Linggarjati Organizer | 11 Oct 04:33 2013
Picon

UPACARA ADAT KAWIN CAI 2013 [2 Attachments]

[Attachment(s) from Linggarjati Organizer included below]

“Lestari Budaya, Lestari Lingkungan Kita”

“…orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman…”.
Tanah Surga, sebutan tersebut bisa jadi tidak terlalu berlebihan untuk disematkan kepada Negeri Indonesia pada umumnya dan khususnya pada Propinsi Jawa Barat. Melimpahnya karunia air, matahari dan tanah subur yang diberikan Allah swt sudah selayaknya dibalas dengan rasa syukur yang tercermin dari sikap menjaga dan melestarikan lingkungan.
 
Dalam hal pelestarian lingkungan, masyarakat desa Babakan Mulya, kecamatan Jalaksana, kabupaten Kuningan memiliki kearifan lokal khas yang mengungkapkan rasa syukur masyarakat desa atas karunia mata air yang tidak pernah kering sepanjang tahun sehingga mampu mengairi lahan persawahan hingga ke lima desa lainnya. Kegiatan budaya ini bernama Kawin Cai dan sudah rutin digelar setiap tahun yang bertempat di Objek Wisata Balong Dalem Tirtayatra.
 
Secara umum, prosesi/upacara adat Kawin Cai dilaksanakan sebagai berikut :
Prosesi kawin cai ini sendiri adalah “mengawinkan” air dari tujuh sumber mata air keramat Cibulan dengan mata air yang ada di objek wisata Balong Dalem Tirtayatra. Mata air di Balong Dalem Tirtayatra dilambangkan sebagai pengantin perempuan dan 7 air dari mata air Cibulan dilambangkan sebagai pengantin pria. Selama perjalanan baik dari Balong Dalem menuju Cibulan dan sebaliknya selalu diiringi dengan berbagai ritual upacara dan tari-tarian tradisional layaknya upacara perkawinan.
 
Acara inti dari acara kawin cai itu adalah ditumpahkannya air dari 7 sumber mata air Cibulan ke sumber mata air Balong  Dalem Tirtayatra. Symbol penyatuan air tersebut yang kemudian dianggap oleh warga bahwa mata air tersebut telah “dikawinkan”.
 
Yang tak kalah seru dari semua itu, beberapa pamong desa yang memang tugasnya mengurusi air seperti kaur ekbang dan anggotanya pun dimandikan menggunakan air tersebut dengan harapan bahwa para pamong itu nantinya akan mampu mengurusi air dengan sebaik-baiknya. Kemudian sebagai penutup segala ritual itu warga menyelenggarakan makan bersama sebagai bentuk syukuran karena mereka telah sukses menggelar ritual kawin cai.
 
Untuk tahun 2013 ini, Upacara Adat Kawin Cai akan dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 17 Oktober dengan mengambil tema “Lestari Budaya, Lestari Lingkungan Kita”.  Acara ini diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Babakan Mulya yang bekerjasama dengan Unit Objek Wisata Balong Dalem, PDAU Darma Putra Kertaraharja. Acara ini juga mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Kuningan yang ditandai dengan rencana kehadiran Bupati Kuningan, Bpk. H. Aang H. Suganda dan jajaran pemerintah Kabupaten beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD)  lain pada saat acara.
Bapak Bupati juga akan melepaskan bibit ikan dewa di Balong Dalem yang diikuti oleh Aparatur Pemerintah lain sebagai tanda kepedulian para aparat pemerintah dalam pelestarian lingkungan khususnya pelestarian ikan dewa.
 
Bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti acara Kawin Cai ini, dapat menghubungi Sdr. Dani Iskandar (0818231031) atau Sdr. Bobby Fajar R. (081807783440)
 

Salam Wisata,

Visit Kuningan

Darma Putra Bld. | Jl. Siliwangi No.9, Cirendang Kuningan 45518 | Telp/Fax. +62232 8881389
 
Find us also in:
www.visitkuningan.com
http://www.linggarjatiorganizer.com 
http://www.facebook.com/pages/Visit-Kuningan/118761478163853
http://www.facebook.com/linggarjati.organizer
http://twitter.com/dlinggarjati



__._,_.___

Attachment(s) from Linggarjati Organizer

2 of 2 Photo(s)



http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]



Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___
mang kabayan | 10 Oct 01:08 2013
Picon

Re: Mahasiswa TG 2011 Jadi Korban Geng Motor



Turut prihatin untuk adik mahasiswa TG dan mengutuk keras Geng Motor yang selalu meresahkan masyarakat, merusak, menyakiti, dan mengganggu ketertiban umum!!!
nuhuuuuns,
mang asep kabayan
www.udarider.com
From: "Hasanuddin Z. Abidin" <hzabidin <at> yahoo.com>
Sender: Senyum-ITB <at> yahoogroups.com
Date: Thu, 10 Oct 2013 08:04:13 +0900
To: <IA-ITB <at> yahoogroups.com>; <senyum-itb <at> yahoogroups.com>; <sinergi-ia-itb <at> yahoogroups.com>
ReplyTo: Senyum-ITB <at> yahoogroups.com
Subject: [Senyum-ITB] Fwd: [Dosen ITB] Mahasiswa TG 2011 Jadi Korban Geng Motor

 



Sent from my iPad

Begin forwarded message:

From: "Ridho K. Wattimena" <rkw <at> mining.itb.ac.id>
Date: 8 Oktober 2013 00.14.56 GMT+9
To: "dosen <at> itb.ac.id" <dosen <at> itb.ac.id>, "dosen <at> fttm.itb.ac.id" <dosen <at> fttm.itb.ac.id>
Subject: [Dosen ITB] Mahasiswa TG 2011 Jadi Korban Geng Motor
Reply-To: List tertutup Dosen ITB <dosen <at> itb.ac.id>

Ibu dan Bapa k,
Membagi berita sedih ke Ibu dan Bapak, seorang mahasiswa kita, Timmy Napitupulu (TG11) kemarin malam telah menjadi korban kebrutalan geng motor di sekitar TMP Cikutra. Ybs dikeroyok sampai terluka parah dan motornya dirampas. Saat ini ybs sedang dirawat di salah satu RS di Jakarta.

Salam sedih,
-RKW-

Sent from my iPad
_______________________________________________
Dosen mailing list
Dosen <at> itb.ac.id
https://lists.itb.ac.id/mailman/listinfo/dosen


__._,_.___

http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]



Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___
mang kabayan | 9 Oct 08:12 2013
Picon

Mempertanyakan Kesundaanku?



Tah geuning ngagugling kapanggih aya oge anu sarua jeung Mamang hayang ngalestarikeun situs-2 cagar budaya titinggal karuhun… kaasup ieu Kang Ruddaby nulis di wordpress… aya anu wawuh sugan? Manehna bahasa Sundana teu lancar ceunah tapi peduli ka Susundaan geuning :).


