babarengan di tanah suci Yerusalem (Al-Quds) salaku adi lanceuk, jeung deuih sarua masing-masing boga sajarah panjang di tanah Yerusalem.  Naon anu geus kaliwat kudu bisa didamaikeun, dileungitkeun dendam.  Kudu babarengan hirup natangga,jeung duih pan muja ka Gusti anu Tunggal sarua ajaran Ibrahim.".

Ari sim kuring mah hayang umat Islam Indonesia teh boga sikep kana bebeneran, kamanusaan.  Ulah ngomporan anu parasea.  Nya atuh sahenteuna urang Sunda sikepna bisa hade.

Salam

Febi
===


__._,_.___
Posted by: Mang Aska <dkabayan <at> gmail.com>


http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]




__,_._,___
Picon

NGABEDAHKEUN BALONG



NGABEDAHKEUN BALONG

Baraya maya, aya nu boga keneh balong? Lebaran geus deukeut yeuh. Dua mingguan deui. Ayakan, buleng, korang, sair, katut parabot sejenna geura turunkeun. Mangkaning pelak nilem, lauk emas, nila, sakitu uteyna. Tangtu bakal marema usum Lebaran mah. Moal hese neangan nu meuli. Nu meuli daratang sorangan. Cuang ngidek, ngabedahkeun balong geura. Bari hiburan keur bebenyit. Sina milu leuleutakan.

Foto. Dok KITLV (1933)




__._,_.___
Posted by: Ki Hasan <khs579 <at> gmail.com>


http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]




__,_._,___
Picon

SBY Menurut Kabayan



Dear All,
Tahun ini adalah tahun penghujung SBY dalam memerintah... hanya tinggal beberapa saat lagi ya... istilahnya tinggal menghitung bulan saja hehehe.

Nah perkenankan Mamang sebagai warga negara Indonesia mencoba mengevaluasi Kepemimpinan SBY ala Kabayan tea hehehe. Tentunya SBY manusia biasa ya ada positif ada negatifnya.

Nah coba kita lihat masing- masing 5 sisi Positif dan 5 sisi Negatifnya biar cukup fair. Sesuai Amanah Buyut, "nu lain kudu dilainkeun, nu enya kudu dienyakeun", yg benar katakan benar, yg salah katakan salah.

Sisi Positif:
1. Suka tidak suka walopun korupsi masih riweuh dan gosipnya keluarganya juga ada yg terkait tapi fakta yg tidak bisa dipungkiri adalah Score Corruption Perception Index pada masa SBY lumayan meningkat dari 2 menjadi 3 dimana 10 yg terbaik. Pada masa pemerintahan SBY, KPK berhasil membongkar kasus2 korupsi besar mulai dari Al Qur'an, Sapi, Haji, Migas, sampe ke membongkar Dinasti Banten yg terkenal kuat bertekuk lutut. Dalam hal ini Mamang sangat tidak setuju kalau SBY dibilang jendral yang LEMAH justru tanpa kesombongan/ claim yg berlebihan seperti tidak mengaku jendral tegas tapi SBY membuktikan jendral yg sebenernya sangat tegas dan punya keberanian luar biasa.

2. Netralitas SBY, perlu diacungi jempol dalam masalah hukum SBY cukup bertindak netral, dalam hal ini fakta membuktikan bahwa ketika besannya bersalah pun tidak mau mengintervensi, tetap dipenjara sesuai hukum yg berlaku. Mamang jadi ingat ke Umar Bin Khottob yang sangat tidak mau anaknya ikut2an terlibat di kegiatan kekhalifannya. Nah dalam urusan netralitas ini cukup diacungi jempol. Seperti halnya dalam urusan pilpres kemarin Mamang sempat mengacungkan jempol ketika SBY / Demokrat memilih netral ya. Namun sayang pas terakhir2 mungkin karena pressure ke SBY tinggi dari kader2 demokrat sedemikian sehingga ikut ke koalisi gendut ya.

3. Program BPJS walopun belum sempurna tapi menurut Mamang ini program yang paling juara yg dapat dirasakan langsung oleh rakyat kecil, Mamang pun ikut merasakan sebagai Pejabat / pengangguran Jawa Barat alias eentrepreneuran belajar menjadi wirausaha menjadi tenang dengan adanya BPJS / JKN ini. Terakhir anak Mamang kena DBD dirawat di RS PMI tinggal bawa kartu BPJS maka beres semua ngak bayar sepeserpun, tetangga ada yg operasi usus buntu pun padahal seharusnya mengeluarkan bisa sampe 20jtan dgn BPJS ngak bayar sepeserpun. Kedepan mudah2an pelayanan makin ditingkatkan dan kalo bisa gratis. menurut Mamang jangan dibikin 3 kelas tapi 2 kelas aja yaitu kelas standard itu gratis dan otomatis setiap warga negara pemegang KTP dan BPJS maka otomatis dicover BPJS Standard, nah satu l agi kelas Prima/ premium atau kelas 1 dimana ini khusus masyarakat yg tajir yg harus bayar utk mendapat pelayanan prima.

