Picon

Galura, Sunda Bihari Sunda Kiwari (y) [1 Attachment]

[Attachment(s) from Mang Aska included below]

Manstaaaaap.... alhamduliah asup koran Galura euy (y) ... Nuhuuuuns Kang Nanang dan Grup Pikiran Rakyat (y).

Ada Komunitas Intelektual Muda Jatigede oge anu jelas2 menolak Bendungan Jatigede sedang terus bekerjasama dengan YLBHI akan menempuh proses hukum mem PTUN kan, ke Mahkamah Konstitusi, Komnas HAM , dan ke KPK atas korupsi yg telah dilakukan.

Bravooooo KIMsJatigede (y).

Panceg dina galur ngajaga lembur cadu mundur najan awak lebur (y)

nuhuuuns,
mang asep kabayan
www.dkabayan.com



__._,_.___

Attachment(s) from Mang Aska | View attachments on the web

1 of 1 Photo(s)

Posted by: Mang Aska <dkabayan <at> gmail.com>


http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]




__,_._,___
Picon

FAITH ~ Iman kepada Tuhan YMK - Re: Semoga Dollar tembus Rp. 20.000 -Re: [Senyum-ITB] KEMERDEKAAN RUPIAH



Iya tepat sekali sama seperti Agama Kang xixixi hanya orang yang percaya kepada Alloh SWT yang bisa mempercayai keberadaannya xixixi kalau pure scientist mah ya cenderung Atheist, ngak akan percaya wkkk.

Bagaimana coba mempercayai surat Al Fiil? Alloh SWT menurunkan burung pelempar batu api untuk menjaga Ka'bah Kabuyutan Rosululloh SAW dari serangan pasukan Gajah yang akan menghancurkannya? Burung pelempar batu please deh ah... emang ada dan pernah megang burung pelempar batu panas? Rosululloh sedang ngalindur kitu bikin ayat begitu hehehe. Itu kata yang tidak percaya ;).

Coba tanya dalam hati yang sesungguhnya apakah kita masih percaya kepada Alloh SWT sedemikian sehingga kita tidak bisa lagi berbuat buruk dan merugikan orang lain?

Orang2 di Kabuyutan Cipaku apalah artinya mereka, ngak punya apa2 mereka mah... hanya punya keyakinan satu saja bahwa Alloh SWT yang selalu melindungi dan menjaga mereka sama seperti Tanda2 Kebesaran Alloh SWT yg sudah ditunjukan sebelum2nya :). Makanya pemerintah mau menggenangi mereka masih aja menanam padi apa ngak takut tuh tiba2 misalnya pemerintah menutup terowongan dan air kemudian menggenangi dan menenggelamkan mereka?

Coba siapa yang mempercayai nabi Nuh bahwa akan terjadi banjir bandang yg menenggelamkan semuanya? Nabi Nuh ditertawakan semua orang ketika dia sedang membuat Perahu di Musim Kemarau terik panas benderang... Nuh kamu gila ya? xixixi. Cerita nabi nuh serius atau boongan? Percaya ngak kita hayoo? xixixi.

Bangsa Indonesia saat ini keberadaan Tuhan hanya lah sebagai hiasan hari raya sajah tidak benar2 BERIMAN kepada-Nya. Kalo benar2 beriman maka tidak akan ada keberanian sedikitpun untuk menipu, korupsi, menyakiti hati orang lain, serakah, berbohong, dll. Indonesia menjadi negara makmur kalau percaya kepada Tuhan YMK mah hehehe.

Jatigede kata kasepuhan mah Tanda2 Kebesaran Alloh SWT untuk menyadarkan umatnya dan hanya bisa dipahami dan dimengerti oleh2 orang2 yang beriman kepada-Nya :).

Di Situs Cipeueut Aji Putih itu tidak ada yang di kubur dan bukan makam/ kuburan hehehe makanya aneh aja pemerintah kok merelokasi situs, apanya yang mau dipindahkan wkkk udah gitu bikin plang relokasi situs lagi wkkkk bener2 lucu seharusnya bukan relokasi tapi REPLIKA wkkk. Karena Situs tidak akan pernah bisa dipindahkan.

Di detik.com sekarang ramai membahas relokasi situs ada ritual mindahin roh lagi hahahaha haduuuuh ya Alloh ya robbi....sesat sekali pemikiran seperti itu. Bener2 pemerintah hanya mikirin proyek sajah :(. Proyek relokasi situs : duiiiiiiit hiks hiks hiks. Yang bodornya lagi ahli sejarah lagi yang melakukannya dari musium xixixi.

Disana hanya ada BATU TUNGGAL simbol Ketuhanan Yang Maha Esa xixixi batu itu kalau dipindah juga gampang sebenernya... cuman kenapa masyarakat begitu melindunginya sampai Mang Iyat di Detik.com bikin statement sampai titik darah penghabisan akan melindunginya hehehe. Syaratnya apa mau datang kesana xixixi ngak ada syarat apa2 cuman hati bersih saja xixixi... ngak perlu bawa sesajen, ngak perlu macem2... malah kalau macem2 akan kena batunya xixixi... kalo punya niat buruk akan ada balasannya sesuai aturan  Alloh SWT apa yg ditanam itu yg dituai :).

Aji Putih, Aji : Ilmu, Putih : Bersih... lah disana cuman tempat para leluhur membersihkan hati untuk berdzikir memuja Alloh SWT, Sanghyang Tunggal, Nu Kawasa, Nu Ngersakeun, Nu Maha Murbeng Alam :).

nuhuuuns,
mang asep kabayan
www.dkabayan.com

On Dec 16, 2014 4:56 PM, "'Akhmad Khaqim' akhmadkh <at> yahoo.com [Senyum-ITB]" <Senyum-ITB <at> yahoogroups.com> wrote:
 

Kang,

Cerita Jatigede ini mirip cerita Jago Berkokok.

Gara2 Jago Berkoko di pagi hari maka matahari terbit ... Begitu keyakinan para ayam Jago.

Powered by Telkomsel BlackBerry®
Date: Tue, 16 Dec 2014 12:15:27 +0700
Subject: Semoga Dollar tembus Rp. 20.000 -Re: [Senyum-ITB] KEMERDEKAAN RUPIAH [3 Attachments]

 

Sepakat pisan.... MERDEKA!!! ngapain apa2 pake dollar? dari situ saja tercermin bangsa ini tidak mempercayai Kearifan Local dan tidak mempercayai produk bangsanya sendiri yaitu Rupiah hehehe. Sewa Mall aja dalam US Dollar beuuuuuuuu!!

Kadang suka lucu tiap santer2 Jatigede mau digenangi ya begini ini kondisinya... dulu 97an juga begitu... Suharto tanda tangan kepres Jatigede langsung krismon... dollar naek 18.000... yg tadinya Suharto bermimpi mau Ngadeg jadi Pandhito laaaah kok Pandhito/ Resi/ Guru menenggelamkan Kabuyutan tempat para Resi mengajarkan moral, attitude, dll.

2004 Tsunami Aceh, 2008 krismon lagih... bencana sejak Aceh ngak pernah berhenti ada ajah... Jatigede bukitnya dibom bikin terowongan Bom juga merajalela di Indonesia, Kabuyutan baru mau digenangi Jakarta dan daerah lain termasuk negara kontraktornya yaitu China udah berkali2 didera banjir dan longsor. Tahun 2013 lalu... dollar naik... kedelai langka... ngak pada bisa jualan tahu ... 2014 ya begini lagi.. gara2 santer Kepres mau ditandatangani hehehe... konon dollar diprediksi sampe 15.000 ya? yang merana siapa ya kaum borjuiiiis pastinya hehehe.

