BUDAYA_TIONGHUA | 1 Apr 17:46 2015
Picon

File - [Admin] 3. Arsip Artikel Terdahulu.htm



Selamat datang bagi member yang baru bergabung.

Saat ini, tim moderator sedang mengembangkan website yang berisikan tulisan / artikel sebelumnya dari beberapa member yang dianggap dapat memberikan satu gambaran tentang topik apa yang pernah dibahas dimilist ini beberapa waktu lalu dan dapat dilihat di portal atau situs kami http://web.budaya-tionghoa.net/ atau di blog kami ICCSG dan mirrornya http://blog.budaya-tionghoa.net/ . Keseluruhan link lengkap dari jaringan Komunitas Budaya Tionghoa adalah :

Budaya Tionghoa :

  1. Mailing List Budaya Tionghoa
  2. Situs Budaya Tionghoa
  3. ICCSG - Indonesian Chinese Culture Study Group
  4. Blog Budaya Tionghoa & Sejarah Tiongkok (New ICCSG)
  5. Facebook Group Budaya Tionghoa
  6. Facebook Profile
  7. Twitter Budaya Tionghoa

Arsip Mailing List dalam Format PDF :

Beberapa arsip kecil dari tulisan ataupun artikel sebelumnya juga terdapat dalam bentuk pdf. Bagi yang belum mempunyai pdf reader, dapat didownload di :

http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua/files , di bagian "Software"

Kumpulan arsip artikel dapat didownload ataupun dibaca secara online di :

http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua/files , di bagian "Kumpulan Artikel" dan "Kumpulan Tabel"

Arsip masih belum sangat lengkap dan mohon sabar untuk menunggu peng-arsip-an yang lebih lengkap. Terima kasih dan selamat berdiskusi.

Turut Berdiskusi

Ada banyak cara bagi anda untuk ikut berdiskusi , berkontribusi bagi perkembangan BUDAYA TIONGHOA. Anda bisa mengajukan pertanyaan , ikut menjawab , berkomentar baik di mailing-list ini , di artikel web , blog facebook atau forum kami atau membantu menyebar-luaskan informasi ke jaringan pertemanan anda di facebook , twitter dll [lihat daftar link diatas] .

Di mailing list ini thread diskusi yang lebih lengkap dapat dibaca dengan mengunjungi mailing-list ini : http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua/messages .g

?/p>


Hormat kami,

segenap moderator milis budaya_tionghua



__._,_.___

.: Forum Diskusi Budaya dan Sejarah Tionghua :.

.: Website global http://www.budaya-tionghoa.net :.

.: Pertanyaan? Ajukan di http://groups.yahoo.com/group/BUDAYA_TIONGHUA :.

.: Arsip di Blog Forum Budaya Tionghua http://iccsg.wordpress.com :.






__,_._,___
BUDAYA_TIONGHUA | 1 Apr 17:46 2015
Picon

File - [Admin] 4 Tentang Message Delivery Mode.htm



Dear All Members,


Telah ada beberapa members yang email address-nya bouncing, artinya message dari milis ini atau milis lainnya ditolak oleh server email member tersebut karena kapasitas mailbox yang kurang besar (over-quota) atau kebetulan server email-nya down. Ini akan menyebabkan Yahoogroups menghentikan pengiriman ke mailbox anda yang menyebabkan anda tidak menerima beberapa message dari milis ini.

Untuk mengatasi hal ini perlu kami beritahukan beberapa cara pencegahannya. Bila kapasitas mailbox anda kurang (sering over-quota), anda boleh merubah setting delivery menjadi Daily Digest atau No Email, selain daripada Individual Mail (Normal Mode).

  • Daily Digest = pengiriman beberapa message dalam 1 message ke email anda. Namun attachment atau gambar tidak disertakan dalam mode pengiriman ini.

  • No Mail = Tidak ada message yang akan dikirim ke email anda, anda boleh membaca message dan arsipnya di web bila anda punya Yahoo account. Attachment juga tidak terlihat pada mode ini. Untuk membaca arsip dengan cara web, mohon kunjungi http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua

  • Normal Mode = Message per message akan dikirimkan ke email anda. Ini berguna sekali untuk anda yang ingin menyimak milis ini secara offline dan membuat arsip pribadi di komputer anda. Attachment terlihat pada mode ini.


Cara setting masing2 mode adalah dengan mengubah setting di web atau dengan mengirimkan email kosong ke alamat di bawah, setelah Yahoo mendapat konfirmasi dari anda, maka status anda telah berhasil diubah.

Cara setting untuk group2 lainnya adalah sama, cuma budaya_tionghua diganti menjadi nama group tersebut.

Selamat berdiskusi dengan nyaman.


Hormat Kami,

segenap moderator budaya_tionghua



__._,_.___

.: Forum Diskusi Budaya dan Sejarah Tionghua :.

.: Website global http://www.budaya-tionghoa.net :.

.: Pertanyaan? Ajukan di http://groups.yahoo.com/group/BUDAYA_TIONGHUA :.

.: Arsip di Blog Forum Budaya Tionghua http://iccsg.wordpress.com :.






__,_._,___
BUDAYA_TIONGHUA | 1 Apr 17:46 2015
Picon

File - [Admin] 3. Cara Penerimaan Posting (Jangan didelete).htm



Dear All,

Mohon pesan ini tidak didelete karena akan berguna di kemudian hari.

