Picon

Bupati Sumedang Menjadi Tersangka, Next? [1 Attachment]

[Attachment(s) from Mang Aska included below]

Amanah Galunggung, Resi Guru Darmasiksa, "Barang siapa Pemimimpin yg tidak dapat menjaga Kabuyutannya maka lebih Hina dari kulit musang yg dibuang ke tempat sampah". Amanah Sri Jayabupati, disebut Prasasti Citatih atau Sanghyang Tapak, "Mati Bagi Para Perusak Kabuyutan!". Sri Jaya Bupati sejaman dengan Airlangga di Kediri.

Gubenur Jabar Dani Setiawan menandatangani persetujuan Jatigede thn 2007, thn 2008 kalah pilgub padahal incumbent dan langsung ditangkap KPK di rumahnya. 2014 Bupati Sumedang menyetujui dan menandatangani relokasi Situs Cagar Budaya, 2014 Bupati Stroke & Meninggal di Jatigede. Tahun 2014 Hatta Rajasa kampanye di Jatigede ingin mempercepat penggenangan dan Kalah Pilpres 2014. Tahun 2014 Bupati Sumedang Pengganti menyetujui dan diam saja tida k menyelamatkan Kabuyutan yg akan digenangi Desember 2014, sudah ditetapkan jadi TERSANGKA!

Sesuai Amanah Galunggung dan Amanah Srijayabupati kalau tidak DIHINAKAN / Dimatikan Harkat derajatnya ya bener2 dimatikan! Inalillahi wa ina ilaihi rojiun, apa yg ditanam itu yg dituai! KARMA Jatigede bagi para perusak Kabuyutan. Kata kasepuhan sekarang sudah babak akhir jadi rumusnya adalah "beuki tarik beuki deukeut" semakin kencang/ keras pemerintah atau siapapun merusak Kabuyutan maka semakin keras pula balasannya!

Pun sapun kaluluhuran.... jadi next siapa lagi ya... yang tidak punya hati nurani ingin menenggelamkan Kabuyutan? Aher mungkin? Di Lemah Sagandu Kabuyutan Cipaku ada 1391Ha Hutan, 810.000 pohon, Kampung Buhun dengan Ratusan Rumah Panggung Tradisional Khas Sun da, Sawah Subur Lumbung Padi, lebih dari 25 Situs Cagar Budaya dan Spiritual yang sudah ada sejak jaman Pra Sejarah, the valley of the kings, disana di setiap situs ada Batu Tunggal, Simbol Monotheismeu Nusantara Purba, tanda ketauhidan Tuhan Yang Maha Esa, selama ini diacuhkan dan malah dilecehkan oleh orang2 yg ngakunya agamis tapi malah kelakuannya borokokok! Ketika dikasitahu bahwa disana ada Situs Cagar Budaya yang masih dijaga dan dilestarikan masyarakat komentarnya justru "Karena Itu Harus Ditenggelamkan". Pemerintah menutup mata padahal masih banyak Masyarakat yg peduli terhadap Situs Cagar Budaya itu bahkan rela mati untuk mempertahankannya!!Terlampir cuplikan beritanya di Majalah Detik dengan judul Kala Mbah Priuk Mengintai Jatigede!

http://m.detik.com/news/read/2014/09/18/121426/2693985/486/bupati-sumedang-jadi-tersangka-aher-minta-dprd-segera-pilih-wakil-bupati


__._,_.___

Attachment(s) from Mang Aska | View attachments on the web

1 of 1 Photo(s)

Posted by: Mang Aska <dkabayan <at> gmail.com>


http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]




__,_._,___
Picon

Re: Waduk Terbesar Kedua di RI Bakal Diisi Air



Manfaat bendungan pun masih dipertanyakan setelah Citarum dibendung 3 bendungan tetap saja rakyat disekitarnya masih miskin dan bahkan banyak juga belum mendapatkan aliran listrik... sementara negara lain sudah mengandalkan irigasi tetes yg lebih hemat penggunaan air ataupun padi Sri yg juga hemat air tapi pemerintah tetap memaksakan ambisinya menggenangi Jatigede, Ibarat Sangkuriang yg tergila2 ingin segera menyetubuhi Ibu Kandungnya Sendiri yg cantik jelita maka 1390Ha Hutan dengan 810.000 pohon pun akan ditebang yg seharusnya menjadi sumber pasokan air dan pengikat air yg efektif, belum lagi Kampung Buhun dengan ratusan Rumah Panggung Tradisional Khas Sunda yg sudah berumur ratusan tahun pun akan dihancurkan, begitu juga Hamparan Sawah Subur, kebun dan kolam yg seharusnya bisa menjadi lumbung padi Jawa Barat pun hilang sirna, belum lagi yang tak kalah berharga-nya lebih dari 25 Situs Cagar Budaya yg sudah ada sejak jaman Prasejarah pun ikut dirusak dan ditenggelamkan direlokasi menjadi batu2 hampa tak bernilai harganya, karena Situs melekat pada koordinat tempatnya, begitu dipindahkan ya menjadi tidak ada artinya sama sekali.

Situs2 itu ketika jaman kerajaan Sunda masih ada menurut Kang Yusuf Maulana adalah Lembah Para Raja, "The Valey of The Kings" oleh karenanya nama daerahnya pun dinamakan Darmaraja. Darisanalah cikal bakal kerajaan berdiri bermula dari Cipaku, Kampung Buhun lalu masyarakat membentuk organisasi Kampung Tritangtu sampai berevolusi ke Kerajaan2. Situs2 itu selalu dijaga dan diwariskan kepada anak cucunya sampai pada akhirnya setelah menjadi Indonesia malah dihancurkan dan akan ditenggelamkan.

Berbagai luka liku perjuangan Rakyat Kabuyutan sudah dilakukan dari mulai Demonstrasi Menolak dimana rakyat yg protest berakhir di Kodim dan Dipukuli sampai Tuli, dokumen petkembangan sejarahnya pun masih tercatat dalam sejarah.

Lebih menyakitkan lagi ketika tahu banyak sekali tokoh2 Sunda atau malu lah kalau disebut Sunda mah .... Tokoh Jawa Barat saja karena tentunya yg mengaku Urang Sunda mah tidak akan berani menenggelamkan Kabuyutannya. Tokoh2 Jawa Barat itu tidak ada kepedulian terhadap keberadaan Kampung Buhun, Hutan Rimbun, dan Situs2 Cagar Budaya Bernilai Luhur. Baik itu Bupati Sumedang, Gubernur Jabar, bahkan Tokoh2 Jabar yg duduk di DPRD maupun DPR.