Ada satu kejadian yang berhubungan dengan komunitas kesundaan yaitu masalah Situs Jatigede dimana di lokasi situs-situs tersebut akan dibangun Bendungan Jatigede (silahkan KLIK DISINI ). Saya merasa sedih dan menolak bahkan mengutuk apabila pemerintah terus melanjutkan programnya tersebut. Karena apa? Kalau benar dibangun bendungan di areal tersebut maka orang Sunda dan keturunannya terutama Sumedang Larang sebagai cikal bakal Galeuh Pakuan (dari Eyang Wali Aji Putihnya) akan kehilangan asal usulnya dan bukti sejarah yang menyatakan di situs-situs itulah para karuhun atau nenek moyang Sunda pernah mendirikan kerajaan Sunda Buhun (asal usul) sebelum adanya kerajaan-kerajaan yang pernah ada di tataran Sunda. Ironis sekali sementara negeri-negeri Barat terus mencari asal-usulnya dan melestarikan peninggalan nenek moyangnya malah bangsa Indonesia melenyapkan satu per satu peninggalan sejarah nenek moyangnya.

https://ruddabby.wordpress.com/2010/08/29/mempertanyakan-kesundaanku/

anpa terasa sudah hampir 12 tahun, saya bersinggungan langsung dengan segala hal yang berhubungan dengan kata “SUNDA”. Kata-kata seperti Prabu Siliwangi, Galeuh Pakuan, Pajajaran, Maung, Cepot sampai pada kalimat Si Mbah Dalem Lancingan sekalipun hehehehehe. Memang sungguh aneh dan sering menimbulkan tandsa tanya kenapa saya sampai cebur ke dalam hal-hal kesundaan. tapi sudahlah memang ini sudah menjadi jalan hidup saya di dunia. Sebelum saya menguraikan lebih lanjut mengenai judul diatas. Saya akan menceritakan asal-usul keluarga saya.

Saya lahir di Jakarta, peranakan campuran 2 suku besar di tanah air ini yaitu Jawa Tengah (Bapak) dan Bengkulu (Ibu). Mungkin inilah yang membuat banyak orang termasuk keluarga besar, teman-teman dan orang yang baru kenal bertanya-tanya kenapa saya bisa tercebur kedalam kesundaan. Saya pun tidak tahu dan tidak mau tahu karena dari lubuk hati yang paling dalam saya mengalami kepuasaan batin dan menyenangi atas apa yang telah diperbuat selama ini.

12 tahun yang lalu saya berkenalan dengan seorang yang katanya orang tua/sepuh Sumedang. Awalnya saya menganggap ini hanya sebuah perkenalan biasa yang terjadi sesaat dan tidak menduga kalau saya bisa berhubungan erat dengan orang tua ini sampai 12 tahun. Banyak orang cerita tentang kesaktian beliau tapi saya selalu menganggapnya itu sebagai suatu hal yang kebetulan saja. Orang-orang yang berkata itu hanya mengalami halusinasi atau ekstasi berlebihan atas kesaktian Beliau. Saya orang yang sangat rasional dan logika berpikir selalu dikedepankan. Tapi semua itu rontok satu persatu setelah saya mengalami langsung ketika selama beberapa tahun jalan bersama lewat suatu pembuktian yang selalu saya istilah “BUKTIKAN DAN NYATAKAN”

Tanpa diduga beliau lewat laku lampahnya atau perbuatan sehari-hari menjabarkan apa yang dimaksud “Buktikan dan Nyatakan” tersebut tanpa perlu demo/atraksi/circus/sulap/ debus/pertunjukkan kesaktian. Tetapi saya diajarkan tentang pengenalan diri, lingkungan dan lain-lain dengan memanfaatkan “IQRA” seperti yang diajarkan Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. Beliau tidak pernah memberikan suatu amalan berupa ayat-ayat yang jelimet tapi cukup dengan “Al Fatihah” terutama untuk mendoakan diri sendiri dan orang tua yang telah meninggal dunia. Dari situlah dimulai pengenalan tentang kesundaan.

Pengenalan kesundaan yang dilakukan adalah dengan sering melakukan ziarah ke makam-makam karuhun orang Sunda, melakukan tawasulan (mendoakan orang tua sendiri dan para karuhun yang telah meninggal dunia) dan secara tidak langsung dan tidak disengaja akhirnya mengenal seni dan budaya Sunda seperti wayang golek, jaipongan dan lain-lain.

Saya merasa lebih mengenal tentang Sunda dibanding dengan budaya asal orang tua terutama budaya Jawa (dari Bapak) dengan segala pernak-perniknya walaupun saya sempat sekolah selama 6 tahun di Yogya. Memang saya masih bisa sedikit-sedikit bicara dalam bahasa Jawa walaupun tidak terlalu fasih bahkan sering ditertawakan oleh teman-teman kuliah dulu sampai sekarang karena bahasa jawa saya yang amburadul atau campur aduk tidak karuan mana ngongko, kromo, bahasa pergaulan tidak jelas hehehehe. Inilah yang sering orang merasa heran kok bisa-bisanya saya bisa bersinggungan dengan hal-hal yang berbau Sunda.

Terus terang saya kurang begitu paham dan fasih kalau orang-orang berdialog dalam bahasa Sunda maka itu kadang-kadang saya meminta orang asli Sunda untuk menerangkan maksud pembicaraan tersebut. Tetapi herannya setiap ada acara “Ngancik Karuhun”, saya bisa menangkap apa yang diucapkan. Tidak tahu kenapa ????

Oh ya ada satu hal yang didapat oleh saya selama ini yaitu saya bisa bertemu dengan para sepuh orang Sunda baik yang namanya Ajengan, Aki, Uyut dan lain lain seperti Uyut Jenggot, Uyut Jambrong, Uyut Papah, Uyut Papak, Uyut Gelung, Aki Syar’i, Aki Korek, Eyang Sukma Nur Rasa, Mbah Tukiman dan lain-lain. Karena merekalah saya mengerti tentang sejarah karuhun atau orang bilang tentang sejarah Galeuh Pakuan Pajajaran dan Prabu Siliwangi. Tetapi inipun membuat saya makin tidak mengerti tentang hal-hal yang berhubungan dengan karuhun dan sejarahnya atapun siloka-siloka yang sering dikeluarkan lewat kitab/serat dan lain-lain.

Banyak teman-teman atau orang yang merasa heran dan bertanya-tanya kenapa saya berani-beraninya membuat suatu komunitas yang berhubungan dengan kesundaan terutama sejarah para karuhun. Saya pun tidak tahu juga kenapa dan ini saya lakukan karena amanah yang diberikan oleh para orang tua agar saya memulai untuk membuat apapun yang berhubungan dengan karuhun lewat media apapun termasuk media elektronik atau dunia maya seperti Kompasiana ini. Dengan pikiran yang sederhana yaitu niat yang tulus untuk menjalankan amanah orang tua, saya menjalankan itu semua walaupun menaggung resiko untuk dipertanyakan apa maksud dan tujuannya apalagi dipertanyakan tentang kesundaan yang terdapat di dalam diri saya (dilihat dari asal usul keluarga).