Sebuah milis yang hidup tentu banyak partisipasi dari member aktif berupa posting-posting tanggapan ataupun diskusi untuk saling membelajari dan mempelajari.

  • Default setting anda setelah bergabung di milis ini adalah "Individual Emails", di mana semua posting akan dikirim ke mailbox anda.


Terima kasih atas perhatiannya.


Segenap moderator milis Budaya Tionghua



__._,_.___

.: Forum Diskusi Budaya dan Sejarah Tionghua :.

.: Website global http://www.budaya-tionghoa.net :.

.: Pertanyaan? Ajukan di http://groups.yahoo.com/group/BUDAYA_TIONGHUA :.

.: Arsip di Blog Forum Budaya Tionghua http://iccsg.wordpress.com :.






__,_._,___
BUDAYA_TIONGHUA | 1 Apr 17:46 2015
Picon

File - [Admin] Pengecekan Status Bouncing.htm



Dear All Members,


Bila anda merasa tidak lagi menerima message dari milis2 yang anda ikuti di Yahoogroups, maka email anda mungkin dalam status bouncing. Bagi yang mempunyai account Yahoo, cara mengetahuinya adalah langsung ke :

http://www.yahoogroups.com/myprefs

Bila tidak mempunyai account Yahoo, maka mohon balas pesan "reactivation request" yang akan dikirim Yahoogroups ke email anda bila email anda kedapatan bouncing.

Mohon hubungi kami di budaya_tionghua-owner-hHKSG33TihhbjbujkaE4pw@public.gmane.org bila anda mengharapkan bantuan kami.


Hormat kami,

segenap moderator budaya_tionghua



__._,_.___

.: Forum Diskusi Budaya dan Sejarah Tionghua :.

.: Website global http://www.budaya-tionghoa.net :.

.: Pertanyaan? Ajukan di http://groups.yahoo.com/group/BUDAYA_TIONGHUA :.

.: Arsip di Blog Forum Budaya Tionghua http://iccsg.wordpress.com :.






__,_._,___
Picon

Mungkinkah Jokowi Presiden Idaman Terbaik




Di penghujung tahun 2011, seorang klien feng shui datang berkonsultasi I- Jing Pa Kau  untuk mencari jawaban, siapa orang yang berniat tidak baik menjatuhkannya dari posisinya. Setelah mendapat jawaban, saat meneruskan perbincangan tentang kemajuan renovasi rumahnya di Solo, pembicaraan sontak menyinggung sosok Joko Widodo yang saat itu masih menjabat Walikota Solo dan menjadi berita lewat mobil ESEMKA, serta diisukan bakal digotong sebagai calon Gubernur DKI Jakarta. Klien memuji begitu cepat dan ramahnya Pak Jokowi yang bersedia turun kebawah melayani masyarakat yang mengurus Ijin Memberikan Bangunan, bahkan tanpa embel-embel biaya dibawah tangan.

Mendengar informasi tentang pejabat yang tampaknya berbeda ini, sebagai praktisi yang juga meneliti tentang perjalanan nasib manusia, iseng penulis mencari informasi data kelahiran Bapak Jokowi.

Begitu hasil kalkulasi keluar, sungguh kaget bahwa Tabel Ba Zi demikian  berpotensi memiliki kekuasaan yang sangat tinggi (catatan : meski tanpa jam kelahiran, namun dengan mendasarkan pada riwayat hidup dan terpilih kembali kedua kali sebagai Walikota Solo, hampir dapat memastikan Struktur Ba Zi adalah Tipe Super Lemah tipe Mengikuti Pemimpin).

Penulis memprediksi dengan klien, bahwa Bapak Jokowi akan berpotensi besar terpilih sebagai pemenang, bila dicalonkan oleh partai politik yang mendukungnya, bahkan setelahnya, akan mencapai kedudukan yang lebih tinggi lagi.

Secara iseng prediksi ini juga pernah penulis tanggapi di forum Tionghoa-net posting  # 102676 # dengan topik  Karakter Para Cagub Berdasarkan Tulisan Tangan; sehari sebelum tanggal pemilihan Gubernur tanggal 11 Juli 2012 lalu (https://groups.yahoo.com/neo/groups/tionghoa-net/conversations/messages/102676).

Berikut analisis agak mendetail seputar potensi kekuasaan dan peluang terpilih kembali sebagai Presiden.

 Jokowi kelahiran 21 Juni 1961 jam tidak diketahui.

Setelah dikonversikan kedalam pilar Ba Zi (60 Jia Zi), menjadi :

Pilar Jam (tidak diketahui), Pilar Hari  YI YOU (Ayam Kayu), Pilar Bulan JIA WU (Kuda Kayu), Pilar Tahun XIN CHOU (Sapi Logam).

JI CHOU (SAPI TANAH), memasuki Masa tahun Juni 2006 -  awal Juni 2016. Adalah periode keberuntungan yang sangat bagus khusus aspek kedudukan.

Periode keberuntungan berikutnya WU ZI (TIKUS TANAH) yang dimulai Juni 2016 – Juni 2026, juga sangat bagus, baik batang langit dan cabang bumi kombinasi elemen tanah berfungsi sebagai arbitrator antara elemen api dan logam. Kondisi ini dapat diterjemahkan sebagai mampu menyeimbangkan tindakan yang melanggar aturan dengan tindakan mengikuti kepatuhan norma  atau bahasa konvensionalnya mampu mengambil keputusan yang bijaksana.