Malah Mamang terharu ketika membaca sejarah perjuangan rakyat yg tertulis rapih di web-nya IAIN Cirebon dimana disitu disebutkan Seniman Sekelas Setiawan Jodi yang malah ikut berorasi utk menyelamatkan keberadaan Situs2 Kabuyutan Cipaku, begitu juga Mang Ihin/ Solihin GP, dan malah ada dukungan dari Karyawan PT DI yang ikut serta berdemonstrasi waktu itu. Luar biasa peran dunia maya informasinya lengkap sekali. begitu juga pada akhirnya rakyat dipecah belah dengan dibentrokan dibuat kubu yang Pro terhadap Jatigede sampai pada akhirnya yg Contra pun pelan2 lenyap suaranya karena alasan sederhana mereka tidak mau ribut dengan saudara sendiri, memilih mengalah dan diam. Diam bukan berarti setuju tapi ikhtiar dalam do'a segala daya dan upaya sudah dilakukan dari demonstrasi ke Gubernur, DPRD, Presiden, Menteri Lingkungan Hidup, Menteri PU, Bupati, Komnas HAM, dlsb mereka menyebutnya budak angon turun ka kota ya karena mereka para petani yg ingin menyeruarakan hati nuraninya datang ke kota namun juga tak didengar.

Alhamdulillah barangkali satu2nya yg mendengar suara mereka adalah Yang Maha Mendengar, Tuhan Semesta Alam Yang Menguasai Jagat Raya ini beberapa kali pengumuman Jatigede akan digenangi dari Setahun Yang Lalu 30September 2013, lalu dirubah Desember 2013, lalu dirubah Mei 2014, lalu diubah Juni 2014, lalu dirubah 1 September 2014... lalu .... dan laluuuu.... sementara sampai hari ini masyarakat Kabuyutan Cipaku masih tetap menanam padi di sawah, masih tetap mendiami rumah panggungnya, masih tetap menjaga Situs Cipeueut Aji Putih yg merupakan pusat dari 25 Situs Cagar Budaya Lemah Sagandu The Valey of The Kings.

Barangkali tidak salah apabila disana di Situs Cipeueut terdapat Batu Tunggal Simbol Keesaan, Kekuasaan, Kebesaran Tuhan yg sudah ada sejak jaman Pra Sejarah bahkan mungkin sudah ada sebelum Ibrahim mendeklarasikan Monotheismeu. Jejak2 Kebesaran dan Kekuasaan Tuhan sekali lagi dapat dilihat di Jatigede. Jati ~ Inti ~ utama.... dan gede ~ besar... tanda2 keutamaan dan kebesaran Tuhan disana. Bagaimana sampai detik ini Kabuyutan dan Batu Tunggal masih tegak berdiri, 6 Presiden Republik Indonesia belum mampu menenggelamkan bahkan memindahkan Batu Tunggal Simbol Keesaan / Ketauhidan Tuhan Semesta Alam.

Mendengar berbagai wacana pemerintah yg hanya omong kosong belaka Mamang hanya bisa tersenyum dan berkata dalam hati, cobalah kalau bisa dan berani tenggelamkan saja! Kalau ada akibat atas apa yg telah dilakukan sendiri jangan menyesal!!! Karena Leluhur Sudah Jelas Berpesan! "Lemah Sagandu Diganggu Balai Sadunya!" Kabuyutan Dirusak Bencana Bagi Dunia. Gunung Slamet Sudah Meletus dekat dengan Brebes? Apakah akan mengaktifkan Patahan/ SESAR BARIBIS yang selama ini diam menanti ngadodoho? ato ikutan juga SESAR LEMBANG? Kita lihat saja nanti bagaimana akhir cerita "SASAKALA SANGKURIANG KABEURANGAN". Sesar Baribis membentang dari Purwakarta, Subang, Sumedang, Majalengka, Brebes bahkan konon nyambung ke Jawa Timur? Ingat tragedi Tsunami Aceh? Ingat Tragedi Gempa Jogja? Kalau Tuhan sudah berkehendak apalah artinya bendungan Jatigede yg seongok batu2 yg ditumpuk manusia, bahkan Bendungan Negeri Saba saja dijebolkan oleh Alloh SWT karena pada Takabur! Begitu juga Jatigede yg hanya membawa kesengsaraan bagi masyarakat Kabuyutan yg tidak berdosa.

Mamang jadi inget apa yg disampaikan kasepuhan, biarkan saja mereka sibuk membangun bendungan pada saatnya nanti akan runtuh sendiri, sudah teramalkan dalam Uga Sumedang, "Bandung Heurin Ku Tangtung, Sumedang Ngarangrangan, Kadipaten Kapapatenan, Cirebon Kabongbodasan".

Jadi kalau mau Coba2 mangga dicobian... Aher, Dedi Mizwar, CT, Djokir, SBY? Mau mencoba menenggelamkan Kabuyutan Cipaku?

Mamang hanya mau menyampaikan Amanah Sri Jaya Bupati, "Mati Bagi Para Perusak Kabuyutan", Raja Sunda yg termasyur membikin Prasasti Citatih di Sukabumi.

Juga Amanah Galunggung, Resi Guru Darmasiksa, "Pemipin yg tidak bisa menjaga kabuyutannya lebih hina dari kulit musang yg dibuang ketempat sampah".

Aher dan PKS yg beraliran Wahabi seperti diberitakan mungkin tidak peduli akan keberadaan Situs2 Cagar Budaya tapi silahkan dilihat saja, mau lebih hina lagi dari sekarang kah PKS yg sudah banyak dicemooh itu?

Ya Alloh ya Tuhan kami, hanya kepada Mu kami menyembah dan hanya kepada Mu pula kami memohon pertolongan. Kami percaya Kabuyutan Cipaku adalah salah satu Tanda Kebesaran Mu dimana sudah 50 Tahun, 6 Presiden telah berupaya menenggelamkan Tanda Mu namun Alhamdulillah Engkau masih menjaganya. Semoga sampai akhir jaman tetap terjaga dan semoga para perusak Kabuyutan itu diberikan pencerahan, pendidikan, dan kesadaran agar mereka menjadi manusia yg baik, yg bisa memberikan manfaat untuk masyarakat bukan malah memiskinkan dan merusak tatanan kehidupan sosial dan spiritual masyarakat. Amiiin ya Alloh ya Robbal alamin.