Beuki tarik beuki deukeut... semakin kencang pemerintah ingin menenggelamkan, semakin cepat pula bertubi2 bencana bagi dunia.... Masyarakat Kabuyutan mah berharap Dollar sampe 20.000 lah hehehe biar kearifan lokal bisa terjaga hehehe. Mau dollar 5jt juga ngak ngaruh lha wong mereka beras nanem sendiri, daging ayam miara sendiri, sapi, kambing, ikan miara sendiri hehehe.... ngak ada duit sepeser pun asal mau jalan ke sungai menjala ikan dan mampir ke kebun ngambil lalapan udah bisa hidup nikmat dan sehat. Mereka masyarakat yg produktif bukan masyarakat yg konsumtif.

Self Sustained Village, Desa Mandiri yg Merdeka, Berdaulat, yang seharusnya menjadi contoh EKONOMI MARHAENIS KERAKYATAN sesuai cita2 founding father Bung Karno, malah mau dirusak dan ditenggelamkan!

Bangsa yang kwalat pisan!

nuhuuuns,
mang asep kabayan
www.dkabayan.com

On Dec 16, 2014 10:13 AM, "rudy_setyopurnomo <at> yahoo.com [Senyum-ITB]" <Senyum-ITB <at> yahoogroups.com> wrote:
 

‎Teman2 ku, 
Agar RUPIAH KUAT maka perdagangan antar perusahaan Indonesia HARUS memakai RUPIAH. Antar BUMN, perusahan nasional, Tidak perlu pakai US$ sehingga kebutuhan Dollar turun dan Rupiah Kuat. 
Masalah resiko dan harga, BISA dihitung dan disepakati sesama anak bangsa.

 Tapi Perdagangan Indonesia HARUS dan PERLU pakai RUPIAH. 

Mari kita perjuangkan kemerdekaan RUPIAH. 

M E R D E K A!!!!!



__._,_.___
Posted by: Mang Aska <dkabayan <at> gmail.com>


http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]




__,_._,___
Picon

Rekening Gendut Aher?



Karma Jatigede lagi? Aher yg paling bersemangat menenggelamkan Kabuyutan, apakah nasibnya akan sama seperti Dani Setiawan yg selesai menjabat langsung ditangkap KPK di rumahnya? Dani Setiawan Gubernur Jabar yg menyetujui pembangunan Jatigede. Aher Gubernur Jabar yg menyetujui relokasi situs dan juga penggenangan Jatigede yg menenggelamkan 1389 Ha hutan, 810.000 pohon akan ditebang (alih fungsi hutan?), 2500 Ha sawah subur, puluhan situs cagar budaya & spiritual masyarakat, dll.

Aher juga ngojok2 Jokowi terus utk segera menandatangani Kepres Jatigede biar Jokowi bentrok dengan Masyarakat.

http://m.tempo.co/read/news/2014/12/15/063628533/Kata-KPK-Soal-Rekening-Gendut-Gubernur-Aher?utm_medium=twitter&utm_source=twitterfeed

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Bambang Widjojanto enggan berkomentar soal transaksi mencurigakan dalam kasus Bank BJB. Laporan transaksi itu dikabarkan sudah diserahkan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan ke lembaga penegak hukum bersamaan dengan laporan transaksi keuangan sejumlah kepala daerah.

"Saya belum tahu. Harusnya data soal rekening itu tidak dibongkar dulu," katanya seusai mengisi acara "Demokrasi tanpa Korupsi" yang diselenggarakan Indonesian Corruption Watch di Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Ahad, 14 Desember 2014. (Baca: Diduga Berekening Gendut,Berapa Gaji Alex Noerdin?)

Kasus dugaan korupsi di Bank Jabar Banten mencuat ketika bank yang sebagian besar sahamnya dimiliki Pemerintah Provinsi Jawa Barat itu membeli 14 dari 27 lantai T-Tower yang rencananya dibangun di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menjabat sebagai komisaris bank tersebut. "Penyidik yang baik tentu tidak akan membongkar-bongkar rencana penyelidikan," ujar Bambang.

Bambang menyatakan masih mempelajari temuan PPATK ihwal sejumlah nama kepala daerah yang memiliki rekening gendut dan transaksi mencurigakan. Temuan itu, kata dia, tidak menjadi prioritas penyelidikan KPK karena merupakan Laporan Hasil Analisis kiriman dan bukan yang diminta langsung oleh KPK. "Kami masih pelajari lagi. Harus hati-hati sekali," katanya. (Baca: Perusahaan Fiktif, Modus Kirim Dana Rekening Gendut)

Pembelian menara T-Tower untuk kantor BJB itu disepakati dengan harga Rp 543,4 miliar. Rapat direksi kemudian setuju membayar uang muka 40 persen atau sekitar Rp 217,36 miliar pada 12 November 2012. Kemudian ditemukan sejumlah kejanggalan dalam transaksi tersebut. Misalnya, status tanah yang diduga milik perusahaan lain sehingga rawan sengketa, harga tanah yang jauh di atas harga pasar, hingga pembayaran uang muka yang menyalahi ketentuan. (Baca: Harta Fauzi Bowo Naik Rp 13 Miliar dalam 2 Tahun)

Tidak hanya ke KPK, PPATK juga menyerahkan daftar kepala daerah yang memiliki transaksi mencurigakan itu ke Kejaksaan Agung. Beberapa nama yang dilaporkan memiliki rekening gendut adalah Nur Alam, Gubernur Sulawesi Tenggara; dan juga mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. Semua gubernur yang dituding memiliki aliran dana mencurigakan ini kompak membantah. (Baca: Inikah Transaksi Rekening Gendut Foke?)

nuhuuuns,
mang asep kabayan
www.dkabayan.com



__._,_.___
Posted by: Mang Aska <dkabayan <at> gmail.com>


http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]




__,_._,___
Picon

Re: Gandhi: Dunia ini cukup memberi kebutuhan kita, tapi tidak untuk keserakahan kita



Sae pisan... nerek tengab... ajiiib pisan... bravo magnifico hehehe.

Life is easy, hirup mah sederhana pisan sebebernya makan, minum, berkarya berbuat kebaikan :).

http://m.youtube.com/watch?v=21j_OCNLuYg

Video yang keren dari Jon Jandai... Life is easy!

Indonesia itu begitu luas mungkin kalau dibagi rata lahan negara kita ini ada lah minimal 10Ha an mah per orang udah lebih dari cukup utk bisa hidup sejahtera :).

Lha ini satu orang bisa punya Jutaan Ha, udah gituh banyak yg terbengkalai pula :(.

Masyarakat agraris yg harmonis dengan alam pelan2 didesak utk mengikuti ritme ibukota yg ada Urbanisasi terus2an :(.

nuhuuuns,
mang asep kabayan
www.dkabayan.com

On Dec 16, 2014 10:56 AM, "'Moderator ( Senyum-ITB-owner <at> yahoogroups.com )' ganeshabaik1 <at> gmail.com [Senyum-ITB]" <Senyum-ITB <at> yahoogroups.com> wrote:
 

Video: Mahatma Gandhi dan Wahyu Saidi SI'81 mengajak keliling India di
http://senyum-itb.blogspot.com/2014/12/gandhi-dunia-ini-cukup-memberi.html

The world has enough for our needs,
but not enough for our greed (Gandhi)..