Sebagaimana sudah lazimnya, orang yang berkuasa bila tidak mampu mengontrol tindakannya (meski sudah ada norma hukum yang berlaku), akan bertindak sebagai tirani.

Karena Pilar jam tidak diketahui, maka tingkat akurasi analisis hanya berkisar 60%.


GAMBARAN DIRI

Elemen diri Adalah YI / Kayu Negatif,  Shio Sapi Logam.

Diri adalah Kayu Negatif  banyak dikelilingi elemen Logam sebagai Atasan, dan Api sebagai Output terdapat 1  Kayu positif sebagai elemen teman.

Orang demikian karena diri dikelilingi pembunuh sebagai elemen atasan, memiliki fleksibilitas tinggi, dan sangat taktis dalam berhadapan dengan lawan-lawannya.

Struktur (penampakan Fondasi Ba Zi yang dominan) adalah Tipe Pura-pura Super Lemah Pengikut Atasan.

Tipe orang dengan struktur demikian biasanya masa mudanya banyak mengalami kesulitan, tetapi begitu memasuki periode Jaya dengan elemen penolong muncul akan berhasil dalam hidupnya.

Sebagai Struktur Pengikut Atasan akan menjadi Kepala Negara yang berhasil dalam pemerintahannya.

Elemen penolong adalah Logam. Logam adalah elemen Atasan, kekuasaan dan kedudukan.

Tabel Ba Zi Pak Jokowi Elemen Logam sangat Berjaya dan terlindungi dengan baik, sehingga kualitasnya istimewa, karena itu beliau berpotensi mencapai jabatan yang tinggi apakah dalam bidang pemerintahan ataupun dalam hirarki perusahaan.

Ini terbukti dengan terpilihnya sebagai Presiden RI ke tujuh.

Elemen disukai adalah Api dan Tanah.

Api melambangkan kecerdasan, keputusan, kreativitas, juga melambangkan ketenaran. Tanah melambangkan properti, kepercayaan, kemampuan mengelola keuangan.

Elemen tidak disukai air,  dan kayu.

Pada tipe orang Super Lemah atau Pura-pura Super Lemah, Air sebagai elemen sumber melambangkan kesehatan mendapat masalah, nasihat yang tidak membantu, reputasi tercoreng.

Kayu adalah elemen kawan, melambangkan penghianatan, persekongkolan jahat, merugikan kepercayaan. Di Posisi pemerintahan sebagai Presiden, maka pihak yang baik langsung maupun tidak langsung mendukung adalah suara rakyat, para menteri, isteri, partai politik.

Pihak yang langsung maupun tidak langsung, banyak merugikan adalah para pengamat, DPR, rekan separtai, Menteri yang berasal dari partainya, wakilnya, tim penasihat.

Definisi mendukung atau tidak mendukung disini dapat dikuantifikasikan dalam perbandingan 60 : 40.

Contoh misalnya Menteri bawahan dikategorikan yang mendukung, 60%  dari  kebijakan-kebijakan mereka, mendukung atau sesuai kehendak rakyat, atau 60% dari menteri kabinet kebijakan-kebijakannya memenuhi ekspektasi kepuasan rakyat, dan hanya 40% nya prestasi atau kebijakannya tidak sesuai ekspektasi kepuasan rakyat.


PERIODE KEJAYAAN

Periode keberuntungan  GENG YIN (MACAN LOGAM)  Mulai Juni 1996 – Juni 2006 adalah dimulainya periode yang sangat bagus. GENG (LOGAM) atasan sebagai elemen penolong muncul, bahkan sebagian kombinasi dengan diri.

MACAN di cabang bumi berelemen KAYU, kayu adalah elemen teman tidak disukai. Meski tidak disukai, kekuatan elemen KAYU telah berkurang drastis karena ada elemen api dari KUDA di bulan kelahiran. Keseluruhan periode ini termasuk periode yang mendukung diri.

Tidak heran berkat usahanya menjadi pengusaha mebel sukses, dan mulai minat ke pemerintahan. Sebagaimana riwayat hidupnya, tahun 2005 terpilih sebagai Walikota Solo.

Periode keberuntungan JI CHOU (SAPI TANAH), periode elemen tanah dan kombinasi elemen logam, suatu periode yang luar biasa bagus.

Tidak heran Pak Jokowi sukses terpilih lagi sebagai Walikota Solo untuk kedua kalinya.

Tahun 2012 adalah REN CHEN (NAGA AIR), dipermukaan terlihat tidak bagus, karena penuh elemen air, namun Qi tahun tidak bagus ini ternetralisir menjadi kombinasi logam yang justru menguntungkan, ditambah periode 10 tahun yang Qi nya lebih bagus, bisa terpilih sebagai Gubernur Jakarta, meski dengan kemenangan tipis.  

Tahun 2014 adalah JIA WU (KUDA KAYU), seperti halnya tahun 2012, dipermukaan KAYU JIA adalah elemen tidak disukai, namun karena sukses kombinasi dengan elemen TANAH di periode keberuntungan, menjadikan musuh secara tidak langsung membantunya. Terlihat begitu banyaknya pihak-pihak yang meniupkan isu-isu negatif, justru membangkitkan relawan-relawan yang mendukung pada saat-saat terakhir, sampai terpilih sebagai Presiden dengan kemenangan tipis.