Ada satu kejadian yang berhubungan dengan komunitas kesundaan yaitu masalah Situs Jatigede dimana di lokasi situs-situs tersebut akan dibangun Bendungan Jatigede (silahkan KLIK DISINI ). Saya merasa sedih dan menolak bahkan mengutuk apabila pemerintah terus melanjutkan programnya tersebut. Karena apa? Kalau benar dibangun bendungan di areal tersebut maka orang Sunda dan keturunannya terutama Sumedang Larang sebagai cikal bakal Galeuh Pakuan (dari Eyang Wali Aji Putihnya) akan kehilangan asal usulnya dan bukti sejarah yang menyatakan di situs-situs itulah para karuhun atau nenek moyang Sunda pernah mendirikan kerajaan Sunda Buhun (asal usul) sebelum adanya kerajaan-kerajaan yang pernah ada di tataran Sunda. Ironis sekali sementara negeri-negeri Barat terus mencari asal-usulnya dan melestarikan peninggalan nenek moyangnya malah bangsa Indonesia melenyapkan satu per satu peninggalan sejarah nenek moyangnya.

Yang lebih mengherankan adalah ketika saya membaca satu komentar di komunitas dimana seseorang yang mengaku orang Sunda dan menggunakan nama Sunda dngan entengnya mengatakan “walaupun kakek-kakek atau nenek moyang saya termasuk di dalam situs jatigede yang akan ditenggelamkan tetapi tidak masalah tuh khan mendapatkan ganti rugi dari pemerintah apalagi rencananya benda-benda atau segala sesuatu yang berhubungan dengan situs akan dipindahkan juga oleh pemerintah ke suatu daerah tertentu ” Miris hati ini setelah membaca komentar tersebut, dipikirnya mudah memindahkan itu semua dan apakah sudah begitu parahkah perhatian generasi penerus saat ini atas peninggalan para karuhun. Apakah semuanya harus dinilai dengan materi atau kebendaan seperti uang sehingga menutup mata tentang asal usul keberadaan orang Sunda sekarang dengan mengatakan itu semua adalah masa lalu ????? Jangan-jangan orang-orang tersebut berasal dari batu (bukan manusia) yang tidak mempunyai rasa dan perasaan.

Maaf !!! Itu adalah kata pertama yang saya ucapkan kepada seluruh orang Sunda atau yang merasa keturunan Sunda, apabila selama ini saya banyak cerita tentang Sunda padahal saya tidak fasih berbahasa Sunda apalagi menulis dengan menggunakan aksara Sunda. Inilah yang menyebabkan saya mempertanyakan kembali “Kesundaan” saya karena saya tahu banyak orang sunda yang lebih mumpuni tapi saya berharap jangan sampai kalian melupakan kesundaannya.

Kepulauan Sunda Besar (Wikipedia.com)

Kepulauan Sunda Kecil (Wikipedia.com)

Saya adalah orang yang tidak tahu apa-apa tentang segala hal yang berhubungan dengan Sunda apalagi kalau bicara tentang “UGA WANGSIT SILIWANGI” tetapi saya punya keyakinan dan ingin melihat/mengalami kejayaan kembali Galeuh Pakuan Pajajaran dengan memimpin negeri tercinta ini. Tahun 2014 saya pikir saat yang tepat untuk PUTERA GALEUH PAKUAN PAJAJARAN menjadi Pemimpin Nusantara sehingga bukan sekedar pemimpin Jawa (dalam hal ini suku Jawa) atau luar Jawa yang mendominasi kepemimpinan nasional tapi Putera Sunda (Galeuh Pakuan Pajajaran) juga bisa menjadi Pemimpin. JAS MERAH (Jangan Sekali-kali Meninggalkan/Melupakan Sejarah). Lihat kembali sejarah penamaan pulau-pulau di nusantara ini. Kenapa dinamakan Sunda Besar dan Sunda Kecil ? Saya berharap orang Sunda bangkit dan mencari jawaban tentang sejarah penamaan tersebut. Jangan tanya kepada saya karena saya sendiri sedang mempertanyakan “kesundaan” saya.

 

nuhuuuns,

mang asep kabayan

www.cipaku.org

 



__._,_.___

http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]



Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___
mang kabayan | 9 Oct 03:49 2013
Picon

Re: Penemu Partikel Tuhan Jadi Peraih Nobel



Manstaaaap nah bedanya spiritualis sama atheist kan sebenernya masalah pembentukan alam semesta itu karena kebetulan atau karena ada yg menciptakan hehehe.

Pertanyaannya adalah Partikel Tuhan atau sebenernya katanya seharusnya diberi nama "God Damn Particle" diperhalus jadi God Particle itu siapa yang membuatnya?
nuhuuuuns,
mang asep kabayan
www.udarider.com
From: Hirmen Hirmen <hirmens <at> yahoo.com>
Sender: alumni-ipb <at> yahoogroups.com
Date: Tue, 8 Oct 2013 18:41:09 -0700 (PDT)
To: alumni-ipb <at> yahoogroups.com<alumni-ipb <at> yahoogroups.com>
ReplyTo: alumni-ipb <at> yahoogroups.com
Subject: [alumni-ipb] Penemu Partikel Tuhan Jadi Peraih Nobel

 

Akhirnya, setelah sekian lama pejuangan Prof.Higgs mendapatkan hasilnya...

Hi

Penemu Partikel Tuhan Jadi Peraih Nobel
Selasa, 08/10/2013 - 23:17
REUTERS
STOCKHOLM, (PRLM).- Dua ilmuwan penemu partikel Tuhan, Francois Englert dari Belgia dan Peter Higgs dari Inggris, Selasa (8/10/2013) berhasil memenangkan penghargaan Nobel Fisika 2013.

Seperti dilaporkan Kantor Berita Reuters yang mengutip keterangan panitia Nobel di Stockholm, Swedia, kedua fisikawan tersebut dinilai layak mendapatkan penghargaan paling prestisius di bidang iptek itu lantaran mereka berhasil menemukan teori terpenting soal bagaimana partikel subatom memperoleh massa.

Dalam hal ini, penemuan partikel Tuhan oleh kedua ilmuwan tersebut lima puluh tahun lalu, dianggap berhasil menjawab pertanyaan soal asal usul alam semesta. Meski partikel Tuhan itu ditemukan pada tahun 1960-an, dunia baru mengakui itu pada 4 Juli 2012 itu.

Sejak itu pula partikel temuan Higgs itu dinilai sebagai penemuan revolusioner karena telah menjadi tonggak sejarah perkembangan fisika partikel dan juga bisa menjelaskan soal bagaimana alam semesta ini tercipta.