Keluarga ular sanca (termasuk anakonda) sepintas nampak seperti mahluk
rakus. Mangsa ditelan bulat-bulat tanpa sisa, sampai ular
menggelembung tidak bisa bergerak. Tapi sebenarnya dia mahluk yang
sangat hemat. Dia menabung dan mengkonsumsi tabungan secukupnya. Enam
bulan kemudian dia tidak lagi memburu celeng. Ada kesempatan celeng
berkembang biak. Perhatikan periodanya, harmonis sekali.

Sebaliknya, manusia mempunyai punya daya pikir. Sayangnya daya pikir
bisa diarahkan kearah berbeda. Sebagian manusia menumpuk harta untuk
tujuh turunan delapan tanjakan sembilan tikungan. Untuk itu dia
bersedia jadi munafik dan menghilangkan kemaluannya. Bersedia memakai
bedil, pulpen, media, bahkan kitab suci sebagai alat. Dan karena
ekonomi (volume produksi) pada setiap saat ada batasnya maka kerakusan
harus mengorbankan orang lain. Kerakusan berakibat zero sum game..

Video, foto, dan kisah selanjutnnya di
http://senyum-itb.blogspot.com/2014/12/gandhi-dunia-ini-cukup-memberi.html



__._,_.___
Posted by: Mang Aska <dkabayan <at> gmail.com>


http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]




__,_._,___
Picon

Semoga Dollar tembus Rp. 20.000 -Re: [Senyum-ITB] KEMERDEKAAN RUPIAH [3 Attachments]

[Attachment(s) from Mang Aska included below]

Sepakat pisan.... MERDEKA!!! ngapain apa2 pake dollar? dari situ saja tercermin bangsa ini tidak mempercayai Kearifan Local dan tidak mempercayai produk bangsanya sendiri yaitu Rupiah hehehe. Sewa Mall aja dalam US Dollar beuuuuuuuu!!

Kadang suka lucu tiap santer2 Jatigede mau digenangi ya begini ini kondisinya... dulu 97an juga begitu... Suharto tanda tangan kepres Jatigede langsung krismon... dollar naek 18.000... yg tadinya Suharto bermimpi mau Ngadeg jadi Pandhito laaaah kok Pandhito/ Resi/ Guru menenggelamkan Kabuyutan tempat para Resi mengajarkan moral, attitude, dll.

2004 Tsunami Aceh, 2008 krismon lagih... bencana sejak Aceh ngak pernah berhenti ada ajah... Jatigede bukitnya dibom bikin terowongan Bom juga merajalela di Indonesia, Kabuyutan baru mau digenangi Jakarta dan daerah lain termasuk negara kontraktornya yaitu China udah berkali2 didera banjir dan longsor. Tahun 2013 lalu... dollar naik... kedelai langka... ngak pada bisa jualan tahu ... 2014 ya begini lagi.. gara2 santer Kepres mau ditandatangani hehehe... konon dollar diprediksi sampe 15.000 ya? yang merana siapa ya kaum borjuiiiis pastinya hehehe.

Beuki tarik beuki deukeut... semakin kencang pemerintah ingin menenggelamkan, semakin cepat pula bertubi2 bencana bagi dunia.... Masyarakat Kabuyutan mah berharap Dollar sampe 20.000 lah hehehe biar kearifan lokal bisa terjaga hehehe. Mau dollar 5jt juga ngak ngaruh lha wong mereka beras nanem sendiri, daging ayam miara sendiri, sapi, kambing, ikan miara sendiri hehehe.... ngak ada duit sepeser pun asal mau jalan ke sungai menjala ikan dan mampir ke kebun ngambil lalapan udah bisa hidup nikmat dan sehat. Mereka masyarakat yg produktif bukan masyarakat yg konsumtif.

Self Sustained Village, Desa Mandiri yg Merdeka, Berdaulat, yang seharusnya menjadi contoh EKONOMI MARHAENIS KERAKYATAN sesuai cita2 founding father Bung Karno, malah mau dirusak dan ditenggelamkan!

Bangsa yang kwalat pisan!

nuhuuuns,
mang asep kabayan
www.dkabayan.com

On Dec 16, 2014 10:13 AM, "rudy_setyopurnomo <at> yahoo.com [Senyum-ITB]" <Senyum-ITB <at> yahoogroups.com> wrote:
 

‎Teman2 ku, 
Agar RUPIAH KUAT maka perdagangan antar perusahaan Indonesia HARUS memakai RUPIAH. Antar BUMN, perusahan nasional, Tidak perlu pakai US$ sehingga kebutuhan Dollar turun dan Rupiah Kuat. 
Masalah resiko dan harga, BISA dihitung dan disepakati sesama anak bangsa.

 Tapi Perdagangan Indonesia HARUS dan PERLU pakai RUPIAH. 

Mari kita perjuangkan kemerdekaan RUPIAH. 

M E R D E K A!!!!!



__._,_.___

Attachment(s) from Mang Aska | View attachments on the web

3 of 3 Photo(s)

Posted by: Mang Aska <dkabayan <at> gmail.com>


http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]




__,_._,___
Picon

#Haiku Sunda 6



#Haiku Sunda 6

Umpama Maung,
sieun ku basa Indung,
poho ngagerem.

* Haiku: Puisi klasik Jepang, 3 baris, 17 engang, 5-7-5.
* Sapoé sa-haiku, ti waktu ka waktu nambahan hiji-dua kosa kecap.


__._,_.___
Posted by: Ki Hasan <khs579 <at> gmail.com>


http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]




__,_._,___
Picon

Jangan abaikan daerah rawan bencana!



Lemah sagandu diganggu balai sadunya, Kabuyutan dirusak bencana bagi dunia!

Kadang manusia modern suka takabur dan mengabaikan potensi bencana yg mungkin terjadi :(.

Contoh di Jatigede Leluhur sudah meramalkan akan terjadinya bencana apabila Jatigede jadi digenangi, namun diabaikan dan cenderung ditertawakan karena dianggap kuno, kampungan, dll padahal mungkin leluhur sudah punya historical database/ record sedemikian sehingga mereka menjadikan tempat itu sebagai tempat yg kritis/ tinggi nilainya menjadi kabuyutan yg harus dijaga/ dilestarikan

Gunung kayuan, lamping awian, legok balongan, datar imahan, cinyusu rumateun, basisir jagaeun, situ pulasaraeun, jrrd.

Turut prihatin dan bela sungkawa utk korban bencana longsor di Banjarnegara Jawa Tengah, semoga tidak terjadi lagi.

http://m.detik.com/news/read/2014/12/15/183801/2778052/10/

Senin, 15/12/2014 18:38 WIB
Ini Hasil Investigasi UGM soal Aspek Geologi Bencana Longsor Banjarnegara
Sukma Indah Permana - detikNews

Yogyakarta - Universitas Gadjah Mada (UGM) melakukan investigasi terhadap lokasi longsor Banjarnegara. Berdasarkan peta geologi, diketahui Kecamatan Karangkobar memang masuk ke zona merah rawan longsor.

"Karangkobar masuk zona merah (rawan longsor)," ujar ‎dosen Jurusan Geologi UGM Wahyu Wilopo, di Gedung Pusat UGM, Yogyakarta, Senin (15/12/2014).

Wahyu menjelaskan, Karangkobar berada di lereng yang curam. Selain itu lokasi ini juga wilayah yang berupa lapisan tanah yang tebal yang dipengaruhi proses alterasi atau pelapukan yang yang berasal dari dalam bumi.

"Longsor dengan diameter yang besar. Tingginya 100 meter, lebar mencapai 500 meter, dengan loncatan tanah hingga 600 meter,"‎ ujar Wahyu.

"Struktur geologi yang kompleks dengan ditemukannya banyak patahan," imbuhnya.

Di desa ini juga terdapat penempatan lahan yang kurang aman. Misalnya pembukaan lahan sawah di lahan yang letaknya di atas rumah penduduk.