Tahun 2015, Yi Wei / Kambing Kayu adalah elemen teman yang tidak disukai. Tahun ini adalah tantangan terberat bagi bapak Jokowi, karena Qi  lawan-lawan mendapat angin, dari kombinasi elemen kayu yang kuat bentrok dengan elemen logam. Tahun Kambing ini juga kontra atau dikenal Ciong berat dengan tahun kelahiran Sapi, melambangkan banyak hambatan dari orang-orang yang memiliki pengaruh khususnya orang-orang dekat disekelilingnya. Dimana meski adalah pendukung tetapi implementasi tindakan justru tidak membantu sehingga merusak reputasi pemerintahannya.

Tidak dapat dipungkiri juga, masa awal pemerintahan bapak Jokowi menerima warisan  ekonomi dan sosial kemasyarakatan yang buruk,  meski angka-angka statistik mengatakan ekonomi Indonesia stabil dan bertumbuh dengan rata-rata >5%, tetapi pertumbuhan ini utamanya hanya berasal dari imbas kenaikan harga sektor properti yang tidak terkendali (dibaca bubble properti), serta sektor perbankan, sedangkan sektor produktif yang lebih menopang kestabilan dan pemerataan ekonomi justru melempem. Faktor ini luput dari gambaran obyektif masyarakat, yang mengekspektasikan perubahan yang cepat dalam bidang ekonomi dan administrasi kemasyarakatan.

Kondisi Qi tahun yang tidak kondusif ini, khususnya kayu yang kuat bentrok dengan logam yang kuat, juga bisa bermakna kecelakaan atau ancaman keselamatan dari orang-orang yang merasa dirugikan kepentingannya. Bila dilihat bulan per bulan secara lebih detail maka bulan terburuk ditahun ini adalah bulan Juli.

Setelah melewati pergantian tahun 2015, tahun-tahun 2016; Monyet Api, 2017; Ayam Api, 2018; Anjing Tanah adalah tahun-tahun yang kondusif,  diperkirakan berkat pengalaman melewati kesulitan-kesulitan ditahun 2015, bapak Jokowi akan semakin taktis dan efektif dalam menjalankan pemerintahannya. Dengan demikian harapan masyarakat akan pemerintahan yang lebih baik dan yang mampu membawa Indonesia menjadi Negara yang lebih maju menjadi positif terwujud.  

 Tahun 2019 adalah memasuki masa pemilihan presiden baru. Mungkinkah Bapak Jokowi terpilih kembali kedua kalinya sebagai Presiden ?

Ji Hai / Babi Tanah di 2019 adalah sedang saja bagusnya, namun karena ditopang periode keberuntungan bagus serta bila dapat menjalankan kebijakan pemerintahan yang pro rakyat, potensi terpilih kembali sebagai Presiden tetap tinggi.


Kesimpulan

Tipe Ba Zi seperti ini termasuk struktur yang istimewa (asumsi jam kelahiran sesuai formasi ini), umumnya bila menjadi pemimpin, akan menjadi pemimpin yang berhasil menciptakan perubahan yang positif. Orang tipe kayu negatif meski kelihatan lemah diluar, umumnya memiliki kecerdasan dan taktik yang tak terduga dalam mengatasi lawan-lawannya.

Melihat konsistensi dan track record selama menjabat sebagai walikota Solo sampai menjadi Gubernur DKI Jakarta yang selalu mengutamakan kepentingan rakyat, mengindikasikan sejalan dengan  penjelasan analisis Ba Zi nya.

Tantangan berat ditahun 2015 bila berhasil dilewati, maka ditahun-tahun selanjutnya memudahkan konsolidasi pemerintahannya, karena tahun 2016 keatas masih masuk periode Qi yang mendukung.

 

Taning Yandono




__._,_.___
Posted by: taningyan <at> yahoo.com


.: Forum Diskusi Budaya dan Sejarah Tionghua :.

.: Website global http://www.budaya-tionghoa.net :.

.: Pertanyaan? Ajukan di http://groups.yahoo.com/group/BUDAYA_TIONGHUA :.

.: Arsip di Blog Forum Budaya Tionghua http://iccsg.wordpress.com :.






__,_._,___
Picon

Tionghoa Tak Bisa Bersatu?

Adegium bahwa Tionghoa sulit bersatu adalah benar. Barangkali karena terlalu besar populasinya (no.3
setelah Jawa dan Sunda - sekitar 20 jutaan) maka wajar saja tak bisa kompak bersatu. Sebagai contoh ketika
perayaan Cap Go Meh PRJ 3 tahun silam saya bikin laporan pandangan mata bahwa Fbit - Forum Bersatu
Indonesia Tionghoa yang disponsori oleh Murdaya Poh menyatakan bahwa komunitas Tionghoa berada di
balik Fbit mendukung kebijakan Sby sbg presiden RI - lalu saya sebar ke beberapa milis Tionghoa. Ternyata
menuai response negatif. Siapa yang melegalisir Murdaya untuk berbicara mewakili seluruh komunitas
Tionghoa? Ada yg bilang Murdaya cari muka di depan Sby. Ada yang bilang jangan memanfaatkan komunitas
Tionghoa untuk meraih posisi dan proyek pemerintah dan banyak lagi bunyi minor / negatif. Itu pertanda
Tionghoa tidak satu suara. Ada hikmah positipnya juga. Ketika pemilu kemarin sejumlah tokoh dan
golongan Tionghoa mendukung KIH dan sebagian lagi mendukung KMP dengan perbandingan cukup imbang.
Artinya siapapun yang jadi presiden RI maka orang Tionghoa turut berpartisipasi membangun negara.
Bukankah setiap hal terburukpun ada hikmah positipnya? He...he...Salam TG
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

------------------------------------

------------------------------------

.: Forum Diskusi Budaya dan Sejarah Tionghua :.