Untuk rekan2 yg peduli terhadap penyelamatan Kabuyutan Cipaku mohon apabila berkenan Klik LIKE di www.facebook.com/savejatigede/

Apabila tertarik utk bergabung dengan Komunitas Kabuyutan, komunitas yang peduli akan kelestarian fungsi sumberdaya alam, kelestarian budaya lokal, kelestarian situs- situs cagar budaya, dan keluhuran nilai-nilai spiritualitas masyarakat di Indonesia. Silahkanklik join :
http://m.facebook.com/groups/857082884304836

Langkah strategis upaya penyelamatan Kabuyutan Cipaku ini Insya Alloh, kami Komunitas Kabuyutan bulan Oktober 2014 setelah Jokowi dilantik akan mengirimkan Surat Resmi kepada Presiden Republik Indonesia untuk Meresize Bendungan dari semula 4800Ha menjadi 400 Ha saja sebesar Waduk Darma Kuningan kira2, tujuannya adalah agar Situs2 Cagar Budaya Kabuyutan Cipaku beserta Kampung Buhunnya bisa tetap terjaga kelestariannya. Semestinya dengan pengalaman Jokowi menghentikan Gubernur Jawa Tengah yg ingin merubah bangunan Cagar Budaya menjadi Mall maka mudah2an Jokowi cukup konsisten dalam menjaga dan melestarikan Situs2 Cagar Budaya. Amiiin ya Alloh ya robbal alamin.

Pun sapun kaluluhuran (y)
Panceg Dina Galur Ngajaga Lembur, Cadu Mundur Najan Awak Lebur!








Kamis, 11 September 2014, wirana44 <at> yahoo.com [urangsunda] <urangsunda <at> yahoogroups.com> menulis:
> November 2014, Waduk Terbesar Kedua di RI Bakal Diisi Air
> 11 Sep 2014 09:02 WIB
>
> Pemerintah tengah mempercepat proses pengairan waduk terbesar kedua di Indonesia setelah Jatiluhur, yaitu Jatigede di...
>
> Link:
> http://finance.detik.com/read/2014/09/11/090256/2687161/4/-november-2014-waduk-terbesar-kedua-di-ri-bakal-diisi-air
> Sent from my BlackBerry®
> powered by Sinyal Kuat INDOSAT
>
> ------------------------------------
>
> ------------------------------------
>
> ngala dollar >> http://profitclickers.info/buburuh-ngeklik.php?urang=sunda
> ------------------------------------
>
> Yahoo Groups Links
>
> <*> To visit your group on the web, go to:
>     http://groups.yahoo.com/group/urangsunda/
>
> <*> Your email settings:
>     Individual Email | Traditional
>
> <*> To change settings online go to:
>     http://groups.yahoo.com/group/urangsunda/join
>     (Yahoo! ID required)
>
> <*> To change settings via email:
>     urangsunda-digest <at> yahoogroups.com
>     urangsunda-fullfeatured <at> yahoogroups.com
>
> <*> To unsubscribe from this group, send an email to:
>     urangsunda-unsubscribe <at> yahoogroups.com
>
> <*> Your use of Yahoo Groups is subject to:
>     https://info.yahoo.com/legal/us/yahoo/utos/terms/
>
>

__._,_.___
Posted by: Mang Aska <dkabayan <at> gmail.com>


http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]




__,_._,___
Picon

Tempo, Jatigede Batal Digenangi Tahun Ini



Alhamdulillah Mestakung ~ Semesta Mendukung Penyelamatan Kabuyutan Cipaku beserta Puluhan Situs Cagar Budayanya, Bendungan Jatigede Batal Digenangi Tahun Ini dan Semoga Seterusnya! Amiiin ya Alloh ya robbal alamin... Allohuakbar... Allohuakbar... Allohuakbar (y).

Subhanalloh, barokah pisan... semoga Rencana Bikin Pesantren Aji Putih (Pusat Pendidikan Moral & Spiritual ~ Revolusi Mental) di Situs Cipeueut Kabuyutan Cipaku yang GRATIS dan Self Sustained/ Self Sufficiency bisa terlaksana (y).

Pun Sapun Kaluluhuran... Panceg Dina Galur Ngajaga Lembur... Cadu Mundur Najan Awak Lebur! Lemah Sagandu Diganggu Balai Sadunya, Save Kabuyutan, Save The World!

Muji Syukur Ka Nu Agung, Nu Ngersakeun, Nu Maha Murbeng Alam!

Temen-2 kalo tertarik mau mengunjungi Kabuyutan Cipaku, melihat tidak kurang dari 25 Situs Cagar Budaya Megalitikum Pra Sejarah ada Batu Tunggal disana Simbol Monotheismeu Nusantara Purba, kalau di Baduy mah Leuweung Sasaka Domas... Insya Alloh Mamang mau kesana Akhir September, JAPRI aja ya :).

Mohon kalau berkenan membantu me-LIKE Save Jatigede (y) Semoga Jokowi bisa menyelamatkan Kabuyutan Cipaku dengan me-RESIZE Bendungan Jatigede dari sebelumnya 4800 Ha dimana menenggelamkan lebih dari 25 Situs Megalitikum, Kampung Buhun, Menebang Lebih dari 800.000 Pohon, Sawah Subur, dan Rumah-2 Panggung Tradisional Khas Sunda :(. Seharusnya bisa di Resize menjadi 400 Ha saja, sisanya bisa dikembangkan menjadi Kampung Budaya Nusantara yang alami, lestari, organik, self sufficiency, dan menjadi percontohan kampung-2 di seluruh Indonesia.

http://www.facebook.com/savejatigede/

Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2014/09/01/090603736/Waduk-Jatigede-Batal-Digenangi-Tahun-Ini

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum menyatakan pengoperasian Waduk Jatigede, Sumedang, Jawa Barat, tidak dapat dilakukan tahun ini. Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum Mudjiadi menuturkan ada dua masalah yang membuat Waduk Jatigede batal digenangi tahun ini. (Baca: Waduk Jatigede Digenangi Sebelum Kabinet Berakhir)

"Kami menunggu perpres dan ada moratorium dari Kementerian Kehutanan bahwa semua alih fungsi distop menunggu pemerintahan baru," kata Mudjiadi saat ditemui Tempo di kompleks Dewan Perwakilan Rakyat, Jakarta, Senin, 1 September 2014.