Meski di banyak negara,termasuk Amerika, penelitian soal alam semesta sering dicibir karena mengindikasikan kalau Tuhan sama sekali tak berperan dalam proses penciptaan. Sementara bagi orang yang beragama, mereka meyakini alam semesta itu ciptaan Tuhan.

Penemuan Higgs dan Englert justru menafikkan keberadaan Tuhan karena penemuan mereka menjelaskan asal usul massa. Tanpa adanya partikel Higgs, maka tak akan ada massa. Dalam artian, tak akan ada air, hewan, tumbuhan, manusia, dan objek lainnya.

Sebenarnya Higgs berhasil menemukan teori yang menjelaskan asal usul massa itu setengah abad lalu, tetapi itu tak langsung diakui. Baru diakui pada 4 Juli 2012 lalu ketika para ilmuwan di pusat riset nuklir di Jenewa (CERN), berhasil membuktikan kebenaran teori Higgs itu.

Saat itu, para ilmuwan CERN berhasil menemukan partikel Tuhan di laboratorium mereka di Large Hadron Collider (LHC). LHC sendiri merupakan suatu bangunan pemercepat partikel terbesar sedunia dengan panj ang 27 kilometer yang terkubur di bawah tanah di perbatasan Prancis dan Swiss.

Biaya yang dikeluarkan untuk membangun LHC mencapai 10 miliar dolar AS. Meski ilmuwan CERN tak menemukan hal yang baru, hasil penelitian mereka dianggap penting karena telah memvalidasi temuan Higgs setengah abad lalu. Oleh karena itu, nama partikel itu pun kini disebut Higgs boson, tetapi lebih tenar disebut sebagai partikel Tuhan.

Setelah CERN memvalidasi temuan Higgs pada 4 Juli 2012 itulah, dunia akhirnya mengakui temuan Higgs 50 tahun lalu itu. Bahkan, sejak itu pula fisikawan asal Inggris itu digadang-gadang akan mendapatkan hadiah Nobel. Oleh karena itu, pengumuman otoritas Nobel di Swedia soal pemenang Nobel Fisika, sebenarnya tak terlalu mengejutkan. (A-133/A-88)** *


__._,_.___

http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]



Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___
mang kabayan | 8 Oct 14:44 2013
Picon

Mitos Aji Saka dan Aji Putih? [1 Attachment]

<*>[Attachment(s) from mang kabayan included below]

Dear All,
Mamang tertarik dengan tulisan Pak Yohan EL ITB yang membahas mengenai Aji Saka di Kerajaan Medang Kamulan
dan ternyata ada kemiripan dengan Aji Putih di Su-Medang :). Istrinya Aji Putih Itu Ratna Inten Nawang
Wulan ;). Kasumedangan ~ Kelapangan hati ~ Suwung ~ Infinity ;). 1/ 0 = ~.  

Sumber: http://en.m.wikipedia.org/wiki/Aji_Saka

Dalam Naskah Sewaka Darma disebutkan leluhur itu para dewata (batara/ raja yg sudah wafat) di Gunung
Kendan Medang Menir? Menurut Carita Parahyangan itu merupakan tempat. Jadi penulis Naskah Sewaka Darma
menganggap leluhurnya berasal dari Kendan Medang Menir? Sumedang kah? Disebut juga tempat tinggal para
leluhur di Timur Batara Isora tujuan yang lulus tapa. Tempat bertapa? Apakah itu Mandala Di Timur Situs
Aji Putih Lemah Sagandu?  

Aji Saka ada legenda buaya putih sebagai penjahat penjelmaan Dewata Cengkar yang punya sifat jahat.  

Aji Putih ada legenda buaya putih sebagai penjahat penjelmaan Sangkuriang (anak durhaka/ sifat jahat).

Aji Saka ada legenda ular yang menjadi "anak" yg ditugaskan melawan keburukan buaya putih.

Aji Putih ada Keuyeup Bodas (Kepiting Putih) yang ditugaskan untuk melawan kesewenang-wenangan buaya
putih yang ingin membangun telaga meneruskan jejak Sangkuriang ketika membangun danau Bandung?

Tahukah menurut Kalender Saka Sunda yg merupakan kalender tertua di jagat raya ini, tahun ini adalah Tahun
Keuyeup xixixi. 

Dan ternyata yang dimaksud Keuyeup adalah Rasi Bintang Kepiting/ Cancer yang punya sifat tekun, ulet,
gigih, dan pantang menyerah xixixi Mamang kebetulan Cancer Boy euy :). Jadi Jatigede dibuat Kepres
pembebasan tanah pertama pada tahun 1978 yg dibuat Suharto dan pada tahun yang sama pula 1978 Mamang lahir
hehehe. Sekarang si Keuyeup ini berjuang seorang diri melawan Buaya Putih yang hendak menenggelamkan
Situs Lemah Sagandu peninggalan Aji Putih/ Aji Saka? 

Dibawah ini hasil searching di google ada link ajaran Kejawen: www.ajisaka.org :). Ada juga ternyata
hehehe. http://ajisaka.org/data.php?fn_id=7

Ternyata isinya mirip dengan Ajaran Aji Putih Kasepuhan Cipaku dan juga Sewaka Darma hehehe tentang
Ketuhanan Yang Maha Esa dan tentang Suwung/ Uwung-uwung/ Infinity/ Kosong juga ada dibahas disana
hehehe. 

Kelihatannya Memang betul pendapat para Kasepuhan Cipaku bahwa semua ajaran itu asalnya dari Cipaku hehehe.

Mamang jadi berfikir "positip" kenapa ya tahun 1963 ujug-2 pemerintah punya ide menenggelamkan Lemah
Sagandu Simbol Monotheismeu Nusantara Purba? Tahun 1963 itu jaman Komunismeu/ Atheismeu bukan ya?
Apakah penenggelaman Situs-2 Monotheismeu itu ada kaitannya? Montoheismeu Vs Atheismeu? 

Wallohualam yang jelas gara-2 Sukarno punya Ide menenggelamkan Lemah Sagandu 1965 dia diturunkan secara
paksa :((. 

nuhuuuuns,
mang asep kabayan
www.udarider.com

<*>Attachment(s) from mang kabayan:

<*> 1 of 1 Photo(s)
http://groups.yahoo.com/group/Baraya_Sunda/attachments/folder/1094501410/item/list 
  <*> IMG-20131008-13090.jpg

------------------------------------

http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/

[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
    http://groups.yahoo.com/group/Baraya_Sunda/

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
    http://groups.yahoo.com/group/Baraya_Sunda/join
    (Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
    Baraya_Sunda-digest <at> yahoogroups.com 
    Baraya_Sunda-fullfeatured <at> yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
    Baraya_Sunda-unsubscribe <at> yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
    http://info.yahoo.com/legal/us/yahoo/utos/terms/

mang kabayan | 7 Oct 21:04 2013
Picon

Pelajar Siram Air Keras :( [3 Attachments]

<*>[Attachment(s) from mang kabayan included below]

Prens sadayana yang dimuliakan Alloh SWT :). 