.: Website global http://www.budaya-tionghoa.net :.

.: Pertanyaan? Ajukan di http://groups.yahoo.com/group/BUDAYA_TIONGHUA :.

.: Arsip di Blog Forum Budaya Tionghua http://iccsg.wordpress.com :.

------------------------------------

Yahoo Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
    http://groups.yahoo.com/group/BUDAYA_TIONGHUA/

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
    http://groups.yahoo.com/group/BUDAYA_TIONGHUA/join
    (Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
    BUDAYA_TIONGHUA-digest <at> yahoogroups.com 
    BUDAYA_TIONGHUA-fullfeatured <at> yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
    BUDAYA_TIONGHUA-unsubscribe <at> yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo Groups is subject to:
    https://info.yahoo.com/legal/us/yahoo/utos/terms/

Picon

Membaca Masa Kejayaan Ahok Menurut ilmu Metafisika Ba Zi / Pek Ji




Mengikuti berita-berita sepanjang awal tahun Kambing Kayu yang dimulai 04 Februari 2015, tak pelak lagi nama Ahok banyak mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia yang sudah lama mendambakan pemimpin yang bersih dan benar-benar berjuang untuk rakyatnya.

Meskipun dibalik itu tidak sedikit orang-orang yang memusuhinya, bahkan berniat melengserkannya.

Mengapa beliau begitu fenomenal dan apakah aksinya yang temperamental dan berapi-api, adalah baik atau buruk dilihat dari sisi Pek Ji / Ba Zi nya?

Menurut pandangan Budaya Tionghua, ada kombinasi 5 faktor yang mempengaruhi keberuntungan hidup manusia.

Urutan menurut pentingnya adalah; pertama Nasib atau takdir kelahiran, kedua keberuntungan, ketiga Feng Shui, keempat perbuatan baik, kelima pendidikan.

Analisis Pek Ji / Ba Zi (Delapan Karakter), adalah salah satu bagian dari Lima Ilmu Metafisika Tiongkok Kuno untuk membaca nasib kelahiran seseorang dan trend keberuntungan / ketidakberuntungan berdasarkan suatu kerangka waktu yang terbagi 25 tahun, 10 tahun, 1 tahun, 1 bulan, 1 hari dan jam.

Berdasarkan data kelahiran yang diambil dari goggling, Gubernur Ahok atau Basuki Tjahaya Purnama dilahirkan di Belitung, tanggal 29 Juni 1966, jam tidak terdata.

Setelah dikonversikan kedalam pilar Ba Zi (60 Jia Zi), menjadi :

Pilar Jam (tidak diketahui), Pilar Hari  JI WEI (Kambing Tanah), Pilar Bulan JIA WU (Kuda Kayu), Pilar Tahun BING WU (Kuda Api)

PERIODE KEBERUNTUNGAN 10 Tahunan JI HAI (Babi Tanah), memasuki Masa tahun 3 April 2009 –  2 April tahun 2018

Karena Pilar jam tidak diketahui, maka tingkat akurasi analisis hanya berkisar 60%.

GAMBARAN DIRI

Elemen diri Adalah JI / Tanah Negatif,  Shio Kuda Api.

Diri adalah Tanah Negatif banyak dikelilingi elemen Api sebagai Sumber, Tanah sebagai Elemen Teman dan Kayu sebagai elemen Atasan.

Struktur (penampakan Fondasi Ba Zi yang dominan) adalah Tipe Super Kuat Api.

Orang tipe demikian membutuhkan elemen api sebagai Elemen Penolong (elemen yang bila berfungsi dengan baik akan menjadikan seorang yang sukses dalam aspek tertentu kehidupan seperti Kekuasaan, Reputasi, Kecerdasan, Harta Kekayaan, Panjang Umur, Keluarga yang Bahagia).

Elemen Api sebagai elemen sumber akan bertambah bagus bila orang ini religius (keyakinan terhadap agama kuat, rajin berdoa, bermeditasi), memiliki pengetahuan yang tinggi (sekolah tinggi), semangat pantang menyerah.

Dilain sisi meski elemen api dominan sangat membantu, tetapi elemen api yang terlalu kuat membuat sulit mengontrol emosi.

Membaca struktur dan kekuatan elemen penolong, tergolong sangat bagus (kualifikasi A-B), maka bila memiliki ambisi dan mayoritas  faktor keberuntungan (Nasib atau takdir kelahiran, keberuntungan, Feng Shui, perbuatan baik, pendidikan) mendukung, maka bila memiliki ambisi dan serius mengejarnya, akan mencapai level sesuai potensi yang dimilikinya.

Menghitung faktor keberuntungan :

Nasib atau takdir keberuntungan : dari gambaran latar belakang keluarga jelas dimiliki, yakni Peta Ba Zi menggambarkan kualitas A-B, dengan elemen penolong diri yang kuat, dari tahun dan bulan yang hari yang semua mendukung diri, menggambarkan selain orang tua, juga leluhur/feng shui kuburan leluhur juga mendukung. Hal ini terbaca dari semua saudara baik laki-laki maupun perempuan kehidupan mapan dan mencapai tingkat pendidikan yang sangat baik.