Awalnya, penggenangan Jatigede direncanakan September 2014. Namun pendanaan ganti rugi dan santunan dalam bentuk tunai ke warga membutuhkan dana dari APBN yang menunggu peraturan presiden. Selain itu, Menteri Koordinator Chairul Tanjung menargetkan penggenangan Waduk Jatigede dimulai sebelum Oktober mendatang. (Baca: Harapan Djoko Kirmanto pada Pemerintah Mendatang)

Menurut Mudjiadi, molornya penggenangan waduk tersebut disebabkan oleh masih adanya lahan yang belum dibebaskan dan permukiman warga yang belum pindah. Setidaknya lebih dari 10 ribu warga masih tinggal di lahan yang akan menjadi genangan Jatigede. Dana pembebasan lahan dan uang santunan warga yang menghuni lokasi genangan masih menunggu perpres sebagai payung hukum.

Perpres ini mencakup alokasi anggaran Rp 1,1 triliun untuk uang ganti rugi. Sebanyak Rp 900 miliar ditujukan untuk ganti rugi bangunan dan Rp 200 miliar untuk ganti rugi lahan pertanian. (Baca: September, Waduk Jatigede Mulai Dibangun)

Mudjiadi menuturkan hingga kini progres pembangunan fisik Waduk Jatigede mencapai 96 persen. Karena itu, ia yakin akhir tahun ini pembangunan konstruksi Jatigede dapat selesai 100 persen.

Bendungan Jatigede ini diharapkan dapat mengendalikan banjir dengan jangkauan 11.000 hektare. Bendungan ini juga ditujukan untuk mengairi lahan seluas 90 ribu hektare, sekaligus menjadi sumber air baku dan sumber pembangkit listrik berkapasitas 110 megawatt. (Baca: Relokasi Warga Jatigede Kembali Dibahas)

ALI HIDAYAT




__._,_.___
Posted by: Mang Aska <dkabayan <at> gmail.com>


http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]




__,_._,___
Picon

Re: TIONGKOK MEMBAYAR KEDELAI BRAZIL DENGAN AMPASNYA



Luar biasa yah... mudah2an kita tidak menjadi penonton aja Kang :(.

Memang harus ada keberanian untuk bener2 menghentikan korupsi di negeri inu dgn cara menembak mati atau memenjarakan seumur hidup + menyita semua asetnya sehingga menimbulkan efek jera. kebangkitan China itu dimulai ketika Korupsi benar2 diberantas.

Dari KRL Comutter Alhamdulillah dapat duduk xixixi mau ngamen ka Batawi jualan NPV sama IRR Mamang menyampaikan... dgn menggunakan transportasi umum maka minimal tidak menuh2in Jakarta dgn mubil wkkkk.

nuhuuuns,
mang asep kabayan
www.dkabayan.com

On Aug 31, 2014 9:45 PM, "'Odjat Sujatnika' odjat_sujatnika <at> yahoo.com [ALUMNI-IPB]" <ALUMNI-IPB <at> yahoogroups.com> wrote:
 

Teman2 dan senioren,

Saya nemu tulisan yg membuka wawasan, mencerahkan, sekaligus mengajak kita refleksi negeri sendiri. China memang luar biasa. Pada saat bersamaan, muncul kekuatiran yg amat sangat. Nampak benar negara kita masih amat jauh dari siap. Jangankan berkompetisi, sekadar untuk menahan libasan China pun amat meragukan.

Masihkan adakah yg bisa kita lakukan? Bila ada, menyangkut apa saja? Bagaimana kongkritnya?

Wass,
OS

***

TIONGKOK MEMBAYAR KEDELAI BRAZIL DENGAN AMPASNYA

Tahun 2013 adalah sejarah pertamakalinya Brazil menjadi penghasil kedelai terbesar di dunia mengalahkan USA, Argentina, China dan Paraguay dengan jumlah produksi kedelai sebanyak 85 juta ton/tahun. Faktor yg menjadi penyebabnya adalah import kedelai China yg mencapai 1,4 juta ton kedelai perminggu, keberhasilan Brazil menemukan varietas kedelai baru yg bisa menghasilkan 4,3 ton/Ha, dukungan system mekanisasi pertanian dan dukungan pemerintah mapping tanah pertanian menggunakan satelit dengan akurasi 100 m2. Mapping satelite ini membantu petani kedelai untuk berproduksi kedelai dgn memberikan informasi tanah mana yg paling cocok untuk bertani kedelai sekaligus memberikan informasi unsur hara dan kadar air suatu lokasi. Informasi ini sempat disalah gunakan petani kedelai dengan membuka kawasan hutan lindung yg akhirnya bisa dikendalikan dengan baik. Dengan semua faktor pendukung seperti ini petani kedelai grlap mata mabuk kepayang sangat bernafsu untuk menanam kedelai.

Ada apa dengan China?

China sendiri berhasil memproduksi 22 juta ton kedelai pertahun, tapi china malah meningkatkan import kedelai mebjadi menjadi 1,4 juta ton kedelai setiap minggu. Jawabannya adalah China mengkonversi kedelai menjadi produk bernilai tambah.

Kedelai yg datang langsung masuk mesin triple roll hot mill, dipisahkan crude soy oil dengan bagian padatnya. Crude soy oil diambil terlebih dahulu bagian yg berharganya, yaitu: phytosterol stanol ester, lesitin, plavonoid, nutracetical function dan turunan berharga lain dari crude soy oil. Sisanya yg berupa olein dijadikan sebagai minyak goreng rendah kolesterol. Kecuali minyak goreng, semua yg disebutkan tadi adalah bernilai sangat tinggi dan sangat dibutuhkan industri pangan, kosnetik, farmasi, nutraceutical, kimia dll.

Bagian padatan mendapatkan perlakuan yg sama. Dari 23 asam amino kedelai terdapat 5 asam amino yg menonjol. Triftopan, lysin, isolesin dipisahkan terlebih dahulu, sisanya kemudian dijadikan soy isolate protein dgn kandungan protein 91%, sisanya lagi digunakan untuk industri textil premium berkualitas 5x sutra, sisanya lagi kemudian dijadikan textured soy protein, sisanya lagi dijadikan konsentrate protein, sisanya lagi difermentasi menjadi ribonukleatide dan peptida lain penyedap rasa, sisanya lagi dijadikan media pembiakan japang fusarium fenenatum kaya protein dan memiliki hypa yg mirip seperti myofibril daging sapi yg bisa digunakan untuk memproduksi olahan daging murah tapi memilki texture seperti serat atau myofibril daging sapi. (Campuran isolate soy protein dan fusarium fenenatum ini hampir sempurna mengganrikan daging tapi belum memiliki rasa daging).