Tak hanya itu, Wahyu yang telah mendatangi lokasi longsor pada Sabtu (13/12) lalu juga melihat adanya sistem drainase yang kurang baik.

"Posisi sawah atau kebun yang kurang sesuai tempatnya cenderung memperbesar potensi longsor," kata Wahyu.

Ditambah lagi, curah hujan yang tinggi mengguyur kawasan ini. Dari data yang diperoleh dari BMKG dan dipaparkan oleh Wahyu, intensitas curah hujan di lokasi tersebut pada 10 Desember 33mm/hari, 11 Desember 112,7 mm/hari, 12 Desember 101,4 mm/hari, dan 13 Desember 4 mm/hari.

(sip/try)

nuhuuuns,
mang asep kabayan
www.dkabayan.com



__._,_.___
Posted by: Mang Aska <dkabayan <at> gmail.com>


http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]




__,_._,___
Picon

Dibantu Kiri dan halooow Obama ;) - Re: [ALUMNI-IPB] Re: HAL: [Landy_Series] Hanupis Bang Arya Sinulingga dan Teh Laras :) [6 Attachments]

[Attachment(s) from Mang Aska included below]

Alhamdulillah Mang Sirod temen2 dari barisan Kiri sangat mensupport dari dulu, dulu masyarakat semangat berjuang namun jaman itu banyak yg diintimidasi baik oleh Mafia Tanah/ Rumah Hantu juga oleh yg berkuasa :(. Dahulu salah satu Tokoh Nasional dan Konglomerat yg memperjuangkan Jatigede itu Setiawan Djodi.

Lucu juga nih haluan kiri melawan RRC yang dahulu kiri sekarang sih RRC mah udah setengah kiri ya..
soulnya sudah Kapitalist xixixi.

Kita lihat ajah Mang Sirod jangankan Jokowi, Suharto aja dulu ngak bisa membendung Cimanuk hehehe. yg sudah2 sih yg berniat menenggelamkan Kabuyutan kalo ngak terhina ya mati Stroke hehehe... Kuncennya aja yg menandatangani persetujuan Relokasi Situs langsung Stroke... Bupati Sumedang Stroke mendadak meninggal di Jatigede hehehe. Mang Sirod bilang itu JURIG, masyarakat disana meyakini itu Kuasa Nu Kawasa, Nu Ngersakeun, Numaha Murbeng Alam :). Pa ma ya mal miskola darotin hoiroy yaroh... wa ma ya mal miskola darotin saroy yaroh... apa yg ditanam itu yg dituai! Lemah Sagandu Diganggu Balai Sadunyah :).

Majalah Detik udah pernah membahasnya... Banyak Masyarakat terutama yg beragama Sunda, orang sekarang bilangnya Kepercayaan Sunda Wiwitan padahal mah Agama Sunda hehehe yg sampai sekarang tidak diakui sebagai agama resmi Indonesia, mereka rela mati mempertahankan Kabuyutannya, jadi nanti kita bakal lihat Mbah Priuk Jilid Dua bahkan lebih parah karena ada lebih dari 11.000 KK yg masih tinggal disana hehehe.

Pemerintah kok kelakuannya kayak ISIS ya yg suka menghancurkan Cagar Budaya & Spiritual dan tidak menghargai penganut Kepercayaan lainnya. Padahal kalau mau belajar dari Rosululloh SAW mah PAMAN ROSUL Abdul Thalib pan sampai akhir khayat tidak masuk Islam tetep saja Rosul sangat menghormati mereka. Mudah2an Jokowi ngak terhasut oleh Partey dan Orang2/ Pemimpin yg sangat benci keragaman, Jaipong Haram, Sintren Haram, Situs Kabuyutan ditenggelamkan :(.

Waktu ada kunjungan dari Pejabat dari Partey ituh ke lokasi bendungan dan Kasepuhan dari Komunitas Kabuyutan menyampaikan bahwa disana ada puluhan Situs2 Cagar Budaya dan Spiritual yg masih disakralkan oleh Masyarakat jawabannya karena itulah harus ditenggelamkan :(.... Dasar ISIS :P.

Obama mana nih Obama... ada yg punya Alamat Emailnya Obama? Mau kirim email untuk membasmi Spirit ISIS di Indonesia nih! kalo ada yg tahu japri ke Mamang ya... Musuhnya ISIS siapa lagi ya?

Kira2 isi emailnya ke Obama begini xixixi... mohon dikoreksi yah Bahasa Linggisnya kalo ada salah2 tulis wkkk.

Dear Mr Obama,

Greeting Mr. Obama, please help the People of Kabuyutan Cipaku preserving their ancient spiritual and religion of Sunda.  I believe Indonesia should be a country for many believes and religion similar to America, Unity in Diversity. Religion is one of the human right that must be preserved and protected.

They are now fighting ISIS type government who will destroy their ancient cultural village & spiritual sites by the Dam Jatigede project financed by Chinese Exim Bank and Constructed by Sinohydro, Largest Chinese Dams Construction Company. They also will be forced to move from their village. There are 1389 Hektar forest approximately 800.000 trees will be destroyed, 2500 fertile rice plantation which normaly 2 to 3 times crop per year will be destroyed, and more than 25 Spiritual Sites will be destroyed.

The ISIS spirit now spreading like disease in Indonesia, please talk to Jokowi to stop Jatigede Project, if Jokowi refuse to stop the project please send Military Troops to Stop the Project. The people in Cipaku Village will join your army. They have experience during Darul Islam rebelation to build Islamic Country of Indonesia, The People of Kabuyutan Cipaku help the Indonesian Army to defence Indonesia to become Islamic Country. Now as the return from helping Indonesia, the Government will destroy their Spiritual Sites and also destroy their village by the Jatigede Dams. This kind of ISIS spirit in the Government of Indonesia and elsewhere must be eliminated imediately.

In 1970 World Bank and ADB has conducted Feasibility Study and the result The Project is not Feasible then the World Bank cancel the loan and the project was stopped. In 2004 the government forced the project to continue financed by China Exim Bank and in return Chinese Conystruction Company who built the project.

Thank you in advance Mr. Obama, God Bless America and Indonesia :). Go To Hell ISIS!

Enclosed Indonesian Magazine, Majalah Detik, in Bahasa  published the statement from the people that they will defence their ancient spiritual sites until their last breath. Thanks to God that you have stayed in Indonesia for some times and  understand Bahasa a litle bit, maybe this is your destiny to help the people save their ancient spiritual sites.

nuhuuuns,
mang asep kabayan
www.dkabayan.com

On Dec 15, 2014 9:28 AM, "'M. Sirod' msirod <at> gmail.com [ALUMNI-IPB]" <ALUMNI-IPB <at> yahoogroups.com> wrote:
 

Baru tahu kalau Sri Bintang sapanuju dengan si mamang euy, salut Lah.

Mang, dapat info dari blusukan saya ke jabar kemarin, pemerintah skrg aka pak Jokowi akan melanjutkan proyek Jatigede. Semoga bisa disinergikan dengan niat beliau...

Ms

On Dec 12, 2014 6:06 AM, "Mang Aska dkabayan <at> gmail.com [ALUMNI-IPB]" <ALUMNI-IPB <at> yahoogroups.com> wrote:
 
[Attachment(s) from Mang Aska included below]

Nuhuuuns Teteh, kalo bukan kita siapa lagih hehehe.

Alhamdulillah pelan2 kesadaran gerakan memajukan kebudayaan lokal sudah mulai dalam tatanan pemerintahan juga seperti Mang Emil yang bikin Rebo Nyunda dibalance dengan Kamis Inggris (y).