Sehingga setiap mendapat kesulitan selalu ada yang menolong, berupa pertolongan leluhur tak kelihatan yang memberikan inspirasi, ilham, keputusan via konsentrasi/doa/mimpi saat istirahat tidur (atau diistilahkan sebagai petunjuk dari yang diatas).

Keberuntungan : periode yang sekarang JI HAI / BABI TANAH,  April 2009 – April 2018 adalah periode keberuntungan yang baik dan mendukung diri, yakni JI / TANAH negatif adalah elemen teman. DPRD, Kapolda, Saudara adalah masuk kategori Teman. Jadi meski DPRD sangat memusuhi, justru secara tidak langsung malah membantu dengan sangat intens.

Cabang Bumi BABI, meski berelemen air (ketenangan, kebijaksanaan), adalah elemen yang tidak disukai, namun sebagian sukses berkombinasi menjadi elemen yang disukai, sehingga masuk kategori cukup baik.

Feng Shui Rumah : Tidak dilakukan pemeriksaan, maka tidak bisa diverifikasi. Umumnya bila faktor nomor satu dan dua lagi masa bagusnya, Feng Shui rumah jelekpun tidak berpengaruh.

Perbuatan Baik : Jelas sekali sebagai pejabat yang jujur dan memperjuangkan orang banyak, adalah suatu support yang sangat kuat.

Pendidikan : Pendidikan sekolah yang tinggi, maupun didikan yang baik dari orang tua sudah merupakan modal dasar keberhasilan.

Orang tipe Super Kuat, elemen Sumber adalah menggambarkan reputasi / kemasyhuran, elemen Kayu (kalau disukai), menggambarkan jabatan / kekuasaan, elemen Tanah adalah harta.

Pada diri Ahok, ketiga elemen ini saling support dan menghidupkan, menggambarkan orang yang berpotensi mencapai karir / jabatan baik, reputasi tinggi dan keluarga yang cukup harmonis.

Kayu di bulan kelahiran menyokong Api di Tahun kelahiran dan berkombinasi dengan diri, dan Api di tahun menyokong diri Tanah negatif.

Dari gambaran ini tipikalnya adalah orang yang lebih condong memilih kekuasaan / jabatan dibanding mengejar bisnis.

PERIODE KEJAYAAN

Sekarang memasuki tahun ke 7 dari periode keberuntungan JI HAI (2009 – 2018) di tahun 2015.

Tahun 2015, Yi Wei / Kambing Kayu adalah elemen atasan yang termasuk elemen disukai. Power kekuasaan tambah bersinar.

Tahun 2016 – 2018 juga berturut-turut elemen disukai, maka potensi mengemban jabatan sampai akhir periode tinggi.

APAKAH MUNGKIN TERPILIH LAGI DI PERIODE 2017.

Melihat tahun 2017 adalah tahun Ding You / Ayam Api.

Api dipermukaan adalah elemen disukai, tetapi ayam adalah penghianatan atau elemen tidak disukai.

Jadi meski populer, kemungkinan karena persekongkolan atau penghianatan potensi terpilih kembali atau mendapat jabatan tinggi hambatannya tinggi.

Melihat indikasi Periode keberuntungan Geng Zi / Tikus Logam mulai April 2019 adalah periode yang tidak disukai, maka kemungkinan masuk ke jabatan pemerintahan potensi sudah mengecil.

Agak berbeda dengan  eks pasangannya di Pilgub, Presiden Jokowi, meski banyak mengalami hambatan, bila mampu melewati Juli 2015 ini, beliau akan semakin bersinar dan berpotensi menduduki jabatan yang kedua kali.

Kesimpulan : Pembacaan nasib menurut Ilmu Ba Zi adalah melihat trend dari karma masa lampau, apakah memiliki potensi keberuntungan baik atau buruk, dari dasar pembacaan ini bisa mengambil keputusan untuk mengubah atau menghindari yang buruk, dan memanfaatkan untuk mengambil keputusan menuju ke arah kehidupan yang lebih baik. Jadi tidak 100% mempercayai atau pasrah pada apa yang dikatakan takdir / atau sesuatu yang sudah direncanakan dari atas.  

Orang Tionghua mengubah nasibnya dengan mendasarkan pada istilah Qu Ji Bi Xiong (mengurangi kadar bencana, menambah kadar keberuntungan) lewat pemanfaatan lima ilmu Tiongkok Kuno.

Pada kasus Gubernur Ahok, religiulitas, keteguhan pantang kompromi, semangat memperjuangkan kepentingan rakyat,  pendidikan yang baik, peranan DPRD yang memusuhi, justru semuanya secara tidak langsung menjadikannya seorang gubernur yang berhasil, yang mungkin mencatatkan namanya dalam sejarah.

Sayangnya, masa-masa keberuntungan beliau menurun tajam memasuki tahun 2019, sehingga untuk melanjutkan pengabdiannya tantangannya sangat berat.

Taning Yandono




__._,_.___
Posted by: taningyan <at> yahoo.com


.: Forum Diskusi Budaya dan Sejarah Tionghua :.

.: Website global http://www.budaya-tionghoa.net :.