Sisanya lagi digunakan untuk memproduksi kecap dan bumbu master menyerupai kecap. Sisa yg terakhir diperuntukan mebjadi bungkil kedelai. Bungkil ini ditingkatkan proteinnya dg fermentasi protein sel tunggal kemudian dikeringkan untuk menjadi campuran pakan sapi, babi, ikan, bebek dan udang.

Harga bungkil kedelai ini U$ 700/ton, beda sedikit harganya dari kedelai yg diimport dari Brazil
---------------------------------

Sebentar lagi semua produk yg sy sebutkan akan masuk ke indonesia dalam rangka pasar bebas ACFTA 2015. Bohong kalau ada pemimpin yg bilang siap bersaing tapi tdk memiliki pengetahuan apa-apa dan tidak melakukan apa-apa.



__._,_.___
Posted by: Mang Aska <dkabayan <at> gmail.com>


http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]




__,_._,___
Picon

Re: Ahok - he is just really inspiring



Nambahin Kang, Walikota Bogor Bima Arya lumayan pergerakannya cukup positif (y).

Menurut Kasepuhan mah ketika Budak Angon sudah datang memang akan menginspirasi banyak orang/ pemimpin :).

Tadi pagi di Balong ngobrol bareng Kang Rahman Wirajaya dari IndoSingJak (Alumni Singapur yg sekarang tinggal di Jakarta) ternyata temennya Senior Mamang juga Mang Das Albantani yg telah berhasil membangun komunitas bambu di Banten. Sempet membahas mengenai Budak Angon :). Pada Prinsipnya Nilai2 Spiritual yg universal dari Budak Angon ini harus dimiliki oleh setiap manusia Indonesia... bahkan tadi diobrolan tercetus biarlah pada awalnya mungkin para pemimpin yg lain itu hanya melakukannya untuk sekedar "pencitraan" tetapi ketika rakyat menyukai dan ternyata enak mungkin saja pemimpin itu akan benar2 melakukannya bukan sekedar melakukan pencitraan saja. Tentunya kita harus selalu berfikir optimis.

Selain membahas Budak Angon juga mengulas Buku berjudul Back To Basic :) http://www.amazon.com/Back-Basics-Complete-Traditional-Skills/dp/1602392331/ref=sr_1_23?s=books&ie=UTF8&qid=1409458969&sr=1-23&keywords=back+to+nature

Luar biasa buku itu mengajarkan cara2 tentang hidup yg sederhana tapi bermakna back to nature :). Mamang kemudian berfikir kok mirip dengan nilai2 kearifan Kabuyutan ya? Kampung yg Self Suficiency.

Tadi juga di Balong ada Senior Alumni IPB angkatan 14, Kang Sudirman jurusan Teknologi Hasil Pertanian, sekolah di SMA Islam Bogor yg mengadakan Halal Bil Halal di Balong :). Ternyata beliau seorang Gusdurian, ngobrolin tentang perilaku Gusdur dulu pernah jalan bareng ke Bogor katanya ketika di kawal Gusdur malah meninggalkan diri asik makan duren di pinggir jalan xixixi beliau menceritakan tersebut karena melihat pohon duren segede gaban di Balong :). Nanya pernah berbuah ngak? Mamang bilang pernah biasanya sekali berbuah itu pohon bisa 250 butir dan biasannya kita bagikan ke tetangga :). Wah jangan lupa nanti kalau pas panen kabari ya katanya :). Kang Sudirman juga menyarankan utk menanam Nangka Walanda, katanya bagus utk kesehatan.

Nah sampe pada akhirnya berfikir mungkin kalau Manusia Indonesia memilki lahan masing2 sekitar 5Ha saja bisa membuat masing2 Keluarga yg SelfSuficient. Dengan cara mengoptimalkan biodiversity-nyah menanam aneka ragam jenis tanaman dan buah2an, energi hijau, organik, dll.

nuhuuuns,
mang asep kabayan
www.dkabayan.com

On Aug 31, 2014 4:27 PM, "'Odjat Sujatnika' odjat_sujatnika <at> yahoo.com [ALUMNI-IPB]" <ALUMNI-IPB <at> yahoogroups.com> wrote:
 

Barusan nonton Ahok di Kick Andi Metrotv. Luar biasa. Very inspiring. Ga percaya kalo semua itu pencitraan atau ada manuver apapun di belakangnya. He is really genuine.

Tukang sapu DKI, sekian puluh tahun mengabdi dg gaji amat rendah. Gaji terakhir 600 ribu/bulan. Pasca Jokowi-Ahok mimpin DKI, gaji langsung setara UMR, 2,4 juta. Kongkrit!

Sungguh ringan dan sontoloyo pemerintah dan pemda di negeri ini. Petugas kebersihan digaji 600 ribu/bulan. Itu di DKI. Bgmn di daerah? Pasti lebih parah. Guru sukwan pun hanya bergaji 200-350 ribu/bulan. Berani2nya mempekerjakan orang dg gaji di bawah UMR yg mereka tetapkan sendiri.

Semoga ikhtiar2 genuine dari para pemimpin wilayah seperti Jokowi-Ahok menjadi inspirasi, koreksi, dan motivasi bagi para pemimpin wilayah lainnya, dan para pemimpin di kabinet nanti, juga para legislator, untuk mengikuti tauladan dan jejaknya. Sudah bermunculan: Kang Emil di Kota Bandung, Mbak Risma di Kota Surabaya, Daeng Nurdin Abdullah di Bantaeng. Semoga akan bermunculan lebih banyak lagi.

OS



__._,_.___
Posted by: Mang Aska <dkabayan <at> gmail.com>


http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]




__,_._,___
Picon

Civilization/ Peradaban?



Berkali- kali Mamang nonton Video ini dan masih tetap terharu... pagi ini pun di Balong Kabayan Mamang nonton video ini masih terharu... Untuk rekan-2 yang Jagoan Bahasa Inggris mungkin bisa bantu menterjemahkan ini kedalam Bahasa Indonesia dan seharusnya setiap Pelajar, Mahasiswa, Guru harus menonton Video ini agar lebih paham tentang kehidupan dan peradaban sesungguhnya :).

http://www.youtube.com/watch?v=21j_OCNLuYg

Life is easy? Why do we make it so hard?