Lainnya euy mani geus rupa rupi weh kalakuan barudak :(. Baca di berita terlampir... Makin mejuuus aja
kondisi Pelajar bawa air keras ujug-2 nyiram di Bus Kota? Sebelumnya pelajar 13 tahun ngebut sampai bikin
benjut orang lain :(.

Ada yang salah sama pendidikan bangsa ini :(.

Anak Mamang hari ini yg di SD UTS pesen Mamang cuman satu jangan nyontek biar pun jeblok biarin ajah xixixi.
Anak Mamang yg kelas 6 SD udah minta diajarin naek motor karena ngelihat tetangganya anak-2 udah bisa bawa
motor, waduuuh kata Mamang teh kamu pipis aja belom lurus nanti dulu pake sepedah aja deh wkkk.

Nah anak Mamang temen-2nya lagi pada sutres-2nyah ngatur strategi untuk bisa masuk sekolah kaporit dari
mulai nyari bimbel yg super mahal sampai bisik-2 urusan "mahar" untuk SMP kaporit yg mahal :(. Busreeeeng
kata Mamang teh... Naha pendidikan teh jadi kieu patut nya? Kata Mamang teh ke Ibu Negara, Mamiiiih anak
kita mah biar pun mejuuus ngak usah bimbel dan ngak usah pake "mahar-maharan" ngak usah ikut-2an kaya yang
lain lah jangan biarkan kita ikut-2an tidak eucreug. Biarin ngak masuk sekolah kaporit juga yang penting
masuknya lempeng ngak pake bimbel n' ngak pake "mahar-2an" :). Dulu Mamang yg orang kampung bau lisung
pituin Cipaku Sumedang Mandala Putih di Timur bisa masuk SMAN 3 Bandung sekolah paling paporit di
Indonesia ngak ada mahar-2an, biaya sekolah juga SPP cuman Rp. 6000 sebu
 lan. Sekarang katanya jaman sudah maju kok jadi begini? Maju ato Mundur kalo begini cara nya mah? 

Mamang lagi baca buku Sewaka Darma yang merupakan Naskah Kabuyutan Ciburuy Garut diterjemahkan oleh Prof
Dr. Undang A. Darsa UNPAD murid Prof Edi S. Ekadjati isinya tentang nasehat uyut/ leluhur kepada si utun
inji / incu/ cucu/ buyung tentang bagaimana mengabdi kepada hukum/ norma/ nilai-2 kehidupan, bagaimana
menjaga paca indra, bagaimana menjaga tubuh, dan bagaimana menghindarkan perbuatan tercela, juga
jalan keutamaan hidup menuju kematian yang sempurna / mokhsa/ sawarga/ surga tea :). Bentuknya ternyata
berupa kawih/ nyanyian panyaraman :). 

Ini contohnya:
Ini Kawih Panyaraman, pikawiheun ubar keueung, ngaranna pangwereg darma, ngawangun rasa sorangan.
Nihan pititur rahayu, awakaneun sang sisyia, nu huning Sewaka Darma.
Utun naking sumanger!
Kita Sang Sewaka Darma, mulah mo iyatna-yatna rengeu sabda sang pandita, ingetkeun hayua lali, teher
ngeunah-ngeunah rasa. 
Urang nadahkeun talinga, ingetkeun na dasa sila, iseuskeun na panycasaksi, iyu ningkahkeun raga,
mamolahkeun sarira, ngalengkahkeun suku tangan.
Suku milang awak urang, lamun na salah upana, eta matak urang papa.
Leungeun lamun na salah cokot, eta matak urang papa.
Ceuli lamun salah denge eta matak urang papa.
Mata lamun salah jeueung eta matak urang papa.
Irung lamun salah ambeu, eta matak urang papa.
Sungut lamun salah hakan salah inum manguni salahna sabda, lamun na sabda tan tuhu, lamun lain sabda jati.
Lamun hamo rahayu, lamun month tiis babwana, eta nu disangsalahkeun nu mangka papa kalesa, sanyarahna na
angen-angen. 
Samilang pangeusi raga, nu dipiawak sarira, eta nu malut ngalalut, eta nu ngindit ngarapig nu maannan kana kawah.
(To be continued)

Artinya:
Inilah kawin panyaraman untuk disenandungkan sebagai obat rasa takut, artinya peneguh Darma, guna
membentuk keyakinan diri. Inilah petuah kebajikan untuk diamalkan seorang siswa, yang paham Sewaka
Darma (Pengabdian Terhadap Hukum). Buyung anakku tetap lah setia! 
Engkau adalah pengabdi hukum, jangan sampai tak waspada, mendengarkan sabda Pandita (Kaum Cendikia)
ingat-ingat jangan sampai lupa, lalu simak dalam perasaan terdalam, mari kita pasang telinga, ingatlah
tentang dasa sila (10 larangan: mencuri, membunuh, memfitnah, mabuk, memperkosa, iri hati,  rakus,
kasar/ pemarah, malas, & ambisius) cam kan dalam pancasaksi (panca indra). Selain mempertunjukan
tubuh, menampilkan diri sendiri, menggerakan kaki dan tangan.
Kaki ialah bagian badan kita, jika salah dalam langkah itu akan menyebabkan kita sengsara. 
Tangan apabila salah ambil itu akan membuat kita sengsara. 
Telinga kalau salah dengar akan membuat kita sengsara. 
Mata kalau salah lihat akan membuat kita sengsara.
Hidung kalau salah cium akan membuat kita sengsara.
Mulut bila salah makan salah minum, apalagi salah ucapan, jika dalam berucap tidak jujur, jika bukan
ucapan sebenarnya, kalau lah takkan menjadikan baik, jika tidak menyejukan suasana, ucap itulah yang
mesti dipersalahkan, yang mengakibatkan kesengsaraan dan noda, bersarang dalam angan-angan.
Seluruh anggota tubuh yang membentuk diri kita, itulah penyebab kita terjerat, itulah yang menyeret
dengan paksa, yang menjerumuskan ke dalam neraka.

Nah itu anak-2 pelajar yang tega menyiram air keras ke bus itu bagaimana caranya mentalnya bisa sedemikian
rupa? Pendidikannya bagaimana baik sekolah maupun orang tua? Kemana Ethos Pribadi yang Nyunda/ Bersih ~
Cageur, Bageur, Bener, Singer, n' Pinter teh? Kok jadi pribadi-2 yang merusak, menyakiti orang lain,
dlsb.  