.: Pertanyaan? Ajukan di http://groups.yahoo.com/group/BUDAYA_TIONGHUA :.

.: Arsip di Blog Forum Budaya Tionghua http://iccsg.wordpress.com :.






__,_._,___
Picon

Bls: Sentilan Bagi Saudara Kristen

trimakasih Pak Gozali atas supportnya. ini yg menjadi concern saya juga untuk membangun pemahaman itu.
kami sdh memulainya dr perayaan imlek dan capgomeh di sekolah2 kristen.

 "ghozalli2002 <at> yahoo.com [BUDAYA_TIONGHUA]" <BUDAYA_TIONGHUA <at> yahoogroups.com> menulis:

>Bukan rahasia kalau saudara saudara Tionghoa pemeluk agama Kristen merasa sungkan untuk
berpartisipasi dalam merayakan Cap Go Meh bahkan Imlek sekalipun. Alasannya karena dalam kedua
kegiatan ini kental nuansa agama Sam Kauw (Tao, Kong Hucu dan Buddha). Padahal baik Cap Go Meh maupun Imlek
bisa dipandang sebagai perayaan budaya Tionghoa yang tidak terkait agama. Imlek di Tiongkok dianggap
sebagai hari raya tahun baru Lunar juga Cap Go Meh dijadikan Street Festival yg mengundang turis. Di
Indonesia bahkan wali kota Bandung Ridwan Kamil ikut gotong Toa Pe Kong. Ini sentilan bagi saudara
Kristen yang fanatik. Bahkan pendeta Kristen Scott Sacker menjelaskan dalam tesisnya "God in Ancient
China" bahwa sebelum Daozhi, Kong Hucu dan Sidharta lahir, di Tiongkok sudah ada agama satu Tuhan yang
dinamakan Thian (barangkali sebutan Tuhan berasal dari Thian). Kalau aksara China kuno dibedah
ternyata aksara "banjir badang" bisa menceritakan tentang perahu Nuh. Aksara "tower" menceritakan
tentang menara Babel. Aksara "penciptaan" menceritakan kejadian (genesis) Tuhan menciptakan
semesta, aksara "larangan" menceritakan Adam dan Hawa. Jelas bahwa budaya Tionghoa terkait dengan
Kitab Perjanjian Lama. Barangkali ketika peristiwa menara Babel, Tuhan menyerakkan umatNya, sebagian
masuk ke daratan Tiongkok.  Artinya umat Kristen tidak usah ragu merayakan kegiatan budaya Tionghoa
karena seperti yg dijelaskan oleh Scott budaya Tionghoa terkait Perjanjian Lama. Malah terasa janggal
kalau saudara saudara kita dari etnis dan agama lain merayakannya malah kita tidak? Salam TG
>Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
>
>------------------------------------
>
>------------------------------------
>
>.: Forum Diskusi Budaya dan Sejarah Tionghua :.
>
>.: Website global http://www.budaya-tionghoa.net :.
>
>.: Pertanyaan? Ajukan di http://groups.yahoo.com/group/BUDAYA_TIONGHUA :.
>
>.: Arsip di Blog Forum Budaya Tionghua http://iccsg.wordpress.com :.
>
>
>------------------------------------
>
>Yahoo Groups Links
>
>
>

------------------------------------
Posted by: ehudfaisal <ehudfaisal <at> rocketmail.com>
------------------------------------

.: Forum Diskusi Budaya dan Sejarah Tionghua :.

.: Website global http://www.budaya-tionghoa.net :.

.: Pertanyaan? Ajukan di http://groups.yahoo.com/group/BUDAYA_TIONGHUA :.

.: Arsip di Blog Forum Budaya Tionghua http://iccsg.wordpress.com :.

------------------------------------

Yahoo Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
    http://groups.yahoo.com/group/BUDAYA_TIONGHUA/

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
    http://groups.yahoo.com/group/BUDAYA_TIONGHUA/join
    (Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
    BUDAYA_TIONGHUA-digest <at> yahoogroups.com 
    BUDAYA_TIONGHUA-fullfeatured <at> yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
    BUDAYA_TIONGHUA-unsubscribe <at> yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo Groups is subject to:
    https://info.yahoo.com/legal/us/yahoo/utos/terms/

Picon

Sentilan Bagi Saudara Kristen

Bukan rahasia kalau saudara saudara Tionghoa pemeluk agama Kristen merasa sungkan untuk berpartisipasi
dalam merayakan Cap Go Meh bahkan Imlek sekalipun. Alasannya karena dalam kedua kegiatan ini kental
nuansa agama Sam Kauw (Tao, Kong Hucu dan Buddha). Padahal baik Cap Go Meh maupun Imlek bisa dipandang
sebagai perayaan budaya Tionghoa yang tidak terkait agama. Imlek di Tiongkok dianggap sebagai hari raya
tahun baru Lunar juga Cap Go Meh dijadikan Street Festival yg mengundang turis. Di Indonesia bahkan wali
kota Bandung Ridwan Kamil ikut gotong Toa Pe Kong. Ini sentilan bagi saudara Kristen yang fanatik. Bahkan
pendeta Kristen Scott Sacker menjelaskan dalam tesisnya "God in Ancient China" bahwa sebelum Daozhi,
Kong Hucu dan Sidharta lahir, di Tiongkok sudah ada agama satu Tuhan yang dinamakan Thian (barangkali
sebutan Tuhan berasal dari Thian). Kalau aksara China kuno dibedah ternyata aksara "banjir badang" bisa
menceritakan tentang perahu Nuh. Aksara "tower" menceritakan tentang menara Babel. Aksara
"penciptaan" menceritakan kejadian (genesis) Tuhan menciptakan semesta, aksara "larangan"
menceritakan Adam dan Hawa. Jelas bahwa budaya Tionghoa terkait dengan Kitab Perjanjian Lama.
Barangkali ketika peristiwa menara Babel, Tuhan menyerakkan umatNya, sebagian masuk ke daratan
Tiongkok.  Artinya umat Kristen tidak usah ragu merayakan kegiatan budaya Tionghoa karena seperti yg
dijelaskan oleh Scott budaya Tionghoa terkait Perjanjian Lama. Malah terasa janggal kalau saudara
saudara kita dari etnis dan agama lain merayakannya malah kita tidak? Salam TG
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