__._,_.___
Posted by: Mang Aska <dkabayan <at> gmail.com>


http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]




__,_._,___
Picon

Re: [Urang Sunda] Kedah kamana laporna .. ?



nyaeta pokok/ inti masalah na teh kusabab loba anu neangan panghirupan anu "leuwih" tibatan di lembur na sorangan :(.

Ieu aya LINK alus ti Agan Jon Jandai Urang Thailand anu boga pamikiran mahiwal ngeunaan kahirupan...

http://www.youtube.com/watch?v=21j_OCNLuYg

Life is easy, why do we make it so hard? ... hirup teh gampang... kunaon atuh bet ngaririweuh diri sorangan hehehe.

Perlu pisan edukasi ka masyarakat oge ka pamarentah supaya boga pamikiran sosialis hehehe... ulah nepika pamarentah teh pagawean nana ngan ngamiskinkeun wae :(.

Contoh weh Kabuyutan Cipaku anu sakitu endahna... SELF SUSTAINED Kampung Buhun, Sawah Subur, Hutan Rimbun, Cagar Budaya, jeung Masyarakat Berbudi Luhur... anu tatanan sosio kultural na bakal dirusak... yg tadinya masyarakat hidup makmur punya sawah, punya kebun, punya kolam, punya rumah panggung tradisional nan organik yg luas, punya ternak, punya segalanya... tiba-2 dimiskinkeun dipindahkeun diGANTI RUGI untuk dimiskinkeun dipindahkeun ka rumah Tipe 36 RSSSS... yang mana buat nyimpen carangka/ tempat nyabit rumput sajah sudah penuh... jadi yaaah riweuuuh lah.... Satu kata weh KACIDA pisan...

Save Kabuyutan, Save The World!... Lemah Sagandu Diganggu Balai Sadunya...Amanah Galunggung, "Pemimpin Yang Tidak Dapat Menjaga Kabuyutannya Bakal Lebih Hina Dari Kulit Musang Yang Dibuang Ketempat Sampah!"


2014-08-25 14:42 GMT+07:00 Siddik Wiradireja cikundul3 <at> yahoo.com [urangsunda] <urangsunda <at> yahoogroups.com>:
 

Cing para wargi anu uninga kedah kamana abdi laporna, margi akhir-akhirna ieu
seueur pisan kajantenan WNI anu katalangsara di Korea Kidul, anu dongkapna
ka Korkid rupi-rupi, aya anu dijantenkeun PRT, jajap bapana WN Korkid, sareng
ngiring kasalakina urang Korkid.

1. PRT; numutkeun undang-undang perburuhan Korkid warga Korea, teu tiasa ngagawekeun
urang asing kanggo PRT.
Sedengkeun gaji PRT urang Korkid minimum Won 1,000,000.- (Rp. 10 juta), sedengkeun
WNI mung digajih Won 250,000.-(Rp. 2.5 juta).

2. Jajap Bapana; ieu budak ti isteri kadua WNI, dongkap ka Korkid ngajajapkeun Bapana
anu tos tiktikbrek, ma'lum tos 65 taun umurna.
Mung bae, kumargi ieu budak ti istri kadua kalayan nikahna rerencepan, atuh ku
kulawargi eta si Bapa anu di Korea teu diaku, karunya kabudakna, mondok dirumah
sakit sareng dipenginapan, artos kanggo mayarna penginepan sareng dahar dipasihan
ku para perawat di rumah-sakit waktos bapana diopname.

3. Dicandak kusalakina, nembe pisan aya telepon tijalmi urang Korkid, manehna mendakan
istri keur ceurik sisi jalan, mana huhujanan, barang di parios tetela WNI.
Numutkeun cariosna dina telepon dongkap ka Korkid 14 Juli 2014, diusir ku salakina,
margi sering pasea sareng mitohana, ari salakina pasti mang meunangkeun indungan,
anu akhirna diusir tirorompokna.

Anu janten masalah kedah kamana ngalaporkeunana kanggo nyegah WNI anu ka Korkid,
atanpi tiasa nyaring ulah sagawayah istri-istri WNI ka Korkid.

ssw
Tong nyaliksik naon nu bisa dicokot ti kiSunda
Tapi talungtik naon nu bisa dibikeun ka kiSunda




__._,_.___
Posted by: Mang Aska <dkabayan <at> gmail.com>


http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]




__,_._,___
Picon

Kesaksian Merdeka!



Itung-itung nyegerkeun deui ingetan kana peristiwa 17 Agustus 1945. Aya postingan di group 'Pustaka Sunda" nu menarik. Lalakon sabudereun 17 Agustus numutkeun saksi sajarah. Ieu tokoh, wanoja Sunda nu geus sepuh, tapi masih aktif komunikasi di media sosial, dumuk di Rotterdam.
===

Kesaksian Merdeka!

Tah, leres kitu. Ari kanggo orang Walanda di nagara urang mah, pembebasanana teh kaping 14 agustus wartosna. Buat mereka itu berarti kembali lagi menjajah. Yang saya masih ingat mulai lagi melihat orang Belanda berjalan di Bandung. Kasian sekali, kurus-kurus, kotor dsb. Mereka baru keluar dari kamp-kamp tawanan Jepang. Waktu itu saya berusia 17 tahun. Termasuk `pemuda, harapan bangsa`. Kelas 1 SMT di Jalan Citarum. Teringat hari-hari itu banyak rapat. Di Kumico-kumico dsb. Saya sendiri punya sobat Dien Wangsadinata. Rakana Dien, Wartini adalah mahasiswa Ikadai Gakko (Kedokteran), jadi kepaksa memimpin. Demikian juga mahasiswa-mahasiswa yg lain Kogyo Daigako, ITB sekarang, 'automatisch' menjadi pemimpin. Yg dirapatkan adalah apa yg harus dibuat kalau Belanda kembali. Didirikan dapur umum di toko Ciyoda untuk yg ikut ber`joang`. Mengumpulkan dan membagikan pakaian kepada rakyat yang sudah kutud-kutud, misalnya di Bojongloa yang saya ikuti. Memboikot orang Belanda dengan membeli, mengumpulkan telor dari pedagang-pedagang di Banndung Timur dsb. Saya waktu itu sebetulnya sudah merasa `merdeka` beneran. Tapi waktu tanggal 17 Agustus di radio HOSOKYOKU dibacakan proclamasi Bung Karno oleh Sakti Alamsyah, kami di rumah semuanya diam.... untuk kemudian bersorak sambil menangis. Merdeka! 