Inalillahi wa ina ilaihi rojiun :(.

nuhuuuuns,
mang asep kabayan
www.udarider.com

<*>Attachment(s) from mang kabayan:

<*> 3 of 3 Photo(s)
http://groups.yahoo.com/group/Baraya_Sunda/attachments/folder/192187920/item/list 
  <*> IMG-20131007-13075.jpg
  <*> IMG-20131006-13058.jpg
  <*> IMG-20131006-13054.jpg

------------------------------------

http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/

[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
    http://groups.yahoo.com/group/Baraya_Sunda/

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
    http://groups.yahoo.com/group/Baraya_Sunda/join
    (Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
    Baraya_Sunda-digest <at> yahoogroups.com 
    Baraya_Sunda-fullfeatured <at> yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
    Baraya_Sunda-unsubscribe <at> yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
    http://info.yahoo.com/legal/us/yahoo/utos/terms/

mang kabayan | 6 Oct 02:18 2013
Picon

Alhamdulillah Jatigede.org & Cipaku.org di Hack euy :)

Alhamdulillah beuki tarik beuki deukeut euy ;).

Website Jatigede.org dan Cipaku.org yang merepresentasikan perjuangan menyelamatkan Kabuyutan di
Indonesia di Hack oleh para pemerhatinya dan tentunya pihak-2 yg merasa terganggu dengan keberadaannya.

Tadinya Mamang berfikir tidak ada yang membaca website tersebut tapi dengan adanya yang nge-hack artinya
website tersebut dibaca dan diperhatikan orang :). Alhamdulillah tidak sia-2 membuat website tersebut hehehe.

PR selanjutnya bagaimana merecover web yang di hack? Apakah harus dibuat ulang dari nol? Ngeureuyeuh.com
xixixi. 

Memang berat perjuangan Keuyeup Bodas Vs Buaya Putih ini :). Apalah artinya Keuyeup bodas yang kecil n'
imut-2 ini dibandingkan Buaya Putih yang gagah perkasa, buas, dan punya tenaga yang kuat tapi Keuyeup
Bodas masih punya "Faith" keimanan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, Yang Maha Menentukan, dan Maha Murbeng
Alam. Tentunya Tuhan YMK tidak menciptakan Keuyeup Bodas ini dengan sia-sia hehehe.

nuhuuuuns,
mang asep kabayan
www.cipaku.org

------------------------------------

http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/

[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
    http://groups.yahoo.com/group/Baraya_Sunda/

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
    http://groups.yahoo.com/group/Baraya_Sunda/join
    (Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
    Baraya_Sunda-digest <at> yahoogroups.com 
    Baraya_Sunda-fullfeatured <at> yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
    Baraya_Sunda-unsubscribe <at> yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
    http://info.yahoo.com/legal/us/yahoo/utos/terms/

mang kabayan | 6 Oct 01:31 2013
Picon

Re: Xi Jinping di DPR RI



Yupp Bang Hi dan Bang Ian,
Induk/ asal peradaban China pun sebenernya berasal dari Indonesia :(. Sayangnya kita belum seperti China untuk mengembalikan fitrah kita sebagai bangsa yang berdaulat dan merdeka.

Sepakat seperti yang disampaikan Bang Ian, jangan sampai kita menjadi bawahan China dan justru bersekongkol dengan bangsa yang tidak menghargai Etika dan mengeksploitasi SDA dan Lingkungan Hidup tanpa memperhatikan Prinsip-2 Sustainable Development (Sosial, Budaya, Lingkungan, Spiritual, Ekonomi, dll).

Contoh kasusnya adalah Jatigede, Waktu Project tsb didanai oleh World Bank karena World Bank memegang tinggi Etika mereka menghentikan project karena tahu disana ada banyak cagar budaya n' spiritual, hutan lindung yang dikeramatkan, dlsb. Ketika China yang memberikan Pinjaman dan Juga Kontraktornya dari China yaitu Shinohydro, China tutup mata dan jalan terus tanpa mengindahkan Etika Pembangunan.

Jadi kalau Mamang memperhatikan rakyat Indonesia hanya jadi bangsa Kuli saja dari berbagai bangsa yang datang ke Indonesia dari mulai Belanda, Jepang, Amrik, Korea, Thailand, China, Malaysia dan Vietnam.

Kita memang telah terhina tidak bisa menjaga Kabuyutan/ Lemah Sagandu/ Lemah Cai/ Tanah Air Nusantara tercinta ini secara keseluruhan. Amanah Galunggung mengatakan "barang siapa pemimpin yang tidak bisa menjaga kabuyutan maka akan lebih hina dari kulit lasung/ musang yang dibuang ketempat sampah". Itulah konsekuensi Bangsa yang tidak bisa menjaga Kabuyutan/ Tanah Air Tercinta dan segala isi yang ada di dalam nya. Hasil akhirnya tanah ku sewa dan air pun ku beli, makanan dan energi ku beli dari orang. Rakyat menjadi kuli yang mengemis-ngemis minta UMR dinaikan dengan cara demonstrasi yg juga sangat hina :((.

Tanah-2 nusantara dikavling-kavling dan dimiliki oleh perusahaan-2 asing. Tidaklah jauh berbeda dengan jaman VOC tetap menjadi buruh tanam paksa. Ya mereka jadi buruh karena terpaksa untuk bertahan hidup. Lalu demonstrasi dgn cara-2 yang juga merendahkan etika mengemis setengah mengancam untuk menaikan UMR. Betapa Hina-nya Bangsa ini. Semua harga-harga naik yang turun hanyalah harga diri. Bahkan simbol-2 Ketuhanan Yang Maha Esa Al Qur'an dan Situs Cagar Budaya & Spiritual pun dijual belikan demi memuaskan nafsu para penguasa yg hanyut oleh Budaya Korupsi yang semakin merajalela :(.

Inalillahi wa ina ilaihi rojiun :(.

Semoga KPK diberikan kekuatan dan konsistensi untuk menjaga amanah dalam menegakan Etika, Moral, n' Spiritual Bangsa, mengembalikan kembali ke Fitrahnya dulu sebagai bangsa yang berdaulat dan lestari.
nuhuuuuns,
mang asep kabayan
www.cipaku.org
From: "Hirmen Syofyanto" <hirmens <at> yahoo.com>
Sender: alumni-ipb <at> yahoogroups.com
Date: Sat, 5 Oct 2013 21:51:33 +0000
To: alumni-ipb <at> yahoogroups.com<alumni-ipb <at> yahoogroups.com>
ReplyTo: alumni-ipb <at> yahoogroups.com
Subject: Re: [alumni-ipb] Xi Jinping di DPR RI

 

China sangat serius utk mengembalikan supremasinya sebagai induk peradaban dunia dan mengembalikan kutub kekuatan kepada pemilik sesungguhnya. Dan banyak yang terkagum2 serta mengikutinya ketimbang merebutnya

Hi
From: rahwana raja <rusdianlubis <at> gmail.com>
Sender: alumni-ipb <at> yahoogroups.com
Date: Sat, 5 Oct 2013 14:40:43 +0800
To: alumni-ipb <at> yahoogroups.com<alumni-ipb <at> yahoogroups.com>
ReplyTo: alumni-ipb <at> yahoogroups.com
Subject: Re: [alumni-ipb] Xi Jinping di DPR RI

 