------------------------------------

------------------------------------

.: Forum Diskusi Budaya dan Sejarah Tionghua :.

.: Website global http://www.budaya-tionghoa.net :.

.: Pertanyaan? Ajukan di http://groups.yahoo.com/group/BUDAYA_TIONGHUA :.

.: Arsip di Blog Forum Budaya Tionghua http://iccsg.wordpress.com :.

------------------------------------

Yahoo Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
    http://groups.yahoo.com/group/BUDAYA_TIONGHUA/

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
    http://groups.yahoo.com/group/BUDAYA_TIONGHUA/join
    (Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
    BUDAYA_TIONGHUA-digest <at> yahoogroups.com 
    BUDAYA_TIONGHUA-fullfeatured <at> yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
    BUDAYA_TIONGHUA-unsubscribe <at> yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo Groups is subject to:
    https://info.yahoo.com/legal/us/yahoo/utos/terms/

Picon

Test


Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

------------------------------------

------------------------------------

.: Forum Diskusi Budaya dan Sejarah Tionghua :.

.: Website global http://www.budaya-tionghoa.net :.

.: Pertanyaan? Ajukan di http://groups.yahoo.com/group/BUDAYA_TIONGHUA :.

.: Arsip di Blog Forum Budaya Tionghua http://iccsg.wordpress.com :.

------------------------------------

Yahoo Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
    http://groups.yahoo.com/group/BUDAYA_TIONGHUA/

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
    http://groups.yahoo.com/group/BUDAYA_TIONGHUA/join
    (Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
    BUDAYA_TIONGHUA-digest <at> yahoogroups.com 
    BUDAYA_TIONGHUA-fullfeatured <at> yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
    BUDAYA_TIONGHUA-unsubscribe <at> yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo Groups is subject to:
    https://info.yahoo.com/legal/us/yahoo/utos/terms/

Picon

Cap Go Meh di Florence [3 Attachments]

<*>[Attachment(s) from ghozalli2002 <at> yahoo.com included below]

Setiap tahun pak RT Sudarman menggelar acara Cap Go Meh di kluster Florence PIK sejak 8 tahun silam. Acara
Cap Go Meh kali ini diramaikan dengan pertunjukkan barongsai, liong, akrobat, sulap, batu goyang dan
last but not least dangdut. Makanan disajikan bervariasi mulai lontong cap go meh, bakso, bakmi goreng,
siomay, sate ayam, es puter, dan es wong coco. Acara dimulai pk 16 dan berakhir pk 21. Dihadiri sekitar 500
an warga. Acara berjalan meriah, anak anak begitu gembira sehingga mencabut jenggot barongsai. Bung
Darman kini buka majalah free yakni majalah kawasan "Media Kelapa Gading" dan "Media Pluit Kapuk" isinya
mengenai kegiatan warga serta ulasan budaya Tionghoa ketika Imlek, Cap Go Meh, Festival Tiong Ciu Piah,
Ceng Beng dan sebagainya. Majalah ini dicetak luks full color dan diedarkan gratis setiap bulan di
kawasan Kelapa Gading, Muara Karang, Pluit, dan Pantai Indah Kapuk. Salam TG
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

<*>Attachment(s) from ghozalli2002 <at> yahoo.com:

<*> 3 of 3 Photo(s) https://groups.yahoo.com/neo/groups/BUDAYA_TIONGHUA/attachments/1579168914 
  <*> IMG-20150308-02130.jpg
  <*> IMG-20150307-02129.jpg
  <*> IMG-20150307-02123.jpg

------------------------------------

------------------------------------

.: Forum Diskusi Budaya dan Sejarah Tionghua :.

.: Website global http://www.budaya-tionghoa.net :.

.: Pertanyaan? Ajukan di http://groups.yahoo.com/group/BUDAYA_TIONGHUA :.

.: Arsip di Blog Forum Budaya Tionghua http://iccsg.wordpress.com :.

------------------------------------

Yahoo Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
    http://groups.yahoo.com/group/BUDAYA_TIONGHUA/

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
    http://groups.yahoo.com/group/BUDAYA_TIONGHUA/join
    (Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
    BUDAYA_TIONGHUA-digest <at> yahoogroups.com 
    BUDAYA_TIONGHUA-fullfeatured <at> yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
    BUDAYA_TIONGHUA-unsubscribe <at> yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo Groups is subject to:
    https://info.yahoo.com/legal/us/yahoo/utos/terms/


Gmane