Murid SMT seueur anu ngiring berjuang. Sekolah-sekolah ditutup. Dengar Pak Duyeh, guru sejarah yg sangat saya kagumi, jadi Dai Danco di PETA. Orang Indonesia yg merasa Republikein nyarungsi ke Bandung Selatan. Yang tinggal di Utara, banyak lho ya, itu pro Blanda. Ada teman Indo masuk sekolah SMP bernama... Sunario. Empat Tahun kemudian ketemu dengan dia sudah makai nama Blandanya lagi, van Adel. Demikian juga dengan teman Menado-Ambon-Cina-Christian... Juga orang Sunda. Ada yg milih jadi Nica ada yg fanatik Republikein.

Dien dan saya diberi tugas untuk memborong telor. Entah dari mana uangnya, [tami] kami bayar. Bersepeda ke kampong-kampong sebelah Barat dan Utara Bandung. Maksudnya supaya telor jangan dibelikan kepada Belanda. Memboikot cenah. Sambil memberi penerangan tentang keadaan waktu itu. Dari subuh sampai hampir magrib. Pulang berjalan dengan sepeda ditangan penuh dengan telur. Di rumah ibu Asiah Wangsadinata di Jln. Lengkong Kecil numpuk telor. Planningnya mau diasin oleh ibu Otto Iskandar di Nata kanggo pejoang-pejoang kita. Waktu itu Walikota Bandung, Atmadinata, rakana Otto, digentos ku (hilap naminna) orang Jawa ayahnya teman saya juga (lupa namanya). Kumico-kumico (ERTE) actief juga. Dialajar EHBO, Memadamkan pembakaran, jaga malam bergatian. Ngawitan seueur nu nyarungsi. Keluarga ibu pun nyungsi. Mula-mula dekat saja, ke Citepus, bisa bulak-balik ke Bandung. Makin lama makin jauh. Ke Dayeuh Kolot, ka Soreang, ka Ciwidey. Barang-barang mah cul wae di mana. Asal ada pakaian dalam `berenuk`. Tidak tahu apa yg terjadi di Bandung Utara. Anak-anak laki-laki masuk kelompok-kelompok. Dengar Orang Inggris, Gurkha datang. Mulai tembak menembak. Rumah kami di Pasundan kena pelopor mortir juga. Di Ciwidey dengar Cikapundung banjir. Sasak gantung roboh. Teman sekolah yang pertama gugur adalah tetangga. Bieu mah emut namina, ayeuna ... plengngng ... hilang. Tos, ah. Sekali Merdeka, tetap merdeka. (Bi Etty, Rotterdam, 2014)

  


__._,_.___
Posted by: Ki Hasan <khs579 <at> gmail.com>


http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]




__,_._,___
Picon

Ujian Awal Jokowi si Budak Angon? [6 Attachments]

[Attachment(s) from Mang Aska included below]

Liburan lebaran kemarin Mamang mudik ke Kabuyutan Cipaku Sumedang yg tahun lalu terancam akan ditenggelamkan oleh Waduk Jatigede di September 2013 lalu alhamdulillah kemudian tidak jadi dan infonya SBY beserta pemerintah menyerahkan keputusan kelanjutannya melalui persetujuan dari Gubernur Jabar Aher dan yg membuat Mamang sedih adalah Aher ternyata malah bersemangat ingin menenggelamkan Kabuyutan di bulan Desember 2014, sangat disayangkan yah tidak ada sedikitpun Empaty dari Gubernur yg dilahirkan di Tatar Sunda tersebut, malah justru sebaliknya ingin menenggelamkan peninggalan2 bersejarah yg menjadi Cagar Budaya Pusaka Bangsa Indonesia.

Pilpres kemarin para Kasepuhan Kabuyutan Cipaku ternyata memilih Jokowi, terasa aneh ya pan Jabar yg menang Prahara dimana Black Campaign terhadap Jokowi sangat tinggi. Kalo menurut Kasepuhan Cipaku mah dari sisi spiritual mah ada kesalahan Fatal yg dilakukan oleh Prabowo Hatta yaitu melakukan Kampanye di Jatigede dengan niat ingin mempercepat Penenggelaman Jatigede dan tidak ada sedikitpun kepedulian kepada Kawasan Lemah Sagandu Kabuyutan Cipaku dimana ada 25 Situs Cagar Budaya, kampung buhun, hutan rimbun, dan sawah subur. Kalo kata kasepuhan mah Katulah/ kena Karmanya yg telah mensengsarakan Masyarakat dan ingin merusak Kabuyutan yg sudah ada jauuuh sebelum Indonesia berdiri. Jadi ya begitulah kalah Pilpres dan sedikit menyandang malu dicemooh karena salah nyebut Adipura menjadi Kalpataru. Seperti kejadian sebelumnya Gubernur Jabar Dani Setiawan pun yg menandatangani persetujuan Jatigede dibangun kembali hasilnya selaku Incumbent kalah pilgub dan tidak lama kemudian setelah kalah ditangkap KPK. Mudah2an Aher tidak melakukan kesalahan yg sama dengan Dani Setiawan menandatangani persetujuan Jatigede.

Alhamdulillah ternyata http://www.facebook.com/savejatigede/ semakin banyak yg peduli dari awalnya hanya beberapa orang yg peduli sekarang ada lebih dari 400 orang yg like Subhanalloh yah ternyata masih banyak yg peduli akan kelestarian Pusaka Warisan Budaya Nusantara :).

Waktu mudik lebaran kemarin Mamang ngobrol dengan kasepuhan dan komentar mereka sederhana "Budak Angon geus datang", Budak Angon sudah tiba :). Dalam carita Wangsit Siliwangi disebutkan tentang munculnya Budak Angon yg mana merupakan seorang calon pemimpin yg bisa membawa perubahan yg berasal dari rakyat kecil banyak mendapatkan pengalaman hidup sehingga menjadi bijaksana, cerdas, dekat dengan rakyat, punya empathy thd masyarakat/ berjiwa sosial yg tinggi, tegas, jujur, amanah, dll.

Menurut Kasepuhan kemenangan Jokowi sudah tercatat dalam Uga malah mereka menyampaikan bahwa pemimpin sebelumnya itu pun sudah ada Uganya contohnya mereka menyampaikan Habibie itu sebagai CIUNG WANARA yg menjadi Raja sebentar karena senang berkelana juga nyabung ayam sampai kehilangan sebagian wilayahnya, kejadian timor timur yg lepas dari Indonesia ya begitulah Ciung Wanara yg mana harus membagi wilayah negaranya dengan saudaranya. Ciung Wanara juga tidak begitu ambisius jadi Raja karena senang berkelana keliling daerah untuk menyabung ayam. begitulah Habibie katanya tidak begitu ambisius utk lanjut memimpin Indonesia lebih senang keliling dunia dan menjadi peneliti mengasah kemampuannya.