PRC makin serius untuk menguasai hegemoni politik dunia. Sah-sah saja, tapi dari ekploitasi SDA/LH mereka belum mencapai "best practice". Saya lihat di Afrika, Central Asia dll untuk pertambangan. NKRI harus tetap menganggap mereka sebagai "mitreka satata (equal partner)' dan tetap menjaga kedaulatan.
R

On Saturday, October 5, 2013, Hirmen Syofyanto <hirmens <at> yahoo.com> wrote:
> Belum pernah terjadi presiden negara asing berpidato di gedung dan di depan DPR
> Bukan maen.....
>
> Hi
>
>
> Komunitas Internasional Apresiasi Tinggi Pidato Xi Jinping di DPR RI
>   2013-10-04 10:27:55  CRI
> Presiden Tiongkok Xi Jinping menyampaikan pidato di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Indonesia kemarin. Xi Jinping memaparkan kebijakan persahabatan dan tetangga rukun Tiongkok dengan Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya. Negarawan, sarjana dan media asing menyatakan apresiasi tinggi terhadap pidato Xi Jinping di DPR dan kunjungan kenegaraannya di Indonesia. Mereka berpendapat bahwa peningkatan kerja sama Tiongkok dengan Indonesia dan ASEAN memiliki arti signifikan. Mereka mengatakan kebijakan luar negeri yang damai serta politik keterbukaan yang saling menguntungkan yang dilaksanakan Tiongkok akan membantu pemeliharaan perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia, serta mendorong perkembangan bersama semua negara di kawasan ini.
>
> Xi Jinping dalam pidatonya mengusulkan peningkatan hubungan kemitraan strategis komprehensif Tiongkok dan Indonesia, dan membina hubungan Tiongkok-ASEAN yang lebih erat dan senasib sepenanggungan. Ketua DPR Indonesia Marzuki Alie mengatakan, pidato Xi Jinping sangat menginspirasikan. Persahabatan antara Tiongkok dan Indonesia sudah terjalin sejak beberapa abad yang lalu dan tidak bisa dipisahkan. Marzuki menyatakan yakin bahwa hubungan Tiongkok dan Indonesia pada masa depan akan semakin menyejahterakan rakyat kedua negara.
>
> Kunjungan Presiden Tiongkok Xi Jinping ke Asia Tenggara kali ini mengundang perhatian luas media negara-negara di kawasan ini, khususnya Indonesia. Xi Jinping memilih Indonesia sebagai negara pertama yang dikunjunginya dalam lawatan ke Asia Tenggara kali ini. Harian The Jakrta Post mengatakan ini mencerminkan bahwa Tiongkok menghargai tinggi hubungannya dengan Indonesia. Harian itu mengatakan peningkatan kerja sama Tiongkok dan Indonesia akan membantu kedua negara dalam mempererat hubungan bilateral.
> Hi
>
> ------------------------------------
>
> Memperkuat Silaturahmi dan Informasi Alumni IPB
>
> Mencari dan Memberi yang Terbaik
>
>
> To unsubscribe from this group, send an email to:
>     alumni-ipb-unsubscribe <at> yahoogroups.comYahoo! Groups Links
>
> <*> To visit your group on the web, go to:
>     http://groups.yahoo.com/group/alumni-ipb/
>
> <*> Your email settings:
>     Individual Email | Traditional
>
> <*> To change settings online go to:
>     http://groups.yahoo.com/group/alumni-ipb/join
>     (Yahoo! ID required)
>
> <*> To change settings via email:
>     alumni-ipb-digest <at> yahoogroups.com
>     alumni-ipb-fullfeatured <at> yahoogroups.com
>
> <*> To unsubscribe from this group, send an email to:
>     alumni-ipb-unsubscribe <at> yahoogroups.com
>
> <*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
>     http://info.yahoo.com/legal/us/yahoo/utos/terms/
>
>



__._,_.___

http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]



Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___
mang kabayan | 3 Oct 09:17 2013
Picon

PFD - Plastic Free Day! - RE: European Bioplastics: Ban or tax oil-based plastic shopping bags - PRESS RELEASE



Hatuuuur nuhuuuuns Abah,

Nah itu dia salah sahiji permasalahan teh sampah plastic anu ampuuuuuun deuuuuh susah pisan ngancurinnya dan membuangnya, kalau sampah dari tumbuhan mah seperti dedaunan, dlsb enak dibikin kompos begitu masuk ke sungai pun paling hancur da organic… nah ini sampah-2 plastik kalau masuk ke sungai teh udah dijaman bikin mampet ajah. Sudah gitu kalau dikubur pun lamaaa banget terurainya :(.

 

Oleh karenanya Mamang setuju pisan untuk mulai mengurangi penggunaan plastic ini , mudah-2an Mang Emil dan Mang Bima Arya bisa membuat pilot project PLASTIC FREE DAY… kalau Car Free Day mah sudah biasa naaaah ini mah di Bandung atau di Bogor misalnya PLASTIC FREE DAY jadi dihimbau kepada para pemilik toko , warung, super market, dlsb… hari-hari tertentu tidak menggunakan plastic. Mamang juga sekarang kalau ke pasar mulai membawa tas dulu mah sok beli plastic ka anak-2 yang jualan tapi sekarang mah mulai dikurangi dan disatu-2in ke dalam tas.

 

Mudah-2an pemerintah cukup concern karena terbayang tah kalau si plastic itu menyumbat pori-2 tanah, saluran air, dlsb bakal bikin riweuuuh ajah… bisa banjir ato justru susah air.

 

nuhuuuns,

mang asep kabayan

www.cipaku.org

 

From: kabuyutan <at> yahoogroups.com [mailto:kabuyutan <at> yahoogroups.com] On Behalf Of tata_tasye
Sent: Thursday, October 03, 2013 10:35 AM
To: kabuyutan <at> yahoogroups.com
Subject: [kabuyutan] Fwd: [Packaging-Forum] Fw: European Bioplastics: Ban or tax oil-based plastic shopping bags - PRESS RELEASE

 

 

 

Mang Kabayan,

Sim kuring janten kaemutan waktos Mang Kabayan nyarioskeun Gunung Tampomas janten tempat pamiceunan runtah nu pinuh ku kantong plastik, nu tangtosna janten polutan margi meryogikeun waktos ratusan taun memeh ancur janten taneuh.

Di nagara-nagara maju , kantong plastik nu dianggo balanja tos pada teu kenging diangge, malihan ka produsen kantong plastik, bahan mentah plastik/OPP/PET/Residu minyak bumi tos dikedahkeun mayar pajeg nu luhur pisan.

Sok atuh urang geuing pamarentah urang, sina ngawitan ngabatesan kana kantong plastik nu ngareksak lingkungan.