4. Demokrasi, suka tidak suka menurut Mamang SBY termasuk jendral TNI yg reformis ya artinya meneruskan semangat reformasi dengan meneruskan semangat pemilu secara langsung dipilih oleh rakyat. Dalam hal ini juga SBY cukup kesatria ya contohnya Pileg kemarin ketika demokrat babak belur karena dihajar oleh semua partey termasuk partey2 yg ada dalam koalisinya ya seperti Golkar, PKS, dll...sepertinya hanya PKB yg relatif loyal tidak menyerang SBY ya, nah suara Demokrat menurut Mamang angka demikian tidak lah terlalu jeblok karena rakyat masih melihat figur SBY. Nah hebatnya SBY dengan besar hati menerima kekalahan dan beliau tidak ada intervensi ya.

5. Sampai saat ini SBY belum menggenangi Kabuyutan Cipaku, artinya SBY masih punya hati nurani dan kepedulian / empathy walopun Gubernur Jabar / Aher bersemangat untuk mendorong agar segera digenangi waduk Jatigedenya dan tidak ada sedikitpun kepeduliannya kepada Cagar Budaya Peninggalan Leluhur Nusantara. Menurut Mamang dengan kunjungan SBY ke Gunung Padang menunjukan kepedulian SBY terhadap Cagar Budaya Peninggalan leluhur Nusantara, sekali lagi Mamang dan Komunitas Kabuyutan tidak sedang menghalangi berdirinya bendungan namun kami sedang berusaha menyelamatkan Cagar Budaya Peninggalan Leluhur Nusantara yaitu Situs Megalitikum Cipeueut Aji Putih di Kabuyutan Cipaku. Disana ada fatwa leluhur "lemah sagandu diganggu balai sadunya", kabuyutan dirusak bencana bagi duni a. Fatwa Amanah Galunggung Resi Guru Darmasiksa 11 tahun setelah Prabu Jayabaya meninggal mengatakan "Barang Siapa Pemimpin Yg Tidak Bisa menjaga Kabuyutannya Maka Lebih Hina Dari Kulit Lasung/ Musang yang dibuang ke tempat sampah". Mangga silahkan cek kronologi para pemimpin yg mau merusak/ menenggelamkan Kabuyutan nasibnya tidak baik, hukum alam/ sunatulloh pan kekal, apa yg ditanam itu yg dituai. contohnya Suharto yg pertama kali membangun Jatigede tahun 1996 membuat kepres Jatigede tidak lama 1997 Indonesia sakit, 1998 Orba tumbang dan Suharto diturunkan rakyat. 2004 Gubernur DS menandatangani persetujuan dilanjutkannya Jatigede di rumahnya dan 2009 DS yg incumbent Kalah Pilgub juga tidak lama kemudian ditangkap KPK dirumahnya. Sedangkan orang2 yg peduli ke Jatigede contohn ya Mang Ihin yg menolak Kabuyutan digenangi malah sehat selalu dan panjang umur sampai sekarang, namanya semakin harum sebagai Jendral yg merakyat dan pastinya namanya dikenang sepanjang masa. Nah kalo SBY masih ada kepedulian untuk menyelamatkan Kabuyutan maka menurut Mamang akhir pemerintahan SBY akan smooth dan 15 tahun yg akan datang Agus Harimurti anaknya SBY memiliki peluang untuk menjadi pemimpin negeri ini. kelihatannya dari anak2 keluarga SBY yg memiliki energi positif hanya Agus Harimurti, dia mengikuti garis muka/ aura SBY kelihatannya.

Sisi Negatif:
1. SBY kadang tidak enakan dan sedikit galau, mudah termakan hasutan2 negatif, sedemikian sehingga membiarkan orang2 disekelilingnya merusak dirinya dan nama baik keluarganya sendiri. contohnya kasus Century, kasus Hambalang, dll...dimana anak2 muda itu yg dulunya biasa sajah yg diberikan kesempatan oleh SBY membangun Demokrat namun kemudian membuat masalah sedemikian sehingga membuat suara demokrat jeblok walopun SBY cukup berhasil menanganinya dgn reformasi Total Demokrat + Konvensi Demokrat namun agak sedikit terlambat, ancamannya sekarang malah gosip yg beredar justru mengarah ke NAMA BAIK keluarganya. Hal ini juga terlihat blunder ketika pilpres sekarang pada awalnya menurut Mamang sangat brilliant SBY bersikap netral (menjadi Bapak Bangsa) dengan tidak mau mendukung salah satu calon walopun ada besannya disalah satu calon yg bersaing. Sayangnya diakhir2 pilpres justru malah ikut mendukung besannya menurut Mamang ini karakter orang yg ngak enakan, mungkin SBY dipressure sama anaknya ataupun sama besan ataupun sama parteynya. Menurut Mamang sangat sayang ya padahal SBY bisa menjadi Bapak Bangsa yang dihormati semuanya dengan bersikap netral dan membiarkan pertarungan copras capres ini berlangsung secara fair. Mamang perlu acungin jempol ketika SBY memerintahkan Polri dan TNI bersikap netral secara SBY pan sebagai panglima tertinggi. Mudah2an saja pilpres kali ini berjalan dengan smooth tanpa ada konflik yg berlebihan karena tentunya ini taruhan nama baik SBY di mata rakyat maupun internasional sebagai Jendral yg punya trek record reformis dan demokratis. Career path S BY yg gosipnya ingin menjadi Sekjen PBB menurut Mamang sangat terbuka ya. SBY bisa berkoar2 ke dunia internasional telah berhasil mengawal terus demokrasi di Indonesia. Seperti kita ketahui beredar di media ada juga yg menginginkan demokrasi di Indonesia diganti karena tidak cocok dengan budaya dan ingin pemilu itu dipilih DPR seperti dulu, menurut Mamang malah pemikiran seperti itu seperti mundur ke belakang ya.