Jujurnya saat ini bangsa kita hanya menjadi penonton dan konsumen sajah padahal negara kita itu no.4 sedunia dari sisi SDM apanan jumlah orang terbanyak setelah China, India, Amerika, baru kemudian Indonesia :). Perlu kesadaran mendasar utk kembali mengkokohkan pondasi negara ini yaitu Bhinneka Tunggal Ika, Budaya Lokal adalah Citra Karsa Leluhur kita dan tentunya kita perlu melestarikan dengan cara mengembangkannya utk menghadapi tantangan global.

Sebagai contoh ya di Kabuyutan Cipaku itu hasil panen padi dibagi 3: 1. pabinihan/ dijadikan benih utk ditanam kembali, 2. Padaringan~ untuk dimakan sehari2 disimpen dalam goah/ gudang di dapur, dan 3. Paceklik ~ Untuk disimpan mengantisipasi di musim paceklik biasanya disimpen dalam Leuit :).

nilai2 itu sudah tidak dijalankan ole manusia modern banyak yg kemudian pendapatan dari takehomepay itu habis dipakai bayar cicilan malah cenderung tekor apalagi dengan menjamurnya kartu kridit, dan kridit2 lainnya, yg lucunya aja liburan aja ada program cicilan xixixi. Padahal nilai2 tersebut masih uptodate sebagai contoh kenapa China saat ini begitu kuat dan disegani karena National Reserve atau LEUIT-nya penuh hehehehe. Jadi dia bisa ngasi pinjaman, mengembangkan aneka macam produk, dll. Nah kita sebaliknya mengutip apa kata Bung Rhoma Sistem ekonominya, "gali lobang tutup lobang" hehehehe.

Salah satu yg membuat Mamang terinspirasi menyelamatkan Kabuyutan itu setelah berkunjung bersama rekan2 Komunitas Land Rover ke Ciptagelar dan melihat banyak leuit disana :). Hebatnya lagi aman banget disana dan ternyata setelah Mamang inget waktu kecil kakek banyak cerita ya kurang lebih seperti Ciptagelar bahkan Cipaku mah Baduynya Sumedang hehehe. Ada Leuweung Sasaka Domas juga disebutnya Situs Cipeueut ini hutan yang sangat disakralkan membawa ranting pojonnya pun tidak boleh :) Alhamdulillah sampai sekarang itu hutan kabuyutan tetap lestari.

Lucunya Bendungan Jatigede malah akan menebang 1389Ha hutan dengan 810.000 pohon belum lagi flora dan pauna lainnya hehehe ironis ya membangun bendungan penampung air tapi kok menenggelamkan hutan yang sumber mata air hehehe. Harisson Ford mana nih Harison Ford xixixi.

Terlampir foto2 lawas jaman ngojeg ka Ciptagelar bareng Kang Kiki TVOne xixixi.

nuhuuuns,
mang asep kabayan
www.dkabayan.com

On Dec 12, 2014 5:04 AM, "Ceunia niaprima47 <at> gmail.com [Landy_Series]" <Landy_Series <at> yahoogroups.com> wrote:
 

Salut buat mang kaby, semangatnya luar biasa buat jaga budaya... 


Dikirim dari ponsel cerdas Samsung Galaxy saya.


-------- Pesan asli --------
Dari: "Mang Aska dkabayan <at> gmail.com [Landy_Series]"
Tanggal:11/12/2014 22:27 (GMT+07:00)
Ke: Senyum-ITB , alumni-ipb <at> yahoogroups.com, Baraya_Sunda , urang sunda , kisunda <at> yahoogroups.com, kabuyutan <at> yahoogroups.com, Landy Series , "kota-bogor <at> yahoogroups.com"
Subjek: [Landy_Series] Hanupis Bang Arya Sinulingga dan Teh Laras :) [4 Attachments]

 

Dear all,
On behalf of the people of the Kabuyutan, we would like to  appreciate Bang Arya Sinulingga, Teh Laras, Para Kasepuhan Komunitas Kabuyutan, YLBHI yg telah membantu dalam perjuangan kami... hehehe so gaya pake bahasa linggis soalnya english day saur Mang Emil mah. Pokona mah tararengkyuuuu pisan lah hehehe.

Bang Arya Pemred MNCGroup sudah berkenan mengirimkan Tim Delik RCTI ke Kabuyutan Cipaku dan Jatigede mudah2an bisa mengekpose sisi lain yg sebelumnya di media hanya beredar issue seputar ganti rugi sajah padahal yg menikmati ganti rugi mah para mafia hehehe dari mulai mafia tanah dan mafia rumah hantu yg bermain...sebenernya banyak issue2 lain yg jauh lebih penting seperti issue budaya, potensi bencana, sumber daya alam, lingkungan, geologi, sosial, ekonomi, konflik agraria, dll.

Teh Laras akhirnya mentraktir Mamang di Chatter Box Plaza Senayan sambil bertemu Senior ITB yang punya akses ke Jokowi dan memberikan masukan yg berharga tentang bagaimana caranya membuat bahan presentasi atau informasi yg lebih Jokowi Friendly xixixi... Dengan polosnya Mamang membuat bahan presentasi yg sedikit ngayayay 62 Slide kalo ngak salah hehehe... akhirnya harus disummarykan menjadi 4 lembar yg mudah2an lebih enak dibaca oleh Jokowi hehehe berkat gawe rancage babarengan dengan para kasepuhan beberapa bait2 sakti pun akhirnya bisa tertuliskan xixixi Mamang juga suprise akhirnya bisa... Walopun jauh dari kata sempurna tapi minimal sudah lebih baik hehehe. Seperti yg Teh Laras sampaikan takutnya Jokowi belum mendapat info yg lengkap dan tergesa2 mengambil keputusan.

YLBHI bersama dengan Pak Sri Bintang Pamugkas infonya sedang mengupayakan utk bertemu Sekab utk memperjuangkan jangan sampai Jokowi menandatangani Kepres Operasional Penggenangan Jatigede. Semoga dilapangkan jalannya :).

Kang Odjat kasepuhan pituin Cipaku menyampaikan perjuangan ini bakal ibarat lari marathon yg pasti menguras stamina, kalau dalam Mithos ala Kabuyutan dan Pewayangan mah mah ibarat Wawacan Mundinglaya Dikusumah atau Neangan Layang Jamus Kalimushada beraaaaat euy hehehe it's almost impossible tapi ... alhamdulillah dengan sisa2 energi yg ada dan para kasepuhan lah yg terus memberi semangat setiap datang ke Kabuyutan memberikan tambahan energi begitu juga melihat http://www.facebook.com/SaveJatigede/ yg tiap hari terus bertambah "ngeureuyeuh" pelan-2 sekarang sudah 700 yg LIKE :). Yg bikin reugreug/ tenang teh Pareugreug xixixi mudah2an Mestakung :)

Mamang pun jadi banyak belajar tentang cara berkomunikasi dan berkoordinasi dgn para senior, ya walaupun titik akhirnya tidak tahu bagaimana hasilnya nanti tapi Mamang tidak focus on the result, pokoknya prosesnya dijalani sajah, hasilnya gimana nanti Mamang serahkan ke Alloh SWT sajah Nu Kawasa, Nu Ngersakeun, Nu Maha Murbeng Alam :). Kata kasepuhan juga memang ini teh Jatigede ~ Jati : Tuhan, Gede : Besar... ini memang tanda kebesaran Tuhan, akan indah pada akhirnya nanti.