Nah Jokowi si Budak Angon ini kata kasepuhan akan menginspirasi pemimpin2 lainnya untuk berubah tapi hati2 katanya karena negara kadung sudah rusak / riweuh jadi perlu kerja keras dan Istikomah utk menatanya kembali. Dari hasil ngobrol ngaler ngidul salah satunya adalah mengenai Ujian Awal Bagi Jokowi si Budak Angon ini adalah dalam memilih para pembantunya yaitu Para Menteri di Kabinetnya dimana Jokowi harus pandai memilih orang yg sevisi dan sekarakter degan dia agar jangan sampai justru nanti menjadi beban yg memberatkan. Salah satunya adalah harus jelas bibit, bobot, bebetnya atau dalam konteks modern harus professional, berkarakter, integritasnya baik, kompeten, kompetitif, Kapable, tidak haus uang, dan mau mendidikasikan diri untuk Indonesia. Dalam carita Wangsit Siliwangi Budak Angon selalu ditemani/ dibantu oleh Orang Tua Berjubah Putih artinya menurut kasepuhan mah Budak Angon/ Jokowi harus dibantu oleh orang2 yg putih bersih bukan orang2 yg punya agenda kotor dibaju yg dipakainya. Disinilah ujiannya kalau Jokowi pada saat memilih pembantu di Kabinetnya itu orang2 yg berjubah putih maka Jokowi adalah Budak Angon seperti yg diceritakan oleh kasepuhan.

Saat ini tentunya banyak pihak yg merasa berjasa dengan kemenangan Jokowi dan tentunya ada juga yg punya agenda2 tersembunyi yg mungkin tidak sejalan dengan kepentingan nasional kemajuan bangsa dan negara ini. Oleh karenanya Jokowi harus cerdas dan pandai dalam bermanuver agar tentunya mengedepankan kepentingan masyarakat Indonesia diatas kepentingan2 lainnya.

Semoga Jokowi Si Budak Angon ini bisa meresapi dan melaksanakan kearifan lokal Budak Angon ala Wangsit Siliwangi :), dan Insya Alloh Indonesia akan semakin maju dan sejahtera :).

Menurut Kasepuhan Cipaku tahun ini adalah Tahun Alif, dimana tahun2 yg sulit dan berat bagi semuanya katanya banyak yg mendapatkan Kararaan/ musibah,  kemarin Mamang ngobrol dengan pegusaha etnis tionghoa ternyata mirip juga tahun ini menurut kajian nya mah tahun yang riweuh malah katanya jangan melakukan investasi yg besar2an. Hal ini juga dapat dilihat dari sisi perekonomian negara Indonesia dimana kondisi keuangannya lagi memble salah satunya akibat subsidi BBM yg sangat berat sehingga menjebol keuangan negara, konon duit negara sudah menipis piiis. Nah menurut Kasepuhan mah Tahun Alif ini akan berakhir dalam 2 bulan kedepan, tepatnya bulan Muharram merupakan awal tahun baru dan tentunya Presiden Baru dimana Jokowi si Budak Angon akan dilantik. Dengan berakhirnya tahun Alif maka pelan2 Zaman akan berubah dan mudah2an akan pelan2 semakin baik.

Wallohualam bishawab... pun sapun kaluluhuran :).

Untuk yg peduli kelestarian Pusaka Warisan Budaya Nusantara yaitu Kabuyutan Cipaku jangan lupa klik Like, http://www.facebook.com/savejatigede

"Lemah Sagandu Diganggu Balai Sadunya", Kabuyutan Dirusak Bencana Bagi Dunia!!! Kenapa karena disana ada 25 Situs Cagar Budaya Arkeologi Batu Tunggal Simbol Monotheismeu Nusantara Purba yg sudah ada sejak jaman pra sejarah. Ada Simbol Spiritual Ketuhanan Yang Maha Esa yg menjadi dasar negara Pancasila sila ke-1.

Semoga Jokowi cukup Bijak utk menyelamatkan Cagar Budaya Pusaka Nusantara tersebut :). Amiiin ya Alloh ya robbal alamin.

nuhuuuns,
mang asep kabayan
www.dkabayan.com



__._,_.___

Attachment(s) from Mang Aska | View attachments on the web

6 of 6 Photo(s)


__,_._,___
Picon

Sakola Alam Almanar, Garut?



Sakola Alam Almanar, Garut?

Usum liburan Lebaran, keur barudak kota mah resep ulin ka Ciater, Pangandaran, Cipanas Tarogong, jeung tempat rekreasi sejenna. Tinggujubar ngojay, babaseuhan, ulin cai. Eak-eakan galumbira. Sakitu ngongkos, mayar ge daraek we. Ari keur barudak Madrasah Tsanawiyah Almanar mah ulin cai teh gratis. Bisa unggal poe, iraha wae. Unggal poe ka sakola tinggujubar meuntas walungan.

Memang prestasi hebat ieu teh, keur Bupati Garut jeung Gubernur Jabar mah. Geus bisa nyiptakeun sakola alam, calon atlet meuntas walungan. Sugan we eta barudak teh bakal jadi juara dina olimpiade meuntas walungan sadunya.

http://news.detik.com/read/2014/01/15/131847/2467636/10/lihat-bocah-madrasah-di-garut-ini-harus-nyebur-ke-sungai-untuk-bisa-sekolah 




__._,_.___
Posted by: Ki Hasan <khs579 <at> gmail.com>


http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]




__,_._,___
Picon

BBC - Gosip Wagub Tembus ka BBC



Nepi oge ka BBC ieu gosip Wagub teh.
===

Indonesia: Moonlighting politician told to stop acting

An actor-turned-politician has been told to stop appearing in soap operas and concentrate on his job, it appears.

Deddy Mizwar was one of Indonesia's most recognisable actors before trying his hand at politics and becoming deputy governor of West Java representing the Islamist Prosperous Justice Party. However, the country's Corruption Eradication Commission (KPK) has told him to stop appearing in a soap opera and "concentrate on serving his constituents",Indonesian news website Kompas reports.

http://www.bbc.com/news/blogs-news-from-elsewhere-28308270



__._,_.___
Posted by: Ki Hasan <khs579 <at> gmail.com>


http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]




__,_._,___

Gmane