2. Kabinet SBY masih belum professional, Mamang perlu acungin jempol beberapa menteri sebenernya cukup Professional ya contohnya Dahlan Iskan, Menkeu yg menjadi Gubernur BI Agus Martowardoyo... Menurut Mamang beliau cukup professional ... namun nah yg blunder justru yg dari Partey Politik banyak yg tidak professional dan tidak kompeten, yg justru menurut Mamang malah membebani pemerintahan SBY. Contohnya Menteri Pertanian yg juga sebenernya pernah dikritik Hashim adiknya Prabowo yg puncaknya pada kasus Korupsi Sapi, sekarang Benih Gosipnya, pangan masih banyak import... Menpora Sekarang yg ribut sama Ahok karena bukannya mempercepat malah menghambat, menteri Agama SDA yg korupsi Haji, menteri kehutanan yg dimaki habis oleh Harisson Ford eduuun semua teman Mamang yg tinggal di luar negeri bilangnya malu-malu in iiiiih. Nah menteri2 yg berasal dari partey ini bukannya mendukung SBY malah sebaliknya hanya mementingkan kepentingan parteynya saja. Menurut Mamang pola ini harus di stop ya kedepan, seharusnya para menteri itu harus professional, sesuai Hadist Rosullulloh apabila suatu pekerjaan tidak diberikan kepada ahlinya maka tinggal tunggu saja kehancurannya.

3. Masalah pelayanan publik dan birokrasi masih ribet, perlu terus dilakukan reformasi birokrasi ya. Kesejahteraan PNS dan Para Pegawai menurut Mamang penting ya, sekarang ada semacam Rule of thumb dimana gaji kecil aja tapi "boleh" nyuri. Menurut Mamang itu salah besar seharusnya dibalik gaji harus layak bahkan lebih dari layak akan tetapi tidak boleh mencuri. Misalnya take home pay PNS itu minimal 20jt + housing & car allowances nah tapi harus bekerja professional dan tidak boleh maling ato nilep2 bon, mark up, dll.

4. Masalah infrastruktur publik, menurut Mamang agak sedikit pelan dan belum sesuai fitrahnya Indonesia sebagai negara kepulauan, maritim, dan negara dgn gunung api. Jadi potensi transportasi laut, sungai, transportasi massal, jalan tol antar kota, kereta api agak sedikit pelan walopun sudah ada pergerakan contohnya kereta api Bogor Sukabumi Cianjur yg hidup kembali, hal ini didorong oleh terpilihnya Dahlan Iskan yg cukup positif dalam membangun BUMN. Masalah energy masih mengutamakan BBM bukan sebaliknya mengoptimalkan renewable energy seperti Geothermal.

5. Program KB dan Penanggulangan Narkoba yang pelan sekali. Salah satu hal teknis yg sangat sederhana tapi sangat penting adalah masalah KB yg kurang mendapatkan perhatian, sosialisasinya kurang banget akhirnya jumlah penduduk Indonesia meningkat. Begitu juga masalah Narkoba di Indonesia ini perlu perhatian yg luar biasa jangan sampai generasi muda Indonesia rusak oleh Narkoba.

Demikian pemerintahan SBY menurut Mamang... semoga menjadi acuan bagi perbaikan di pemerintahan yg akan datang. Nah walopun SBY masih memerintah beberapa bulan lagi Mamang mengucapkan terima kasih sajah. Semoga diakhir masa Jabatan SBY ini semakin meninggalkan ARTEFAK / JEJAK KEBAIKAN sedemikian sehingga nama baiknya akan selalu dikenang sepanjang masa. Inget lho harta tidak dibawa mati tapi nama baik ngak pernah mati :).

Hal yg Mamang pelajari dari ini semua adalah bahwa apa yg kita peroleh sekarang merupakan apa yg kita lakukan masa lalu, apa yg kita lakukan sekarang akan menentukan masa depan kita kedepan. Sunatulloh mengabadi sepanjang masa tidak pernah berubah, apa yg kita tanam itu yg akan kita tuai :). Tuhan bekerja dengan cara2 yg misterius :).

nuhuuuns,
mang asep kabayan
www.dkabayan.com



__._,_.___
Posted by: Mang Aska <dkabayan <at> gmail.com>


http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]




__,_._,___

Gmane