Salam baktos ka sadayana,

Abah Tata

 

 

 

Sent from Samsung tablet




-------- Original message --------
Subject:[Packaging-Forum] Fw: European Bioplastics: Ban or tax oil-based plastic shopping bags - PRESS RELEASE [1 Attachment]
From:seminar <at> packindo.org
To:Packaging-Forum <at> yahoogroups.com
Cc:


 

PRESS RELEASE

EUROPEAN BIOPLASTICS: BAN OR TAX OIL-BASED PLASTIC SHOPPING BAGS
BIOPLASTICS ASSOCIATION PUBLISHES POSITION PAPER ON SHOPPING BAGS

Berlin, 01 October 2013. European Bioplastics publishes its latest position
paper on shopping bags, ahead of the forthcoming European Commission
proposal on single use plastic bags announced today by Commissioner Janez
Potočnik. The association recognises that an overall reduction in the
consumption of plastic shopping bags will play an important role in
increasing resource efficiency and moving Europe towards a more sustainable
economy.

Therefore, European Bioplastics supports posing a levy or taxation on
oil-based plastic shopping bags, or even a banning of bags under the
following condition:

Shopping bags containing at least 50 percent biobased content should
generally be exempted from the ban or tax.

In countries where organic waste is recovered and organically recycled,
compostable shopping bags compliant to EN 13432 containing at least 50
percent biobased content should be exempted from the ban or tax.

“Bioplastic bags will become a symbol of a resource efficient and circular
economy”, says François de Bie, Chairman of European Bioplastics.

Plastic shopping bags with a high biobased content ensure a considerably
lower carbon footprint than oil-based bags and help to reduce CO2 emissions.
Compostable plastic shopping bags offer a secondary use as biowaste bags.
They help to increase the amount of biowaste collected and improve the
quality of compost in countries where organic waste collection is in place.

European Bioplastics’ position paper on shopping bags is available at:
http://en.european-bioplastics.org/EuBP_PositionPaper_Plastic_shopping_bags.pdf

European Bioplastics is the European association representing the interests
of the industry along the complete bioplastics‘ value chain. Its members
produce, refine and distribute bioplastics i.e. plastics that are either
biobased, biodegradable, or both. More information is available at
www.european-bioplastics.org

Press contact:
Kristy-Barbara Lange, Head of Communications, European Bioplastics,
Marienstr. 19/20, 10117 Berlin, Tel: +49 (0) 30 28482 356, Fax: +49 (0)30
284 82 359, press <at> european-bioplastics.org

LINK Press release:
http://en.european-bioplastics.org/wp-content/uploads/2013/10/EuBP_position_shopping_bags_131001.pdf



__._,_.___


http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]



Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___
mang kabayan | 2 Oct 03:26 2013
Picon

300 Masalah Harus Dipecahkan Mang Emil :) [1 Attachment]

<*>[Attachment(s) from mang kabayan included below]

Bravo euy gebrakan Mang Emil majuuuu terus mudah-2an bisa bener-2 membawa kemajuan untuk Bandung nu
heurin ku tangtung :).

DesignAction.bdg :). Workshop Internasional Design Action Bandung 2013 di Lapangan Adu Domba Babakan
Siliwangi, Bandung :).

Menurut Mang Emil, "saya hitung ada 300 masalah di Kota Bandung, 60% warganya adalah anak muda
berpendidikan. Jadi bagaimana caranya kelompok istimewa ini menyalurkan energi positifnya untuk kota
Bandung" :).

nuhuuuuns,
mang asep kabayan
www.cipaku.org

<*>Attachment(s) from mang kabayan:

<*> 1 of 1 Photo(s)
http://groups.yahoo.com/group/Baraya_Sunda/attachments/folder/1706247989/item/list 
  <*> IMG-20131002-13027.jpg

------------------------------------

http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/

[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
    http://groups.yahoo.com/group/Baraya_Sunda/

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
    http://groups.yahoo.com/group/Baraya_Sunda/join
    (Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
    Baraya_Sunda-digest <at> yahoogroups.com 
    Baraya_Sunda-fullfeatured <at> yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
    Baraya_Sunda-unsubscribe <at> yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
    http://info.yahoo.com/legal/us/yahoo/utos/terms/

mang kabayan | 2 Oct 02:02 2013
Picon

RE: Tanya istilah

Singkaaaap apa yah xixixi... Gemah Ripah Repeh Rapih? Kacai Jadi Saleuwi
Kadarat Jadi Salogak? Pondok Nyogok Panjang Nyugak Pondok Jadi Orok Panjang
Jadi Budak hahahaha. 

Kalau Kearifan Local Ala Kasundaan mah yang menjadi Soul Sustainable
Development :
Gunung Kaian : Gunung Tanami Kayu
Gawir Awian: Tebing Tanami Bambu
Cinyusu Rumateun: Mata Air Harus Dirawat
Sempalan Kebonan: Sempalan Dibuat Kebun
Pasir Talunan : Bukit Talunan
Datar Sawahan: Datar Buat Sawah
Lebak Caian: Selokan Airi
Legok Balongan: Cekungan Buat Balong
Situ Pulasareun: Embung Harus Dirawat
Lembur Uruseun: Kampung Harus Diurus
Walungan Rawateun: Sungai Harus Dirawat
Basisir Jagaeun: Pantai Harus Dijaga

Amanat Buyut :
Buyut nu dititipkeun ka Puun Nagara Satelung Puluh Telu (33 Nusa), Bangawan
Sawidak Lima (65 Sungai),Pancer Salawe Nagara (25 Nagara). Gunung teu
meunang dilebur, Lebak teu meunang dirusak , Larangan teu meunang dirempak ,
Buyut teu meunang dirubah , Lojor teu menang dipotong, Pondok teu meunang
disambung, Nu lain kudu dilainkeun , Nu ulah kudu diulahkeun, Nu enya kudu
dienyakeun.

Nah Mamang CC ka milis Kasundaan susuganan ada yang apaleun :).

nuhuuuns,
mang asep kabayan
www.cipaku.org

-----Original Message-----
From: ~alof [mailto:alofxx <at> gmail.com] 
Sent: Tuesday, October 01, 2013 11:21 PM
To: mang kabayan
Subject: Tanya istilah

Mang Kabayan yth.,

Punten. Saya mau minta tolong nih, adakah istilah dalam bahasa Sunda yang
menggambarkan: hijau, indah, asri, damai, adem, subur, sejuk, dan
sejenisnya? Almost heaven lah :-)

Atau ungkapan/seruan yang menggambarkan kekaguman atas keindahan alam serta
ajakan untuk merawatnya?

Haturnuhun, Mang.

Tabik,
~alof
*entregado por BlackberryR

------------------------------------

http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/

[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
    http://groups.yahoo.com/group/Baraya_Sunda/

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
    http://groups.yahoo.com/group/Baraya_Sunda/join
    (Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
    Baraya_Sunda-digest <at> yahoogroups.com 
    Baraya_Sunda-fullfeatured <at> yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
    Baraya_Sunda-unsubscribe <at> yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
    http://info.yahoo.com/legal/us/yahoo/utos/terms/


Gmane