Terlampir Oret-oretan Komunitas Kabuyutan tentang Jatigede untuk Jokowi, barangkali ada yg berkenan menyampaikannya ke Beliau atau ke pihak2 yg terkait semoga Yang Maha Kuasa memberikan balasan yg lebih atas semua kebaikannya :).

Berikut ini juga Mamang kirimkan Foto2 Kabuyutan Cipaku yang saat ini sedang sibuk menanam padi menyediakan pasokan pangan untuk masyarakat Indonesia :). Sesuai dengan hadist Rosululloh SAW bahwa walaupun besok pagi dunia akan kiamat dan kita memegang biji korma maka tanamlah :).

Ada foto juga anak kampung yg sedang nangkap belut, salah satu ciri khas tanah yg masih subur dan alami adalah belut masih berlimpah :). Oleh karenanya Kabuyutan Cipaku mah Desa Mandiri atau Self Sustained Village sebenernya karena hampir semua kebutuhan bisa dipenuhi sendiri :). Dunia mau krisis moneter pun mereka masih bisa hidup dengan kearifan budaya lokalnya.

Yang masih belum bisa Mamang bayangkan ketika mereka kemudian terusir dari Kabuyutannya maka barangkali Founding Father kita Bung Karno akan menangis di alam baka sana. Karena beliau sangat menghormati Mang Marhaen petani di Bandung Selatan yang memiliki dan mengelola sawahnya sendiri :).

Marhaenismeu ~ Mang Marhaen : Berdikari ~ Berdiri di atas kaki sendiri tidak hanya menjadi penonton dan hanya jadi konsumen sajah.

Sekali lagi Hanupis ~ hatur nuhun pisan Bang Arya, Teh Laras, Para Kasepuhan, dan rekan2 yg berkenan membaca imel2 dari Mamang yg eta deui... eta deui xixixi.

Wayahnya ya... mengutip Filem Independence Day... Dimana bumi sedang diserbu oleh segerombolan serangga xixixi... We will not surrender without a fight xixixi.

Wilujeng malem jumaahan sadayana.

Apabila berkenan, mohon utk yg peduli terhadap penyelamatan Kabuyutan Cipaku dapat membaca Mantra Piburungan Sangkuriang berikut ini, "urung-urung sangkuriang cimanuk burung dibendung cai banyu pada lungga mulia badan sampurna". 
Kasepuhan menyampaikan mantra ~ do'a dan Insya Alloh apabila lebih dari 40 orang do'a nya akan dikabulkan :).

pun sapun kaluluhuran...

nuhuuuns,
mang asep kabayan
www.dkabayan.com



__._,_.___

Attachment(s) from Mang Aska | View attachments on the web

6 of 6 Photo(s)


__,_._,___
Picon

Re: HAL: [Landy_Series] Hanupis Bang Arya Sinulingga dan Teh Laras :) [4 Attachments]

[Attachment(s) from Mang Aska included below]

Nuhuuuns Teteh, kalo bukan kita siapa lagih hehehe.

Alhamdulillah pelan2 kesadaran gerakan memajukan kebudayaan lokal sudah mulai dalam tatanan pemerintahan juga seperti Mang Emil yang bikin Rebo Nyunda dibalance dengan Kamis Inggris (y).

Jujurnya saat ini bangsa kita hanya menjadi penonton dan konsumen sajah padahal negara kita itu no.4 sedunia dari sisi SDM apanan jumlah orang terbanyak setelah China, India, Amerika, baru kemudian Indonesia :). Perlu kesadaran mendasar utk kembali mengkokohkan pondasi negara ini yaitu Bhinneka Tunggal Ika, Budaya Lokal adalah Citra Karsa Leluhur kita dan tentunya kita perlu melestarikan dengan cara mengembangkannya utk menghadapi tantangan global.

Sebagai contoh ya di Kabuyutan Cipaku itu hasil panen padi dibagi 3: 1. pabinihan/ dijadikan benih utk ditanam kembali, 2. Padaringan~ untuk dimakan sehari2 disimpen dalam goah/ gudang di dapur, dan 3. Paceklik ~ Untuk disimpan mengantisipasi di musim paceklik biasanya disimpen dalam Leuit :).

nilai2 itu sudah tidak dijalankan ole manusia modern banyak yg kemudian pendapatan dari takehomepay itu habis dipakai bayar cicilan malah cenderung tekor apalagi dengan menjamurnya kartu kridit, dan kridit2 lainnya, yg lucunya aja liburan aja ada program cicilan xixixi. Padahal nilai2 tersebut masih uptodate sebagai contoh kenapa China saat ini begitu kuat dan disegani karena National Reserve atau LEUIT-nya penuh hehehehe. Jadi dia bisa ngasi pinjaman, mengembangkan aneka macam produk, dll. Nah kita sebaliknya mengutip apa kata Bung Rhoma Sistem ekonominya, "gali lobang tutup lobang" hehehehe.

Salah satu yg membuat Mamang terinspirasi menyelamatkan Kabuyutan itu setelah berkunjung bersama rekan2 Komunitas Land Rover ke Ciptagelar dan melihat banyak leuit disana :). Hebatnya lagi aman banget disana dan ternyata setelah Mamang inget waktu kecil kakek banyak cerita ya kurang lebih seperti Ciptagelar bahkan Cipaku mah Baduynya Sumedang hehehe. Ada Leuweung Sasaka Domas juga disebutnya Situs Cipeueut ini hutan yang sangat disakralkan membawa ranting pojonnya pun tidak boleh :) Alhamdulillah sampai sekarang itu hutan kabuyutan tetap lestari.

Lucunya Bendungan Jatigede malah akan menebang 1389Ha hutan dengan 810.000 pohon belum lagi flora dan pauna lainnya hehehe ironis ya membangun bendungan penampung air tapi kok menenggelamkan hutan yang sumber mata air hehehe. Harisson Ford mana nih Harison Ford xixixi.

Terlampir foto2 lawas jaman ngojeg ka Ciptagelar bareng Kang Kiki TVOne xixixi.

nuhuuuns,
mang asep kabayan
www.dkabayan.com

On Dec 12, 2014 5:04 AM, "Ceunia niaprima47 <at> gmail.com [Landy_Series]" <Landy_Series <at> yahoogroups.com> wrote:
 

Salut buat mang kaby, semangatnya luar biasa buat jaga budaya... 


Dikirim dari ponsel cerdas Samsung Galaxy saya.


-------- Pesan asli --------
Dari: "Mang Aska dkabayan <at> gmail.com [Landy_Series]"
Tanggal:11/12/2014 22:27 (GMT+07:00)
Ke: Senyum-ITB , alumni-ipb <at> yahoogroups.com, Baraya_Sunda , urang sunda , kisunda <at> yahoogroups.com, kabuyutan <at> yahoogroups.com, Landy Series , "kota-bogor <at> yahoogroups.com"
Subjek: [Landy_Series] Hanupis Bang Arya Sinulingga dan Teh Laras :) [4 Attachments]

 

Dear all,
On behalf of the people of the Kabuyutan, we would like to  appreciate Bang Arya Sinulingga, Teh Laras, Para Kasepuhan Komunitas Kabuyutan, YLBHI yg telah membantu dalam perjuangan kami... hehehe so gaya pake bahasa linggis soalnya english day saur Mang Emil mah. Pokona mah tararengkyuuuu pisan lah hehehe.

Bang Arya Pemred MNCGroup sudah berkenan mengirimkan Tim Delik RCTI ke Kabuyutan Cipaku dan Jatigede mudah2an bisa mengekpose sisi lain yg sebelumnya di media hanya beredar issue seputar ganti rugi sajah padahal yg menikmati ganti rugi mah para mafia hehehe dari mulai mafia tanah dan mafia rumah hantu yg bermain...sebenernya banyak issue2 lain yg jauh lebih penting seperti issue budaya, potensi bencana, sumber daya alam, lingkungan, geologi, sosial, ekonomi, konflik agraria, dll.

Teh Laras akhirnya mentraktir Mamang di Chatter Box Plaza Senayan sambil bertemu Senior ITB yang punya akses ke Jokowi dan memberikan masukan yg berharga tentang bagaimana caranya membuat bahan presentasi atau informasi yg lebih Jokowi Friendly xixixi... Dengan polosnya Mamang membuat bahan presentasi yg sedikit ngayayay 62 Slide kalo ngak salah hehehe... akhirnya harus disummarykan menjadi 4 lembar yg mudah2an lebih enak dibaca oleh Jokowi hehehe berkat gawe rancage babarengan dengan para kasepuhan beberapa bait2 sakti pun akhirnya bisa tertuliskan xixixi Mamang juga suprise akhirnya bisa... Walopun jauh dari kata sempurna tapi minimal sudah lebih baik hehehe. Seperti yg Teh Laras sampaikan takutnya Jokowi belum mendapat info yg lengkap dan tergesa2 mengambil keputusan.

YLBHI bersama dengan Pak Sri Bintang Pamugkas infonya sedang mengupayakan utk bertemu Sekab utk memperjuangkan jangan sampai Jokowi menandatangani Kepres Operasional Penggenangan Jatigede. Semoga dilapangkan jalannya :).

Kang Odjat kasepuhan pituin Cipaku menyampaikan perjuangan ini bakal ibarat lari marathon yg pasti menguras stamina, kalau dalam Mithos ala Kabuyutan dan Pewayangan mah mah ibarat Wawacan Mundinglaya Dikusumah atau Neangan Layang Jamus Kalimushada beraaaaat euy hehehe it's almost impossible tapi ... alhamdulillah dengan sisa2 energi yg ada dan para kasepuhan lah yg terus memberi semangat setiap datang ke Kabuyutan memberikan tambahan energi begitu juga melihat http://www.facebook.com/SaveJatigede/ yg tiap hari terus bertambah "ngeureuyeuh" pelan-2 sekarang sudah 700 yg LIKE :). Yg bikin reugreug/ tenang teh Pareugreug xixixi mudah2an Mestakung :)

Mamang pun jadi banyak belajar tentang cara berkomunikasi dan berkoordinasi dgn para senior, ya walaupun titik akhirnya tidak tahu bagaimana hasilnya nanti tapi Mamang tidak focus on the result, pokoknya prosesnya dijalani sajah, hasilnya gimana nanti Mamang serahkan ke Alloh SWT sajah Nu Kawasa, Nu Ngersakeun, Nu Maha Murbeng Alam :). Kata kasepuhan juga memang ini teh Jatigede ~ Jati : Tuhan, Gede : Besar... ini memang tanda kebesaran Tuhan, akan indah pada akhirnya nanti.

Terlampir Oret-oretan Komunitas Kabuyutan tentang Jatigede untuk Jokowi, barangkali ada yg berkenan menyampaikannya ke Beliau atau ke pihak2 yg terkait semoga Yang Maha Kuasa memberikan balasan yg lebih atas semua kebaikannya :).

Berikut ini juga Mamang kirimkan Foto2 Kabuyutan Cipaku yang saat ini sedang sibuk menanam padi menyediakan pasokan pangan untuk masyarakat Indonesia :). Sesuai dengan hadist Rosululloh SAW bahwa walaupun besok pagi dunia akan kiamat dan kita memegang biji korma maka tanamlah :).

Ada foto juga anak kampung yg sedang nangkap belut, salah satu ciri khas tanah yg masih subur dan alami adalah belut masih berlimpah :). Oleh karenanya Kabuyutan Cipaku mah Desa Mandiri atau Self Sustained Village sebenernya karena hampir semua kebutuhan bisa dipenuhi sendiri :). Dunia mau krisis moneter pun mereka masih bisa hidup dengan kearifan budaya lokalnya.

Yang masih belum bisa Mamang bayangkan ketika mereka kemudian terusir dari Kabuyutannya maka barangkali Founding Father kita Bung Karno akan menangis di alam baka sana. Karena beliau sangat menghormati Mang Marhaen petani di Bandung Selatan yang memiliki dan mengelola sawahnya sendiri :).

Marhaenismeu ~ Mang Marhaen : Berdikari ~ Berdiri di atas kaki sendiri tidak hanya menjadi penonton dan hanya jadi konsumen sajah.

Sekali lagi Hanupis ~ hatur nuhun pisan Bang Arya, Teh Laras, Para Kasepuhan, dan rekan2 yg berkenan membaca imel2 dari Mamang yg eta deui... eta deui xixixi.

Wayahnya ya... mengutip Filem Independence Day... Dimana bumi sedang diserbu oleh segerombolan serangga xixixi... We will not surrender without a fight xixixi.

Wilujeng malem jumaahan sadayana.

Apabila berkenan, mohon utk yg peduli terhadap penyelamatan Kabuyutan Cipaku dapat membaca Mantra Piburungan Sangkuriang berikut ini, "urung-urung sangkuriang cimanuk burung dibendung cai banyu pada lungga mulia badan sampurna". 
Kasepuhan menyampaikan mantra ~ do'a dan Insya Alloh apabila lebih dari 40 orang do'a nya akan dikabulkan :).

pun sapun kaluluhuran...

nuhuuuns,
mang asep kabayan
www.dkabayan.com



__._,_.___

Attachment(s) from Mang Aska | View attachments on the web

4 of 4 Photo(s)

Posted by: Mang Aska <dkabayan <at> gmail.com>


http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]




__,_._,___
Picon

Hanupis Bang Arya Sinulingga dan Teh Laras :) [4 Attachments]

[Attachment(s) from Mang Aska included below]

Dear all,
On behalf of the people of the Kabuyutan, we would like to  appreciate Bang Arya Sinulingga, Teh Laras, Para Kasepuhan Komunitas Kabuyutan, YLBHI yg telah membantu dalam perjuangan kami... hehehe so gaya pake bahasa linggis soalnya english day saur Mang Emil mah. Pokona mah tararengkyuuuu pisan lah hehehe.

Bang Arya Pemred MNCGroup sudah berkenan mengirimkan Tim Delik RCTI ke Kabuyutan Cipaku dan Jatigede mudah2an bisa mengekpose sisi lain yg sebelumnya di media hanya beredar issue seputar ganti rugi sajah padahal yg menikmati ganti rugi mah para mafia hehehe dari mulai mafia tanah dan mafia rumah hantu yg bermain...sebenernya banyak issue2 lain yg jauh lebih penting seperti issue budaya, potensi bencana, sumber daya alam, lingkungan, geologi, sosial, ekonomi, konflik agraria, dll.

Teh Laras akhirnya mentraktir Mamang di Chatter Box Plaza Senayan sambil bertemu Senior ITB yang punya akses ke Jokowi dan memberikan masukan yg berharga tentang bagaimana caranya membuat bahan presentasi atau informasi yg lebih Jokowi Friendly xixixi... Dengan polosnya Mamang membuat bahan presentasi yg sedikit ngayayay 62 Slide kalo ngak salah hehehe... akhirnya harus disummarykan menjadi 4 lembar yg mudah2an lebih enak dibaca oleh Jokowi hehehe berkat gawe rancage babarengan dengan para kasepuhan beberapa bait2 sakti pun akhirnya bisa tertuliskan xixixi Mamang juga suprise akhirnya bisa... Walopun jauh dari kata sempurna tapi minimal sudah lebih baik hehehe. Seperti yg Teh Laras sampaikan takutnya Jokowi belum mendapat info yg lengkap dan tergesa2 mengambil keputusan.

YLBHI bersama dengan Pak Sri Bintang Pamugkas infonya sedang mengupayakan utk bertemu Sekab utk memperjuangkan jangan sampai Jokowi menandatangani Kepres Operasional Penggenangan Jatigede. Semoga dilapangkan jalannya :).

Kang Odjat kasepuhan pituin Cipaku menyampaikan perjuangan ini bakal ibarat lari marathon yg pasti menguras stamina, kalau dalam Mithos ala Kabuyutan dan Pewayangan mah mah ibarat Wawacan Mundinglaya Dikusumah atau Neangan Layang Jamus Kalimushada beraaaaat euy hehehe it's almost impossible tapi ... alhamdulillah dengan sisa2 energi yg ada dan para kasepuhan lah yg terus memberi semangat setiap datang ke Kabuyutan memberikan tambahan energi begitu juga melihat http://www.facebook.com/SaveJatigede/ yg tiap hari terus bertambah "ngeureuyeuh" pelan-2 sekarang sudah 700 yg LIKE :). Yg bikin reugreug/ tenang teh Pareugreug xixixi mudah2an Mestakung :)

Mamang pun jadi banyak belajar tentang cara berkomunikasi dan berkoordinasi dgn para senior, ya walaupun titik akhirnya tidak tahu bagaimana hasilnya nanti tapi Mamang tidak focus on the result, pokoknya prosesnya dijalani sajah, hasilnya gimana nanti Mamang serahkan ke Alloh SWT sajah Nu Kawasa, Nu Ngersakeun, Nu Maha Murbeng Alam :). Kata kasepuhan juga memang ini teh Jatigede ~ Jati : Tuhan, Gede : Besar... ini memang tanda kebesaran Tuhan, akan indah pada akhirnya nanti.

Terlampir Oret-oretan Komunitas Kabuyutan tentang Jatigede untuk Jokowi, barangkali ada yg berkenan menyampaikannya ke Beliau atau ke pihak2 yg terkait semoga Yang Maha Kuasa memberikan balasan yg lebih atas semua kebaikannya :).

Berikut ini juga Mamang kirimkan Foto2 Kabuyutan Cipaku yang saat ini sedang sibuk menanam padi menyediakan pasokan pangan untuk masyarakat Indonesia :). Sesuai dengan hadist Rosululloh SAW bahwa walaupun besok pagi dunia akan kiamat dan kita memegang biji korma maka tanamlah :).

Ada foto juga anak kampung yg sedang nangkap belut, salah satu ciri khas tanah yg masih subur dan alami adalah belut masih berlimpah :). Oleh karenanya Kabuyutan Cipaku mah Desa Mandiri atau Self Sustained Village sebenernya karena hampir semua kebutuhan bisa dipenuhi sendiri :). Dunia mau krisis moneter pun mereka masih bisa hidup dengan kearifan budaya lokalnya.

Yang masih belum bisa Mamang bayangkan ketika mereka kemudian terusir dari Kabuyutannya maka barangkali Founding Father kita Bung Karno akan menangis di alam baka sana. Karena beliau sangat menghormati Mang Marhaen petani di Bandung Selatan yang memiliki dan mengelola sawahnya sendiri :).

Marhaenismeu ~ Mang Marhaen : Berdikari ~ Berdiri di atas kaki sendiri tidak hanya menjadi penonton dan hanya jadi konsumen sajah.

Sekali lagi Hanupis ~ hatur nuhun pisan Bang Arya, Teh Laras, Para Kasepuhan, dan rekan2 yg berkenan membaca imel2 dari Mamang yg eta deui... eta deui xixixi.

Wayahnya ya... mengutip Filem Independence Day... Dimana bumi sedang diserbu oleh segerombolan serangga xixixi... We will not surrender without a fight xixixi.

Wilujeng malem jumaahan sadayana.

Apabila berkenan, mohon utk yg peduli terhadap penyelamatan Kabuyutan Cipaku dapat membaca Mantra Piburungan Sangkuriang berikut ini, "urung-urung sangkuriang cimanuk burung dibendung cai banyu pada lungga mulia badan sampurna". 
Kasepuhan menyampaikan mantra ~ do'a dan Insya Alloh apabila lebih dari 40 orang do'a nya akan dikabulkan :).

pun sapun kaluluhuran...

nuhuuuns,
mang asep kabayan
www.dkabayan.com



__._,_.___

Attachment(s) from Mang Aska | View attachments on the web

3 of 3 Photo(s)

1 of 1 File(s)

Posted by: Mang Aska <dkabayan <at> gmail.com>


http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]




__,_._,___
Picon

Urang Sunda Terancam Tilelep Bareng Jeung Tilelep Na Jatigede



Baraya Susundaan sadayana,
Wilujeng wayah kieu... ti KRLKomuter otewew ka Batawi rek Ngamen hehehe Mamang kapikiran kabeneran kahudangkeun ku sentilan ti MY anu sakitu hade na ngeunaan Eksistensi Urang Sunda hehehe.

Mamang jadi inget euy lagu Doel Soembang anu geus lawas sabenerna inti na mah mertanyakeun eksistensi Urang Sunda oge "Urang Sunda Kamarana?".

Boa2 ieu teh aya pakuat pakait jeung Jatigede anu mangrupakeun salah sahiji Kabuyutan Urang Sunda tina total aya 100 na Mandala di Tatar Sunda, ayeuna Mandala Jatigede rek dikeueum nya boa2 ieu teh totonden yen kaayaan eksistensi urang sunda oge ngeureuyeuh tilelep bareng jeung bakal tilelepna Kabuyutan anu aya di Tatar Sunda.

Eksistensi Urang Sunda ayeuna dipertanyakeun kaasup ka Mamang sorangan hehehe asana tulisan Apih Sidik anu hade tong nanya naon anu bisa dicokot ti Sunda keur urang tapu naon anu bisa dilakukeun ku urang keur Kasundaan :).

Salah sahiji anu ayeuna keur dirintis gawe rancage jeung para kasepuhan ti Kusnet teh nyaeta Pilot Project atawa gawe munggaran nyalametkeun Situs2 di Kabuyutan Cipaku Jatigede. Alhamdulillah ngeureueyeuh www.facebook.com/savejatigede/ tos 686 anu nga Like ngan rupina masih can maksimal euy... kusabab kitu hayu urang ronjatkeun share info SaveJatigede ieu ka sakumna urang sunda supaya haat tur daek nyalametkeun titinggal karuhun.

Target urang ngumpulkeun nepika 1000 urang weh heula :). Kamari ngobrol jeung babaturan lain euy ceunah ari urang jawa mah Situs Mojokerto wae rek dijieun pabrik semen anu paduli leuwih ti sajuta jelema, ari Urang Sunda naha kamarana nya?

Yuuu aaah mari kita hayuuu... saha deui atuh lamun lain urang anu ngajaga ngariksa titinggal karuhun urang :).

Heueuh pangwangunan teh alus tapi ari pangwangunan rek ngaruksak titinggal karuhun mah ngarana Ngarusak lain ngabangun!!!

Prung aaaah... Urang Sunda tandang maju tanding... mangprang geura maraju :).

klik Like http://www.facebook.com/savejatigede/

nuhuuuns,
mang asep kabayan
www.dkabayan.com



__._,_.___
Posted by: Mang Aska <dkabayan <at> gmail.com>


http://groups.yahoo.com/group/baraya_sunda/


[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]




__,_._,___

Gmane